Peranan Orangtua Dan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring

Authors

  • Lily Amir Sekolah Dasar Negeri Beroanging Makassar
  • Sundari Hamid Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Syahriah Madjid Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v3i1.1876

Keywords:

Peranan Orang Tua, Peranan Guru, Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan Orang Tua dan guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring dan mengetahui apakah dengan peranan orang tua dan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian ex post facto. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas terdiri dari peranan orangtua dan guru sedangkan variabel bebas terdiri dari motivasi belajar. Populasi penelitian yaitu jumlah keseluruhan siswa kelas IV, V, VI adalah 261 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Beroanging berjumlah 85 siswa, Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. terdapat pengaruh peran orang tua dan guru terhadap motivasi belajar pada pembelajaran daring siswa UPT SPF SD Negeri Beroanging.

This study aims to: 1). To find out how the role of parents and teachers in increasing student learning motivation through online learning. 2). To find out whether the role of parents and teachers in increasing student learning motivation through online learning. The type of research used is the type of ex post facto research. The variables used in this study consisted of independent variables and dependent variables. The independent variable consists of the roles of parents and teachers while the independent variable consists of learning motivation. The research population is the total number of students in grades IV, V, VI are 261 students. The research sample was the fourth grade students of UPT SPF SD Negeri Beroanging totaling 85 students. The sampling technique in this study was using the Simple Random Sampling technique. There is an influence of the role of parents and teachers on learning motivation in online learning of UPT SPF SD Negeri Beroanging students

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliyah, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jingsaw dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa di Sekolah Dasar, Socioedu Journal (Pendidikan, Sosial, Humaniora), 3 (1). Diakses Rabu, 17 Maret 2021

Cahaya, Nana. 2020. Pembelajaran Daring dan Peran Ganda Orang Tua. Kompasiana.

Dewi, Shinta Kurnia. 2020. Efektivitas E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran TIK Kelas XI di SMA Negeri 1 Depok (skripsi). Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Yogyakarta

Fatimah, F. N., & Sulistyo, E. T. (2017). Cerita rakyat Dewi Sritanjung sebagai upaya mewujudkan pendidikan karakter berbasis nilai kearifan lokal. In Proceeding of International Conference on Art, Language, and Culture (pp. 606-610).

Fimala, Yosi dkk. 2021. Peran orang tua dan guru dalam memotivasi peserta didik sekolah dasar di masa pandemi. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia). ISSN: 2541-3163(Print) ISSN: 2541-3317 (Electronic). https://jurnal.iicet.org/index.php/jpgi

Hamsiah, Andi, dan Mas’ud Muhammadiyah. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Nilai Budaya Sebagai Strategi Pelestarian Budaya” 19 (2019): 9.

Hamsiah, Andi., Muhammaditah, Mas’ud Muhammadiyah., dan Asdar. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Nilai Budaya Elompugi. Jurnal Ecosystem Volume 19, Nomor 1, Januari – April 2019

Hayati, A. S. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo, Kebumen. TASYRI’: JURNAL TARBIYAH-SYARI’AH ISLAMIYAH, 27(2), 23-32.

Kemendiknas, 2010. Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah; Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Linda & Eyre, Richard. Mengajarkan Nilai-nilai Kepada Anak (Terjemahan Alex Trikantjono Widodo), Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1995

Masni, H. (2017). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1), 34-45. Diakses Minggu, 23 Mei 2021.

Sari, N. L., Yunus, M., & Hamid, S. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Damdas Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Tematik Melalui Metode Course Review Horay Di Kecamatan Tallo Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 2(1), 82-87.

Supriatna, mamat. (2009). Bimbingan dan konseling berbasis kompetensi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Suyanto. 2008. Urgensi Pendidikan Karakter. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen pendidikan Dasar dan Menengah

Wahab dan Amaliyah, “The Implementation of School Literacy Movement by Using Storybook in Elematary School”. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/36727

Wahab, Isnaeni, dan Nurhadifah Amaliyah. “Identifikasi cerita anak berbasisi budaya lokal untuk membudayakan literasi di SD.” 2021-09-02 35, no. 2 (9 Desember 2019): 176. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p176-185

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Amir, L., Hamid, S., & Madjid, S. . (2022). Peranan Orangtua Dan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring. Bosowa Journal of Education, 3(1), 32–36. https://doi.org/10.35965/bje.v3i1.1876

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>