Pengaruh Servant Leadership Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara Di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Pinrang

Authors

  • Apriana Apriana Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bosowa
  • Nining Haslinda Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bosowa
  • Ade Ferry Afrizal Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jp.v2i1.2185

Keywords:

Kepemimpinan Pelayan, Pemberdayaan, Penglihatan, Kerendahanhatian, Percaya Diri, Pertunjukan

Abstract

Sejak Saat ini seorang pemimpin tidak hanya menggunakan otiritas yang dimilikinya, namun juga harus menggunakan pengaruhnya untuk menggerakkan orang lain dan memotivasi orang lain untuk dapat bekerja. Dapat diartikan sebagai usaha seorang pemimpin melayani (servant leadership) untuk menciptakan kinerja yang baik dari bawahannya melalui dimensi-dimensi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi-dimesi servant leadership terhapad kinerja aparatur sipil Negara di kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Pinrang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 108 responden. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil servent leadership yang dimiliki Bupati Kabupaten Pinrang berada dalam kategori sedang. Dengan hasil kinerja yang berada dalam ketegori sedang selain itu, Hasil analisis ini menunjukkan bahwa love, empowerement, vision, humility, dan trust ditemukan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh servant leadership Bupati Kabupaten Pinrang terhadap hasil kinerja Aparatur Sipil Negara di Sekretariat Daerah Pinrang

Today a leader not only uses his authority, but also has to use his influence to move others and motivate others to work. It can be interpreted as the effort of a servant leader to create good performance from his subordinates through the existing dimensions. This study aims to determine the effect of servant leadership dimensions on the performance of the state civil apparatus in the regional secretariat office of Pinrang Regency. The sample used in this study were 108 respondents. Data were collected using a questionnaire. The analysis technique used is simple linear regression analysis. Based on the results of this study, it shows that the results of the leadership service owned by the Regent of Pinrang Regency are in a medium category. With performance results that are in the medium category. Besides that the results of this analysis indicate that love, empowerment, vision, humility, and trust were found to have a positive and significant influence on employee performance. This also shows that there is an influence of the servant leadership of the Regent of Pinrang Regency on the results of the performance of the State Civil Apparatus in the Pinrang Regional Secretariat.

References

Achua, C., & Lussier, R. N. (2010). Effective leadership. Cengage Learnin.

Ajis, S. A., Adda, H. W., & Wirastuti, W. (2017). Pengaruh Servant Leadership dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palu (KPP Pratama Palu). Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 3(3), 213–224.

Amelia, R., Hartoyo, H., & Suharjo, B. (2017). Kepemilikan Perencanaan Keuangan Hari Tua Pada Pekerja Kota Bogor. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 7, 1.

Barbuto Jr, J. E., & Wheeler, D. W. (2006). Scale development and construct clarification of servant leadership. Group & Organization Management, 31(3), 300-326.

Dennis, R. (2004). Development of the servant leadership assessment instrument. Dissertation Abstracts International, 5, 18–5.

Dennis, R. S., & Bocarnea, M. (2005). Development of the servant leadership assessment instrument. Leadership & Organization Development Journal.

Gill, L., & Kasmir, S. (2016). History, politics, space, labor: on unevenness as an anthropological concept. Dialectical Anthropology, 40(2), 87–102.

Gordon, A., & Yukl, G. (2004). The future of leadership research: Challenges and opportunities. German Journal of Human Resource Management, 18(3), 359–365.

Graham. (1991). Blood memory. New York.

Greenleaf, R. K. (2002). Servant leadership: A journey into the nature of legitimate power and greatness. Paulist Press.

House, R. J. (1996). Path-goal theory of leadership: Lessons, legacy, and a reformulated theory. The Leadership Quarterl, 7(3), 323–352.

https://fajar.co.id/2022/06/02/pj-kepala-daerah-langsung-mundur-usai-dilantik-anwar-hafid-wibawa-pemerintah-ada-di-mana-kalau-seperti-ini (Diakses tgl 8 Juni 2022)

Irham, F. (2016). Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Lantu, D., Pesiwarissa, E., & Rumahorbo, A. (2007). Servant Leadership. Yogyakarta: Gradien Books.

Mangkunegara, A. A. A. P. (2016). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Melchar, D. E., & Bosco, S. M. (2010). Achieving high organization performance through servant leadership. The Journal of Business Inquiry, 9(1), 74–88.

Mulyadi, L. (2015). Asas Pembalikan Beban Pembuktian Terhadap Tindak Pidana Korupsi Dalam Sistem Hukum Pidana Indonesia dihubungkan dengan Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa anti Korupsi 2003. Jurnal Hukum Dan Peradilan, 4(1), 101–132.

Nawawi, H. (2011). Manajemen Sumber Daya manusia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pala’langan, A. Y. (2021). Pengaruh servant leadership, disiplin kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(2), 223–231.

Pemerintah Indonesia. (2014). Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Lembaran Negara RI Tahun 2014 Nomor 244, Tambahan Lembaran RI Nomor 5587. Sekretariat Negara. Jakarta.

Pemerintah Indonesia. (2014). Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Lembaran Negara RI Tahun 2014 Nomor 6, Tambahan Lembaran RI Nomor 5494. Sekretariat Negara. Jakarta.

Prasetyono, H., & Ramdayana, I. P. (2020). Pengaruh servant leadership, komitmen organisasi dan lingkungan fisik terhadap kinerja guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 108–123.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2008). Perilaku organisasi edisi ke-12 (11th ed.). Jakarta: Salemba empat.

empat.

Sabir, M. S., & Khan, M. A. (2011). Impact of leadership style on organization commitment: In a mediating role of employee values. Journal of Economics and Behavioral Studies, 3(2), 145–152.

Sayoga, I. W. P. A., Kawiana, I. P. G., & Astrama, I. M. (2022). Pengaruh Servant Leadership dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Parwisata, 2(1), 12–20.

Scheiter, S., Langan, L., & Higgins, S. I. (2013). Next generation dynamic global vegetation models: learning from community ecology. New Phytologist, 198(3), 957–969.

Shekari, H., & Nikooparvar, M. Z. (2012). Promoting Leadership Effectiveness in Organizations: A Case Study on the Involved Factors of Servant Leadership. International Journal of Business Administration, 3(1), 54–65.

Spears, L. C. (n.d.). Reflections on leadership: How Robert K. Greenleaf’s theory of servant-leadership influenced today’s top management thinkers. Wley, 1995.

Spears, L. C., & Lawrence, M. (2004). Practicing servant leadership: Succeeding through trust, bravery, andforgiveness.

Sutedjo, A. S., & Mangkunegara, A. P. (2013). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan di PT. Inti Kebun Sejahtera. BISMA (Bisnis Dan Manajemen, 5(2), 120–129.

Sutrisno, E. (2014). Manajemen sumber daya manusia, cetakan keenam. Jakarta: Pranada Media Group.

Tirtayasa, S. (2019). Pengaruh kepemimpinan, budaya organisasi, dan motivasi terhadap kinerja pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 45–54.

Van Dierendonck, D. (2011). Servant leadership: A review and synthesis. Journal of Management, 37(4), 1228–1261.

Downloads

Published

2023-01-30