Efektivitas Kearsipan Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Di Kelurahan Lompo Riaja Kecematan Tanete Riaja Kabupaten Barru
DOI:
https://doi.org/10.56326/jp.v2i1.2186Keywords:
Efektivitas, Kearsipan, Pengelolaan, Sarana dan Prasarana, Sumber Daya ManusiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengelolaan kearsipan di kelurahan lompo riaja 2) sarana pendudkung kearsipan yang terdapat di keluarahan lompo riaja dan 3) pemahaman pegawai di kantor kelurahan lompo riaja mengenai kearsipan. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi langsung. Teknik analisis data meliputi tahap-tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, pemeriksaan data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini menghasilkan bahwa 1) peran penting sumber daya manusia dalam proses pelayanan terhadap publik merupakan suatu poin penting dalam menciptkan kinerja yang baik. Apabila Sumber Daya Manusia yang disiapkan memiliki kemampuan yang kompeten maka pelayanan pun akan berjalan dengan baik dan masyarakat akan merasakan kepuasan 2) perlu adanya peningkatan sarana dan prasarana pendukung serta penguasaan perangkat teknologi pada kantor keluraha lompo riaja sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat terkait asrip dapat dilakukan secara maksimal 3) pengelolaan kearsipan harus diberikan kepada orang yang bertanggung jawab, meiliki kemauan yang tulus dalam bekerja, meiliki keahlian khusus dalam bidang kearsipan dan berwawasan luas. Dengan demikian terciptalah Efektivitas dalam pengelolaan kearsipan
This study aims to find out 1) archive management in Lompo Riaja sub-district 2) archival support facilities in Lompo Riaja output and 3) employee understanding in Lompo Riaja sub-district office regarding archives. In data collection is done by using observation, interviews and direct documentation. Data analysis techniques include the stages of data collection, data reduction, data presentation, data examination and drawing conclusions. In this study, it was found that 1) the important role of human resources in the service process to the public is an important point in creating good performance. If the prepared Human Resources have competent capabilities, the service will run well and the community will feel satisfied 2) the need for improvement of supporting facilities and infrastructure and mastery of technological devices at the Lompo Riaja village office so that services provided to the community related to archives can be carried out maximally 3) archive management must be given to people who are responsible, have a sincere desire to work, have special expertise in the field of archives and have broad insight. Thus creating effectiveness in archive management
References
Darmanto. (2018). Pengantar Ilmu Administrasi. Universitas Medan Area, 1–41. http://adminpublik.uma.ac.id/2020/09/18/pengertian-administrasi-publik/
Lisa, R., Maschandra, & Iskandar, R. (N.D.). Analisis_Penelitian_Kualitatif_Model_Mil.
Mingkid, G. J., Liando, D., & Lengkong, J. (2017). Efektivitas Penggunaan Dana Desa Dalam Peningkatan Pembangunan (Suatu Studi Di Desa Watutumou Dua Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara). Jurusan Ilmu Pemerintahan, 2, 3.
Muksan. (2007). Efektifitas Pengolahan Arsip Di Kantor Kecamatan Gunungpati Semarang. 8.
Putro, S. W. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1–9. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/1404
Sugihartono, J. (2009). Analisis Pengaruh Citra, Kualitas Layanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pt. Pupuk Kalimantan Timur, Sales Representative Kabupaten Grobogan). Program.
Utami, H. M. (2016). Keefektifan Kearsipan Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Kelurahan Tamalanrea.
Dwihartini, M. (2014). Konsep Arsip dan Kearsipan. Jurnal Universitas Yogyakarta, 1, 1–8.
Marliani, L. (2018). Definisi Administrasi Dalam Berbagai Sudut Pandang. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Galuh, 5(4), 17–18. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/dinamika/article/view/1743/1407
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bustamang Kadir, Juharni Juharni, Natsir Tompo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.