Evaluasi Program BPJS Kesehatan Di Puskesmas Mattiro Deceng Kabupaten Pinrang
DOI:
https://doi.org/10.56326/jp.v2i1.2188Keywords:
Evaluasi, BPJS Kesehatan, PuskesmasAbstract
Implementasi program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial di puskesmas Mattiro Deceng Kecamatan Tiroang mengalami beberapa kendala seperti kualitas pelayanan yang bervariasi, serta pembayaran yang belum optimal, sampai dengan efisiensi serta kepuasan pasien antara pasien yang menggunakan BPJS dengan pasien umum (tidak menggunakan BPJS), Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan BPJS PBI di Puskesmas Mattiro Deceng Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang, dan untuk mengetahui kebijakan yang dapat diambil Puskesmas Mattiro Deceng Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang dalam upaya meningkatkan pelayanan BPJS PBI. jenis penelitian yang digunakan adalah jenis deskriptif kualitatif. Menggunakan tiga teknik pengumpulan data yang berbeda yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa Pelayanan pasien BPJS PBI di Puskesmas Mattiro Deceng mulai dari pelayanan rawat jalan, rawat inap, dan pelayanan rawat khusus masih kurang efektif. Karena masih ada keluhan dari pasien terkait pelayanan yang ada di puskesmas Mattiro Deceng. Untuk mengatasi permasalahan pelayanan yang terjadi puskesmas Mattiro Deceng menerapkan kebijakan substansif versus kebijakan procedural.
Center, Tiroang District experienced several obstacles such as varying service quality, and payments that were not optimal, up to efficiency and patient satisfaction between patients using BPJS and general patients (not using BPJS). is to find out how the BPJS PBI service is at the Mattiro Deceng Health Center, Tiroang District, Pinrang Regency, and to find out the policies that can be taken by the Mattiro Deceng Health Center, Tiroang District, Pinrang Regency in an effort to improve BPJS PBI services. the type of research used is descriptive qualitative type. Using three different data collection techniques, namely observation, interviews and documentation. The results of this study reveal that BPJS PBI patient services at the Mattiro Deceng Health Center starting from outpatient services, inpatient care, and special care services are still less effective. Because there are still complaints from patients regarding the services at the Mattiro Deceng Public Health Center. To overcome the service problems that occur at the Mattiro Deceng Public Health Center, a substantive policy versus a procedural policy is applied.
References
Delfi Mardiana. (2021). Evaluasi Program Jaminan kesehatan Nasional (JKN) dalam Memberikan Pelayanan Administrasi Pasien Rawat Inap (Studi pada Puskesmas Kota Ende).
Fidela Firwan, A. D. (2015). Evaluasi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasin Rawat Jalan Peserta BPJS di RSUD Penembahan Senopati Bantul.
Hadisuprapto, P., 2006. Peradilan Restoratif: Model Peradilan Anak Indonesia MasAzwar, A. (1994). Program Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan Aplikasi Prinsip Lingkaran Pemecahan Masalah. yayasan penerbitan ikatan dokter indonesia.
Islamy m irfan. (2001). prinsip-prinsip perumusan kebijakan negara. bumi aksara.
Islamy, M.I., 2000. Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijakan Negara. Sinar Grafika, Jakarta.
Krisnawati, E., 2005. Aspek Hukum Perlindungan Anak. CV. Utomo, Bandung.
Kurniawan, A., 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Pembaruan, Yogyakarta.
Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2006 tentang Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi.
Rahmah Hida Nurrizka, M. E. S. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Sistem Rujukan Berjenjang dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional.
Sarwono, S.W., 2001. Pengantar Psikologi Sosial. Rineka Cipta, Jakarta
Septiyani, E.E., 2013. Pembinaan Anak Didik Pemasyarakatan Melalui Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket A, Paket B, Dan Paket C Di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutuarjo Tahun 2013. Skripsi. Strata I Politik dan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Semarang.
Simon, R., 2011. Kebudayaan Lembaga Pemasyarakatan di Indonesia. CV Lubuk Agung, Bandung.
Sinambela. (2011). Reformasi Pelayanan Public.
Subkhi, A., Jauhar, M., 2013. Pengantar Teori dan Perilaku Organisasi. Prestasi Pustaka, Jakarta.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung
Suparlan, 1990. Kamus Istilah Kesejahteraan Sosial. Pustaka Pengarang, Yogyakarta.
William N. Dunn. (n.d.). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Gajah Mada University Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Feby Audina, Juharni Juharni, Ade Ferry Afrizal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.