Sistem Pelayanan Pada Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Di Kabupaten Pinrang

Authors

  • Yunita Putri Yana Pogram Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bosowa
  • Syamsuddin Maldun Pogram Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bosowa
  • Nining Haslindah Zainal Pogram Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jp.v4i1.2953

Keywords:

Sistem, Pelayanan Publik, Rumah Tahanan Negara

Abstract

Hunian pada Rutan merupakan suatu konsekuensi logis yang harus dihadapi sebagai dampak makin tingginya kuantitas kejahatan. Hampir diseluruh Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara, terutama yang terdapat di kota-kota besar, telah mengalami kondisi dimana kurang diperhatikannya masalah lingkungan hidup penghuni dan ini akan menyebabkan perhatian di dalam lingkup kesehatan para tahanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan Kesehatan terhadap warga binaan permasyarakatan di rumah tahanan. Peneliti menggunakan penelitian Kualitatif dikarenakan pendekatan ini merupakan kualitatif yang menggunakan wawancara dan observasi serta analisis dokumen. Lokus penelitian ini adalah di Rumah Tahanan Negara Kelas II B Kabupaten Pinrang. Pelayanan kesehatan terhadap warga binaan pemasyarakatan di Rumah Tahanan Negara kelas IIB Kabupaten Pinrang berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada dasarnya sudah melaksanakan pemenuhan pelayanan kesehatan terhadap sistem pelayanan Rumah Tahanan Negara.

Occupancy in detention centers is a logical consequence that must be faced as a result of the increasing quantity of crime. Almost all correctional institutions and state detention centers, especially those in big cities, have experienced conditions where there is a lack of attention to the environmental problems of the residents and this will cause concern regarding the health of the prisoners. This research aims to determine health services for correctional residents in detention centers. Researchers use qualitative research because this approach is qualitative which uses interviews and observations as well as document analysis. The locus of this research is the Class II B State Detention Center, Pinrang Regency. Health services for correctional inmates at the Class IIB State Detention Center in Pinrang Regency, based on research that has been carried out, have basically fulfilled health services in the State Detention Center service system.

References

Adisasmita, Raharjo. (2009). Pembiayaan Pembangunan Daerah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Fitriani. (2021). Negara Kelas Ii B Enrekang. 2. https://123dok.com/document/zkw43lmm-responsivitas-pelayanan-publik-rumah-tahanan-negara-kelas-enrekang.html

Juniasih, T. E., & Marpaung, I. S. (2023). Analisis Sistem Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua. Jurnal Education And Development, 11(1), 556–561. https://doi.org/10.37081/ed.v11i1.4433

Mirdawati, J., Niswaty, R., Darwis, M., & Salam, R. (2018). Keefektifan Pelayanan IMB Pada Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Makassar The effectiveness of IMB Services at the Makassar City Investment Office and One Door Integrated Services at Makassar City. 8(5), 37–44.

Moleong, Lexy. (2012) Pendekatan. Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurdia. (2018). Pelaksanaan Pembinaan Narapidana Wanita Kelas II B di Kabupaten Pinrang” 95.

Pasolong, Harbani. 2010. Teori Administrasi Publik, Bandung: Alfabeta.

Regina Angelita Laila. (2022). Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias Selatan. Laia, R. A. (2022).

Soviana Putri, D., & Nurhadi. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik Pada Era New Normal Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu KabupatenGunungkidul.5(1)

Suhartoyo, S. (2019). Implementasi Fungsi Pelayanan Publik dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Administrative Law and Governance Journal, 2(1), 143–154.

Setijaningrum, Erna. (2023). Complaint Handling Dalam Pelayanan Publik. Metode Penelitian.Graha Ilmu

Sugiono. (2007). Metodologi Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. In Bandung: Alfabeta.

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). Angewandte Chemie International Edition. Angewandte Chemie International Edition,. (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)

Downloads

Published

2025-01-30