Strategi Pelayanan Jasa Pengiriman PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Kota Makassar

Authors

  • Deby Clarisa Pogram Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bosowa
  • Syamsuddin Maldun Pogram Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bosowa
  • Juharni Juharni Pogram Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jp.v2i2.2388

Keywords:

Strategi, Pelayanan Jasa, PT Pos Indonesia, Analisis SWOT

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui sistem pelayanan jasa pengiriman pada Kantor PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Kota Makassar dan untuk mengetahui faktor determinan yang berkonstribusi terhadap pelayanan jasa pengiriman pada PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Kota Makassar. Informan yang ada dalam penelitian ini terdiri dari pegawai dan pelanggan dari Kantor Pos Indonesia Makassar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini merujuk pada strategi pelayanan jasa pengiriman, baik yang sedang diimplementasikan oleh Pos Indonesia maupun strategi yang direkomendasikan melalui analisis SWOT sesuai dengan kondisi PT Pos Indonesia. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bahwa sistem pelayanan yang diterapkan di PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Kota Makassar sudah cukup memenuhi standar-standar pelayanan dan dilakukan dengan baik. Strategi yang sedang diterapkan oleh Pos Indonesia yaitu melakukan promosi dengan teknologi modern saat ini, mengembangkan produk-produk layanan mengikuti keinginan pelanggan, mempertahankan loyalitas pelanggan dengan cara tetap menjaga amanah dan selalu dipercaya serta menjunjung sikap ramah, sopan, dan disiplin. Melalui strategi-strategi tersebut, dapat diketahui bahwa Pos Indonesia mampu bersaing dan bertahan ditengah-tengah arus persaingan bisnis saat ini. Kemudian berdasarkan analisis IFAS dan EFAS, ditemukan bahwa posisi perusahaan memiliki kekuatan yang besar sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada.

The research aims to determine the delivery service system at the Makassar City Branch of PT Pos Indonesia (Persero) and to determine the determinant factors that contribute to delivery services at the Makassar City Branch of PT Pos Indonesia (Persero). The informants in this research consisted of employees and customers from the Makassar Indonesian Post Office. The method used in this research is a qualitative descriptive method. The focus of this research refers to delivery service service strategies, both those being implemented by Pos Indonesia and strategies recommended through SWOT analysis according to the conditions of PT Pos Indonesia. Based on the research carried out, it can be seen that the service system implemented at PT Pos Indonesia (Persero) Makassar City Branch is sufficient to meet service standards and is carried out well. The strategy being implemented by Pos Indonesia is carrying out promotions using current modern technology, developing service products according to customer desires, maintaining customer loyalty by maintaining trust and always being trusted and upholding a friendly, polite and disciplined attitude. Through these strategies, it can be seen that Pos Indonesia is able to compete and survive amidst the current flow of business competition. Then, based on the analysis of the IFAS and EFAS tables, it was found that the company's position was in the 1st quadrant, where Pos had great strength so that it could take advantage of existing opportunities.

References

Agustiningtyas, D. (2018). Strategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di Perusahaan Batik Usaha Dagang Setia Jaya Karangan Trenggalek).

Chasanah, S. A. (2015). Strategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pelanggan Listrik Pasca Bayar di PT. PLN (Persero) Rayon Purbalingga).

Hab, N. L. (2014). Manajemen Pelayanan Berbasis SOP (Standar Operasional Prosedur) Pada Bank BNI Syariah Cabang Tangerang. 80.

Mariana. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Layanan Pos Express Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Makassar. 7(2), 44–68.

Prawitasari, S. Y. (2010). Analisis SWOT Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran Berdaya Saing (Studi pada Dealer Honda Tunggul Sakti di Semarang). In Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik - Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Gava Media, 250.

Hikam, H. A. Al. (2019). Pos Redup Karena Manajemen Gagal Antisipasi Perubahan Bisnis. Detikfinance. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4634319/pos-redup-karena-manajemen-gagal-antisipasi-perubahan-bisnis

Marom, A. (2015). Inovasi Birokrasi Pelayanan Publik Bidang Sosial Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Di Kabupaten Kudus. Gema Publica, 1(1), 45. https://doi.org/10.14710/gp.1.1.2015.45-63

Faroh, W. N. (2017). Analisa Pengaruh Harga, Promosi, dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Journal Ilmiah Prodi Manajemen, 4(2), 3–24.

Setiawan, R. (2016). e-JKPP Jurnal Kebijakan dan Pelayanan Publik. Jurnal Kebijakan & Pelayanan Publik, 2(2), 58–69.

Sinambela, L. P. (2006). Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, dan Implementasinya. Bumi Aksara.

Sinambela, L. P. (2011). Reformasi Pelayanan Publik; Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Bumi Aksara

Suminar, R., & Apriliawati, M. (2018). Pelayanan Prima Pada Orang Tua Siswa Di Sempoa Sip Tc Paramount Summarecon. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 4(2), 1–25.

Wurarah, E. M. . (2021). Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Daya Saing PT POS (Persero) Indonesia di Kota Makassar.

Zaenal Mukarom, M. W. L. (2015). Manajemen Pelayanan Publik. Pustaka Setia.

Downloads

Published

2023-07-30