Efektivitas Pembinaan Narapidana Anak Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Maros

Authors

  • Ahmad Syafar AR Shaleh Pogram Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bosowa
  • Syamsuddin Maldun Pogram Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bosowa
  • Juharni Juharni Pogram Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jp.v1i2.1545

Keywords:

Efektif, Narapidana Anak, Pelaksanaan Pembinaan, Model

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas pelaksanaan pembinaan narapidana anak di LPKA Kelas II Maros dan model pembinaannya.  Anak adalah bagian dari generasi muda yang memiliki peran strategis sebagai generasi penerus sebuah bangsa. Anak sebagai kekuatan potensial dan menumbuhkan kehidupan berkelanjutan, maka diperlukan pembinaan secara terus menerus, pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental dan sosial serta perlindungan dari segala kemungkinan yang akan membahayakan anak di masayang akan datang. Meningkatnya kasus kriminal yang dilakukan oleh anak menyebabkan semakin pentingnya peran pembinaan. Pembinaan yang dilakukan di LPKA Kelas II Maros dengan tujuan agar narapidana sadar akan perbuatannya dan bisa kembali dilingkungan masyarakat seperti anak pada umumnya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu masalah yaitu, bagaimana pelaksanaan pembinaan narapidana anak di LPKA Kelas II Maros dan bagaimana model pembinaan narapidana anak di LPKA Kelas II Maros. Penelitian yang dilakukan di LPKA Kelas II Maros ini menggunakan jenis dan tipe penelitian kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian melalui wawancara dan observasi diketahui bahwa pelaksanaan pembinaan narapidana anak di LPKA Kelas II Maros sudah efektif. Pembinaan efektif karena tujuan dari pembinaan sudah tercapai hanya saja masalah belum terpisahnya narapidana dewasa di LPKA Kelas II Maros. Dan model pembinaan di LPKA Kelas II Maros sudah dilakukan dengan baik terbukti dengan adanya kerja sama dari pihak luar LPKA

This study aims to determine the effectiveness of the implementation of fostering child prisoners in LPKA Class II Maros and the coaching model. Children are part of the younger generation who have a strategic role as the next generation of a nation. Children as potential strengths and foster a sustainable life. It is necessary to continuously promote physical, mental, and social growth and development and protect from all possibilities that will harm children in the future. The increasing number of criminal cases committed by children has led to the growing importance of the role of coaching. The guidance is carried out at the Class II LPKA Maros with the aim that inmates are aware of their actions and can return to the community like children in general. This research is motivated by a problem, namely, how is the implementation of fostering child prisoners in LPKA Class II Maros and how is the model for fostering child prisoners in LPKA Class II Maros. This research was conducted at LPKA Class II Maros using descriptive qualitative research types and methods of collecting data through interviews, observation, and documentation. Based on the results of research through interviews and comments, it is known that the implementation of fostering child prisoners in LPKA Class II Maros has been effective. Coaching is effective because the purpose of the coaching has been achieved, but the problem is that adult prisoners in LPKA Class II Maros have been carried out well, as evidenced by the cooperation from parties outside LPKA

References

Hadisuprapto, P., 2006. Peradilan Restoratif : Model Peradilan Anak Indonesia Masa Depan, in: Pidato pengukuhan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Semarang : Universitas Diponegoro.

Islamy, M.I., 2000. Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijakan Negara. Sinar Grafika, Jakarta.

Krisnawati, E., 2005. Aspek Hukum Perlindungan Anak. CV. Utomo, Bandung.

Kurniawan, A., 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Pembaruan, Yogyakarta.

Subkhi, A., Jauhar, M., 2013. Pengantar Teori dan Perilaku Organisasi. Prestasi Pustaka, Jakarta.

Sarwono, S.W., 2001. Pengantar Psikologi Sosial. Rineka Cipta, Jakarta

Septiyani, E.E., 2013. Pembinaan Anak Didik Pemasyarakatan Melalui Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket A, Paket B, Dan Paket C Di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutuarjo Tahun 2013. Skripsi. Strata I Politik dan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Semarang.

Simon, R., 2011. Kebudayaan Lembaga Pemasyarakatan di Indonesia. CV Lubuk Agung, Bandung.

Suparlan, 1990. Kamus Istilah Kesejahteraan Sosial. Pustaka Pengarang, Yogyakarta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung

Downloads

Published

2022-07-30