Kesiapan Guru Dan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Di SD Inpres Lae-Lae 2 Kota Makassar

Authors

  • Mudrifah Mudrifah Sekolah Dasar Negeri Lae-Lae II Kota Makassar
  • Sundari Hamid Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Syahria Madjid Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v2i1.1162

Keywords:

Guru, Peserta Didik, Pembelajaran Daring, Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru dan peserta didik dalam pembelajaran daring di SD Inpres Lae-Lae 2, serta mengetahui proses pembelajaran daring di SD Inpres Lae-Lae 2. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV. Pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Penulis berperan sebagai pewawancara langsung untuk menggali data melalui guru dan peserta didik kelas IV. Hasil penelitian kesiapan guru dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di SD Inpres Lae-Lae 2 ini menunjukkan terlaksana dengan baik. Walaupun pembelajaran ini dilakukan dengan daring, guru tetap membuat RPP, mempersiapkan bahan ajar dan media pembelajaran sebelum memulai proses pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring kesiapan peserta didik juga sudah terlaksana dengan baik, karena mereka sudah mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan dalam pembelajaran daring, seperti buku, pulpen, dan handphone. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran daring ini aplikasi yang digunakan adalah whatsapp dan zoom, adapun kendala yang ditemukan guru dan peserta didik yaitu kurang stabilnya jaringan internet sehingga mengalami kesulitan dalam belajar.

This study aims to determine the readiness of teachers and students in online learning at SD Inpres Lae-Lae 2, and to determine the online learning process at SD Inpres Lae-Lae 2. This study is qualitative research with a case study method. The subjects in this study were teachers and fourth grade students. Data collection was taken through observation, interviews, and documentation. The author acts as a direct interviewer to collect data through teachers and fourth grade students. The results showed that the readiness of teachers in online learning during the Covid-19 pandemic at the Inpres Lae-Lae 2 Elementary School was carried out well. Although learning is done online, the teacher continues to plan learning by making online lesson plans, preparing teaching materials in the form of learning media and preparing teaching materials before the learning process takes place. In the implementation of this online learning process, the applications used are whatsapp and zoom, while the obstacles found by teachers and students are the unstable internet connection so that they experience difficulties in learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmani, Jamal Ma’mur. 2016. Tips Efektif Cooperative Learning.Yogyakarta. Diva Prss

Perkemendikbud Nomor 109/2013 Pasal 2 Tentang Pendidikan Jarak Jauh.

Musdar, I. A. (2019). Pemanfaatan Google For Education (Gafe) Di Smkn 10 Jeneponto. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 1(3), 64-74.

Rahyuni, R., Yunus, M., & Hamid, S. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa SD Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Bosowa Journal of Education, 1(2), 65-70.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyono. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Simmons, D. E. (2002). The Forum Report: E-learning Adoption Rates and Barriers. The ASTD e-Learning.

Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Teguh, M. (2015) “Disfusi Inovasi dalam Program Pembelajaran Jarak Jauh di Yayasan Terampil Indonesia. Lembaga Peneltian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Kristen Petra”. Di akses pada tanggal 1 Maret 2021 dari: Http://smartkids.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/smartkids

Triwiyanti, Teguh. 2017. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-12-24

How to Cite

Mudrifah, M., Hamid, S., & Madjid, S. (2021). Kesiapan Guru Dan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Di SD Inpres Lae-Lae 2 Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 2(1), 22–26. https://doi.org/10.35965/bje.v2i1.1162

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>