Partisipasi Orang Tua Siswa Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring Di SD Kristen Elim Makassar
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v2i1.1163Keywords:
Partisipasi Orang Tua, Pembelajaran DaringAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Partisipasi Orang Tua Siswa dalam Menghadapi Pembelajaran Daring dan kesulitan orang tua dalam pembelajaran daring di SD Kristen Elim Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu orang tua siswa dan guru wali kelas V. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Penulis berperan sebagai pewawancara langsung untuk menggali data melalui orang tua siswa kelas V.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam pembelajaran daring di SD Kristen Elim Makassar yaitu orang tua melaksanakan dua peran sekaligus pertama menjadi orang tua dan kedua menjadi guru di rumah; menyediakan sarana dan prasarana kepada anak; memberikan semangat; motivasi; mengarahkan anak sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh masing-masing anak. Kesulitan orang tua dalam pembelajaran daring di SD Kristen Elim Makassar yaitu latar belakang pendidikan orang tua memengaruhi tingkat kemudahan dan kesulitan orang tua dalam mendidik anak; tingkat ekonomi orang tua memengaruhi proses pembelajaran secara daring terutama dalam hal memfasilitasi pembelajaran daring anak; kesulitan membagi waktu antara anak dan pekerjaan.
This research aims to know parent’s participation in facing online learning and as well as to find out parental difficulties in online learning at Elim Christian Elementary School Makassar. This study is qualitative research and uses a descriptive approach. Subjects in this research are the student’s parents and 5th grade homeroom. The data collection is taken through interviews, observation, and documentation. The writer acts as the interviewer to dig up data through the 5th grade student’s parents. The results show that the role of parents in online learning at Elim Christian Elementary School Makassar carries out two roles. The first is being a parent and the second is being a teacher at home, providing infrastructure, giving encouragement and motivation, and being a guide to students according to their interests and talents. The difficulties faced by parents at Elim Christian Elementary School Makassar are the educational background of parents affecting the level of ease and difficulty in dealing with children, the economic level of parents affecting the online learning process, especially in terms of facilitating children's learning, and the difficulty to manage their time for children and work.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dewi, Shinta Kurnia. 2011. Efektivitas E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran TIK Kelas XI di SMA Negeri 1 Depok. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Yogyakarta.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diunduh dari https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf pada 22 Juli 2019
Heryani, & Reni. (2010). Buku asuhan kebidanan ibu nifas dan menyusui. Jakarta: TIM
Oualeng, H., Muhammadiah, M., & Hamid, S. (2021). Peran Orang Tua Dan Wali Kelas Dalam Pembentukan Afektif Siswa Di Sd Negeri Nusa Harapan Permai Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 1(2), 76–80. https://doi.org/10.35965/bje.v1i2.658
Rahmayani, Ayu. 2019. Pengaruh Intensitas Komunikasi Terbuka Orang Tua Dengan Anak Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Peserta Didik Kelas Xi Sma Negeri 02 Brebes. Semarang: Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Walisongo Semarang.
Rahmah, R., & Hamid, S. (2020). Pola Asuh Orangtua Terhadap Dorongan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Maros. Bosowa Journal of Education, 1(1), 1-4.
Rahyuni, R., Yunus, M., & Hamid, S. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa SD Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Bosowa Journal of Education, 1(2),65–70. https://doi.org/10.35965/bje. v1i2. 657
Sofyana, Latjuba dkk. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun. Jurnal Nasional Pendidik, 8(1).
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Landasan Psikologi Proses
Triwiyanto Teguh.Pengantar Pendidikan,(2017) Jakarta. Bumi Aksara
Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Peningatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Ilmiah Edukasi, 20-28.
Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003. Pendidikan.Bandung: PT Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Nurwidyayanti Nurwidyayanti, Sundari Hamid, Syahria Madjid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.