Pembelajaran Online Di Kecamatan Cenrana Kabupaten Maros

Studi Pada SDN No. 186 Inpres Bontomanai

Authors

  • M. Alfian F. B Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bosowa
  • Nining Haslinda Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bosowa
  • Natsir Tompo Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jp.v2i1.2182

Keywords:

Strategi, Pembelajaran, Online, Siswa

Abstract

Sejak merabahnya wabah covid-19 di akhir trahun 2019 pemerintah pun mecari inovasi baru dalam dunia pendidikan dengan menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh\aynag di singkat BDR. Pelaksanaa belajar jauh diatur dalam peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020, yang mengusulkan agar semua kegiatan di lembaga pendidikan dilaksanakan dengan jarak jauh dan semua materi diberikan dari rumah masing-masing. Tujuan penerapan Belajar Dari Rumah (BDR) yang tertuang dalam surat edaran ini adalah menjamin terpenuhinya hak peserta didik dalam memperoleh layanan pendidikan pada masa darurat Covid-19, menjaga satuan pendidikan dari dampak negatif Covid-19, mencegah penularan dan menyebarnya Covid-19 di Indonesia, satuan pendidikan, dan menjamin terpenuhinya dukungan psikososial pendidik, siswa, dan orang tua. Pilihan tersebut dilaksanakan untuk memutuskan mata rantai Covid-19 semaksimal mungkin dalam situasi saat ini, sambil tetap berusaha memberikan layanan pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keberhasilan strategi pembelajaran sistem online terkhusus pada SDN 186 Impres Bontomanai dan bagaimana kesiapan para siswa SDN 186 Impres Bontomanai dalam mengikuti sistem pembelajarn online tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  dengan menggunakan metode deduktif yang mengkaji fenomena secara umum untuk menemukan hasil secara spesifik melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tahapan pelaksana pembeljaran online sekolah melakukan observasi pada siswa yang memiliki tempat tinggal jauh dari sekolaah dan kurang baiknya faktor pendukkung dalam pengaplikasian pembelajaran online tersebut da;am hal ini jaringan yang kurang  baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan startegi kebijakan dalam penerapan siswa mempunyai inisiatif untuk tetap mendukung kegiatan belajar online, namun cukup berat untuk menyesuaikan aturan pembelajaran online ini, dikarnakan proses pembelajran online muncul rasa malas terhadap dirinya. Dapat digeneralisasikan kalau ada efek yang membuat menerunya pembelajaran siswa bukan dikarnakan belajar online akan tetapi lebih kepada perangkat pendukung pengaplikasian sistem belajar online mulai dari, jaringan internet, smart android bagi guru dan siswa serta jubnis penggunaan aplikasi belajar online yang sedikit saja yang paham. Faktor yang mempengaruhi kesiapan dalam kebijakan program pembelajaran sistem pembelajran online, ditujukan konstitensidisnik kabupaten dalam mendukung pelaksaan sistem pembelajaran online serta para guru dan siswa SDN 186 Impres Bonto Manai. Evektifitas atau daya tanggap terhadap  strategi penerapan proses belajar online, terlihat kepada kepedulian pemerintah terhadap kebutuhan dan kepentingan masyarakat dalam menyesuaikan arahan dari pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah

Since the outbreak of the covid-19 outbreak at the end of 2019 the government has also been looking for new innovations in the world of education by implementing a distance learning system, abbreviated as BDR. The implementation of distance learning is regulated in the regulation of the Minister of Education and Culture issuing Circular Letter Number 4 of 2020, which proposes that all activities in educational institutions be carried out remotely and all materials are provided from their respective homes. The purpose of implementing Learning From Home (BDR) contained in this circular is to ensure the fulfillment of the rights of students to obtain educational services during the Covid-19 emergency, protect educational units from the negative impacts of Covid-19, prevent the transmission and spread of Covid-19 in Indonesia, educational units, and ensure the fulfillment of psychosocial support for educators, students, and parents. This choice was carried out to break the Covid-19 chain as much as possible in the current situation, while still trying to provide educational services. The purpose of this study was to determine the success of the online system learning strategy, especially at SDN 186 Impres Bontomanai and how prepared the students of SDN 186 Impres Bontomanai were in participating in the online learning system. This study uses a qualitative approach using a deductive method that examines phenomena in general to find specific results through interviews, observation and documentation. The results showed that in the stage of implementing online learning the school made observations on students who had a place to live far from school and the lack of supporting factors in the application of online learning in this case the network was not good. The results showed that the success of the policy strategy in implementing students had the initiative to continue to support online learning activities, but it was quite difficult to adjust these online learning rules, because the online learning process appeared lazy towards them. It can be generalized if there is an effect that makes student learning progress not due to online learning but rather to supporting devices for the application of online learning systems ranging from internet networks, smart androids for teachers and students as well as the department of using online learning applications that few understand. Factors influencing readiness in the policy of online learning system learning programs, aimed at the district constituency in supporting the implementation of the online learning system as well as teachers and students at SDN 186 Imppres Bonto Manai. The effectiveness or responsiveness of the strategy for implementing the online learning process can be seen in the government's concern for the needs and interests of the community in adjusting the direction of the central government or local government

References

Hadisuprapto, P., 2006. Peradilan Restoratif : Model Peradilan Anak Indonesia Masa Depan, in: Pidato pengukuhan Guru Besar Fakultas Hukum UniversiArti kata strategi - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. (n.d.).

Desnita, & Karneli, Y. (2022). TINGKAT Kesiapan Belajar Siswa Smp Terbuka Jakarta Implikasi Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, 2(02). https://doi.org/10.36728/cijgc.v2i02.1462

Faridatun Naqiyyah. (2015). Pengantar E-Learning Dalam Dunia Pendidikan Modern.

Haspari, S. A. (2019). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online di Universitas Dian Nuswantoro. WACANA Jurnal Ilmiah Komunikasi.

IMANIA PERMATASARI, B. (2017). Manajemen Strategi Pengelolaan Sampah Di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bojonegoro. Publika, 5(6).

Juhji. (2016). Peran guru dalam pendidikan. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 52–62.

Mieke O., & N. S. D. M. (2019). Model dan Rancangan Pembelajaran. CV. Seribu Bintang.

Murnie. (2020). Optimalisasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar: Sebagai Respon dari New Normal di Era Covid 19. Equity In Education Journal, 2(2). https://doi.org/10.37304/eej.v2i2.1852

Solihatin, E. (2012). Strategi Pembelajaran PPKN. Bumi Aksara.

Syaifuddin, M., Ummam, A. W., SM, B., Sodiq, A. R., & Zakiah, I. N. (2022). Penyuluhan Penerapan Literasi Digital Bagi Siswa Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

tas Diponegoro. Semarang : Universitas Diponegoro.

Islamy, M.I., 2000. Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijakan Negara. Sinar Grafika, Jakarta.

Krisnawati, E., 2005. Aspek Hukum Perlindungan Anak. CV. Utomo, Bandung.

Kurniawan, A., 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Pembaruan, Yogyakarta.

Subkhi, A., Jauhar, M., 2013. Pengantar Teori dan Perilaku Organisasi. Prestasi Pustaka, Jakarta.

Sarwono, S.W., 2001. Pengantar Psikologi Sosial. Rineka Cipta, Jakarta

Septiyani, E.E., 2013. Pembinaan Anak Didik Pemasyarakatan Melalui Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket A, Paket B, Dan Paket C Di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutuarjo Tahun 2013. Skripsi. Strata I Politik dan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Semarang.

Simon, R., 2011. Kebudayaan Lembaga Pemasyarakatan di Indonesia. CV Lubuk Agung, Bandung.

Suparlan, 1990. Kamus Istilah Kesejahteraan Sosial. Pustaka Pengarang, Yogyakarta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung

Downloads

Published

2023-01-30