Sistem Pelayanan Kesehatan Di BLUD RS H.M Djafar Harun Kabupaten Kolaka Utara
DOI:
https://doi.org/10.56326/jp.v3i2.3577Keywords:
Sistem, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, KesehatanAbstract
Pokok masalah dari penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan Kesehatan di BLUD RS H.M Djafar Harun Kabupaten Kolaka Utara dalam dimensi kualitas dan factor yang mempengaruhi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit H.M Djafar Harun Kabupaten Kolaka Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif bertujuan untuk mengungkapkan informasi sehingga lebih menenkankan pada masalah dan makna dengan mendeskripsikan suatu masalah. Hasil wawancara di peroleh dari beberapa informaan dengan menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yakni dengan para perangkat BLUD RS H.M Djafar Harun, informan yang terdiri masyarakat yang sedang menjalankan pengobatan dan masyarakat yang telah melakukan pengobatan di Rumah Sakit H.M Djafar Harun Kabupaten. Kolaka Utara. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil dalam penelitian ini, diketahui bahwa Kualitas Pelayanan Kesehatan di BLUD RS H.M Djafar Harun Kabupaten Kolaka Utara yang diukur dengan dimensi kualitas pelayanan sepenuhnya sudah berjalan dengan baik. Namun, ada beberapa indikator yang belum sesuai dengan harapan sebagai seorang pasien. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan pihak rumah sakit selalu memberikan bimbingan dan pelatihan kepada perawat dan petugas lainnya, menciptakan kerja sama antar pegawai atau perawat. Fasilitas yang masih kurang menjadi salah satu penghambat dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan, tetapi pihak Rumah Sakit H.M Djafar Harun selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang baik kepada pasien dan masyarakat.
The main problem of this research is the quality of health services at the BLUD of H.M Djafar Harun Hospital, North Kolaka Regency in terms of quality dimensions and factors that influence improving the quality of health services at H.M Djafar Harun Hospital, North Kolaka Regency. This study used qualitative research methods. Qualitative research aims to reveal information so that it emphasizes problems and meaning by describing a problem. The results of the interviews were obtained from several informants using observation, interview and documentation techniques, namely with BLUD officials at H.M Djafar Harun Hospital, informants consisting of people who were undergoing treatment and people who had received treatment at H.M Djafar Harun Hospital, Regency. North Kolaka. The data analysis technique in this research is by collecting data, reducing data, presenting data, and drawing conclusions or verifying data. The results of this research show that the quality of health services in the BLUD of H.M Djafar Harun Hospital, North Kolaka Regency, as measured by the dimensions of service quality, is running well. However, there are several indicators that do not meet expectations as a patient. To improve the quality of service, the hospital always provides guidance and training to nurses and other staff, creating cooperation between employees or nurses. Insufficient facilities are an obstacle in efforts to improve the quality of service, but the H.M Djafar Harun Hospital always tries to provide good service to patients and the community.
References
Ahmad, B. 2018. Pelayanann Publik Teori dan Praktik. Manggu Makmur Tanjung Lestari. Bandung.
Aditiyan, R. A dan Basri.2022. Pengaruh Kualitas Layanan dan Brand Image tehradap Loyalitas Nasabah Dimediasi oleh Kepuasan Nasabah (Study Kasus Bank BRI KCP Unit Sidoarum). EFKTIF: Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Vol. 13. No. 1: 79-92.
Dwiyanto, Agus (2015). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Perpustakaan Pelajar.
Fajriati, A., Harris, S., & Widyawati, K. (2018). Perancangan Rumah Sakit Umum Kelas B Berkonsep Healing Environment di Kecamatan Cileungsi. Jurnal Desain, 5(03), 145. https://doi.org/10.30998/jurnaldesain.v5i03.2299
Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Gava Media. Yogyakarta.
Listiyono, R. A. (2015). Studi Deskriptif Tentang Kuaitas Pelayanan di Rumah Sakit Umum Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto Pasca Menjadi Rumah Sakit Tipe B. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, 1(1), 2–7.
Mulyadi, dan Deddy dkk. 2016. Administrasi Publik Untuk Pelayanan Publik. Alfabeta. Bandung.
Pratiwi, R. B., & Vivi, S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Non Bpjs di Klinik Abadi Jaya Depok. 8(24), 603–609.
Sari, R. P. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan di RSUD Lubuk Basung Kabupaten Agam Volume 1, Nomor 2, 5 Juni 2018. EcoGen, 1(September), 260–266.
Sondakh, V., & Palar, F. D. L. N. (2023). Kualitas Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Noongan. 4(1), 88–100.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Administrasi. Cet. Bandung: Alfabeta.
Sutabri, T. 2012. Analisis Sistem Informasi. Dan saya. Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putri Latifah, Nurkaidah Nurkaidah, Natsir Tompo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







