Tata Kelola Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai Di Lembang Rano Tengah Kecamatan Rano Kabupaten Tana Toraja
DOI:
https://doi.org/10.56326/jp.v3i1.4131Keywords:
Tata Kelola, Penyaluran, BPNT, Tana TorajaAbstract
Keberadaan Bantuan Pangan Non Tunai adalah salah satu upaya mengatasi permasalahan tentang kemiskinan. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin di Indonesia. Program pemerintah yang berorentasi dalam upaya pengentasan dan dapat memberikan dampak langsung kepada masyarakat. meningkatkan ketatapan sasaran dan waktu penerimaan bantuan pangan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM), memberi lebih banyak pilihan dan kendali kepada keluarga penerima Manfaat (KPM) dalam memenuhi kebutuhan pangan dan mendorong pencapaian tujuan pembangauna berkelanjutan. Peneltian bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Pedoman Bantuan Pangan Non Tunai dan mengetahui sikap masyarakat terhadap Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Lembang Rano Tengah. Penelitian dilakukan di Lembang Rano Tengah, Kecamatan Rano, Kabupaten Tana Toraja ini menggunakan jenis dan tipe penelitian kualitatif deskriptif. Fokus penelitian ini merujuk pada Standar Operasional Prosedur,Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai di Lembang Rano Tengah. Data penelitian diperoleh melalui hasil observasi, wawancara dan dokumen-dokumen Melalui hasil penelitian penyaluran bantuan panagn non tunai di Lembang Rano Tengah belum berjalan dengan baik. Hal ini dikarena ada beberapa faktor dimana penyaluran bantuan tidak sesuai dengan waktu yang telah di tetapkan, data yang ada tidak relative.
The existence of Non-Cash Food Assistance is an effort to overcome the problem of poverty. The program aims to improve the welfare of poor people in Indonesia. Government programs that are oriented towards alleviation efforts and can have a direct impact on society. increasing the targeting and timing of receiving food assistance for Beneficiary Families (KPM), giving more choices and control to Beneficiary Families (KPM) in meeting food needs and encouraging the achievement of sustainable development goals. The research aims to determine the implementation of the Non-Cash Food Assistance Guidelines and determine the community's attitude towards Non-Cash Food Assistance (BPNT) in Central Lembang Rano. The research was conducted in Lembang Rano Tengah, Rano District, Tana Toraja Regency using descriptive qualitative research types. The focus of this research refers to Standard Operating Procedures, Distribution of Non-Cash Food Aid in Central Lembang Rano. Research data was obtained through observations, interviews and documents. Through research results, the distribution of non-cash food aid in Central Lembang Rano has not gone well. This is because there are several factors where the distribution of aid does not match the time that has been set, the existing data is not relative.
References
Agus Dwiyanto. 2005. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: UGM Press.
Ahmadi, Abu. 2015. Ilmu Sosiologi Dasar. Jakarta: Rineka Cipta. Effendi, Moh. Arief. 2009. The Power of Good Corporate Governance (Teori Dan Implementasi. Jakarta: Salemba Empat.
Ahda Sulukin Nisa 2019. Analisis Program Bantuan Pangan Non Tunai (Bpnt) Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Desa Merak Batin Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan) Di akses dari https://scholar.google.com pada tanggal 1 April 2022
Farazmand, A. 2004. Sound Governance: Policy and Administrative Innovations. Westport, CT: Praeger Publishers.
Isnani Nurul Fajri 2018. Sikap Masyarakat Terhadap Partai Politik Islam (Studi Kasus Kelurahan Korpri Jaya, Kecamatan Sukarame, Kota Bandar Lampung) Di akses dari https://scholar.google.com pada tanggal 28 Mei 2022
Imal Alimah Akmal 2020. Implementasi Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (Bpnt) Dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pra Sejahtera Di Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa Di Akses dari https://scholar.google.com pada tanggal 28 Mei 2022
Istyadi, Insani. 2010. “SOP Sebagai Pedoman Administrasi.”
Kemensos. 2019. “Buku Pedoman BPNT.” Mawardi dan Nur Hidayanti. 2009. IAD (Ilmu Alamiah Dasar), ISD(Ilmu Sosial Dasar) Dan IBD(Ilmu Budaya Dasar). Bandung: Pustaka Setia.
Moleong, L. J. 2006a. Metode Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Philip Kotler. 2007. Prinsip Management Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Said dan Achmat Kabiru. 2017. Manajemen Dan Teori Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Saifuddin Azwar. 1995. Sikap Manusia. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Terry, George R. 2000. Prinsip-Prinsip Manajemen,. Jakarta: Bumi Aksara. Yusniar. n.d. Good Governance. Universitas Michigan: Maju Mundur.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sitti Aisyah, Natsir Tompo, Uddin B. Sore
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.