Evaluasi Kebijakan Pembangunan KIBA (Kawasan Industri Bantaeng) dalam Meningkatkan Potensi Lokal Kabupaten Bantaeng

Authors

  • Genya Genya Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bosowa
  • Nining Haslinda Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik, Universitas Bosowa
  • Ade Ferry Afrisal Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik, Universitas Bosowa

Keywords:

Kebijakan, Meningkatkan, Potensi Lokal, Bantaeng

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana kebijakan Pembangunan Kawasan Industri dalam memberdayakan masyarakat lokal Kabupaten Bantaeng. Informan yang terdiri dari Bagian Kabid, Sekertaris, Staf Kantor, Direktur Perusahaan dan Manager Operational. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Focus penelitian ini merujuk pada Memberdayakan Potensi Lokal Masyarakat dengan program pembangunan Kawasan Industri Bantaeng. Data Penelitian diperoleh melalui hasil Observasi, Wawancara dan Dokumen-Dokumen. Melalui hasil penelitian yang sudah dilakukan, nyatanya Pemerintah dalam mensosialiasikan Keberadaan Kebijakan Pengembangan Industri yang sudah berjalan dengan baik. Hal ini dikerenakan peran pemerintah yang menjadi bagian dari pembangunan Kawasan Industri Bantaeng ini sudah dirasakan Sebagian masyarakat yang bekerja pada perusahaan tersebut. Bahkan tantangan-tantangan yang di alami oleh Pengelola Kawasan Industri dan Pemerintah daerah ini dapat di selesaikan dengan baik. Untuk itu selanjutnya dalam pembangunan Kawasan industri Jangka Panjang yang harus dilakukan Pemerintah Kabupaten.

This study aims to evaluate the extent to which industrial estate development policies empower local communities in Bantaeng Regency. Informants consisting of Head of Division, Secretary, Office Staff, Company Director and Operational Manager. This study used descriptive qualitative method. The focus of this research refers to Empowering Local Community Potential with the Bantaeng Industrial Estate development program. Research data obtained through the results of observations, interviews and documents. Through the results of research that has been carried out, in fact the Government in disseminating the existence of an Industrial Development Policy that has been going well. This is because the role of the government, which is part of the development of the Bantaeng Industrial Estate, has been felt by some of the people who work for the company. Even the challenges experienced by Industrial Estate Managers and local governments can be resolved properly. For this reason, in the development of long-term industrial estates, the district government must do.

References

Abdal. 2015. Kebijakan Publik (Memahami Konsep Kebijakan Publik). http://repository.unimal.ac.id/3602/1/Pertemuan2Kebijakan.pdf.

Adri, Patton. 2005. Peran Informal Leader Dalam Pembangunan Desa Di Daerah Perbatasan. Malang: Universitas Brawijaya.

Agustino, Leo. 2014. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: CV. Alfabeta.

Alam, Syamsul. 2020. Kebijakan Pengembangan Kawasan Industri (Bantaeng Industrial Park ) di Kabupaten Bantaeng.” Skripsi: 10.

David Korten. 1993. Menuju Abad 21: Tindakan Sukarela Dan Agenda Global. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Harun, Rochajat& Ardianto. 2011. Komunikasi Pembangunan Dan Perubahan Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.

Lia Widya Lis. 2020. “Pengembangan Potensi Lokal Pertanian Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat.” Human Relations 3(1): 1–8. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&AuthType=ip,shib&db=bth&AN=92948285&site=eds-live&scope=site%0Ahttp://bimpactassessment.net/sites/all/themes/ bcorp_impact/pdfs/ em_stakeholder_engagement.pdf%0Ahttps://www.glo-bus.com/help /helpFiles/CDJ-Pa.

Nasution, Zulkarimen. 2007. Komunikasi Pembangunan (Pengenalan Teori Dan Penerapannya). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang Perindustrian Nomor 3 Tahun 2014, Pasal 14.

Downloads

Published

2022-01-30