Penerapan Teknik Akrostik Menggunakan Media Audiovisiual Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Bebas Bahasa Indonesia Siswa UPT SPF SD Inpres Pannampu II Kecamatan Tallo Kota Makassar

Authors

  • Marhani Marhani Sekolah Dasar Inpres Pannampu II Makassar
  • Mas'ud Muhamadiyah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Andi Hamsiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v2i1.1164

Keywords:

Menulis Puisi Bebas, Teknik Akrostik, Media Audiovisual

Abstract

Tujuan penelitian yaitu (1) untuk mendeskripsikan.kemampuan menulis puisi.Bebas Bahasa Indonesia sebelum diterapkan.teknik.akrostiek.menggunakan media audiovisual dalam pembelajaran menulis puisi bebas bahasa Indonesia siswa UPT SPF SD Inpres Pannampu II Kecamatan Tallo Kota Makassar (2) untuk.mendeskripsikan kemampuan menulis puisi Bebas Bahasa Indonesia setelah diterapkan teknik akrostiek menggunakan media.audiovisual dalam pembelajaran menulis puisi bebas bahasa Indonesia siswa UPT SPF SD Inpres Pannampu II Kecamatan Tallo Kota Makassar,dan (3) membuktikan adanya pengaruh penerapan teknik akrostiek menggunakan.media.audiovisual.dalam pembelajaran menulis puisi.bebas bahasa Indonesia siswa UPT SPF SD Inpres Pannampu 2 Kecamatan Tallo Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa UPT SPF SD Inpres Pannampu 2 Kecamatan tallo Kota Makassar yang berjumlah 25 siswa. Penarikan sampel dengan menggunakan.teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah SD sebanyak 25 siswa. Desain penelitian ini menggunakan Randomized Pretest-posttest Group Design. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial.

The objectives of this study were (1) to describe the ability to write free poetry in Indonesian language before the implementation of Akrostik Techniques using audiovisual media in learning to write free poetry in Indonesian language for the students of UPT SPF SD Inpres Pannampu II, Tallo District, Makassar City (2) to describe the ability to write Indonesian free poetry after the implementation of acrostic techniques using audiovisual media in learning to write Indonesian free poetry for the students of UPT SPF SD Inpres Pannampu II students, Tallo District, Makassar City, and (3) to prove the effect of applying acrostic techniques using audiovisual media in learning to write Indonesian free poetry for the students of UPT SPF SD Inpres Pannampu 2, Tallo District, Makassar City. This study is a quasi-experimental research. The population of this study were all students of UPT SPF SD Inpres Pannampu 2, Tallo District, Makassar City, with a total of 25 students. Withdrawal of samples used random sampling techniques. The samples of this research were 25 students. The research design used a randomized pretest-posttest group design. Data analysis used descriptive statistical analysis and inferential statistics.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AR, Syamsuddin, & Damaianti, Vsmaia S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya

Damayanti. 2013. Buku Pintar sastra Indonesia. Jogjakarta: Penerbit Araska.

Hamsiah, Andi, Mas’ud Muhammadiah, Asdar. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Nilai Budaya: Jurnal Ecosystem, Volume 19, Nomor 1.

Kertamuda, F. 2008. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Psikologi, 21 (1), 25-38.

Leonhardt, Mary. 2004. 99 Cara Menjadikan Anak anda Bergairah Menulis. Bandung; Kaifa, Mizan Pustaka.

Magee, Wes. 2008. Asyiknya Menulis Puisi. Solo: Tiga Serangkai.

Mahmudah. 2012. Teorida Apresiasi Puisi Indonesia. Bebas: Penerbit UNM.

Mashun. 2007. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Moleong, 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhammadiah, Mas'ud, dkk. 2015. Using Bahasa in Newspaper Headline in Makassar: Journal of Language and Literature, Vol. 6, No. 1, 2015. p. 109-111.

Muhammadiah, Mas'ud, Muliadi, Hamsiah, Andi. 2020. A Semiotic Analysis of Political News Featured in Indonesian Newspapers. International Journal of Innovation, Creativity and Change. www.ijicc.net Volume 13, Issue 9, 2020.

Muin, Walidaeirmih. 2004. Efektifitas Penggunaan Media Audiovisual Lagu Bebas Laha Bete dalam Menulis Kreatif Puisi Siswa Kelas VI SMP Negeri I Kecamatan Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai. Tesis tidak diterbitkan. Bebas. PPs universitas Negeri Bebas.

Nurgiyantoro, Burhan, Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2013.

Rusman, dkk. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (Mengembangkan Profesional Guru). Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Salim, S. S., & Darmawan, F. A. (2021, May). Augmented reality-based student’s worksheets on algebra word problems. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1899, No. 1, p. 012158). IOP Publishing.

Semi, Atar. M. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Multi Grafis. Nusantara.

Syarif, Elina, dkk. 2009. Pembelajaran Menulis. Jakarta: PPPPTK. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfa beta.

Tarigan, Henry Guntur. 1993. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa. Tim Penyusun Kurikulum Bahasa dan Sastra Daerah. 2012. Rancangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Untuk SD/MI. Bebas: Universitas Negeri Bebas.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wahyuni, Sridan Abd. Syukur Ibrahim. 2012 Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: Refika Aditama.

Waluyo, Herman J. 1987. Teoridan Apresiasi Puisi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Zainurrahman. 2011. Menulis Dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-12-24

How to Cite

Marhani, M., Muhamadiyah, M., & Hamsiah, A. (2021). Penerapan Teknik Akrostik Menggunakan Media Audiovisiual Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Bebas Bahasa Indonesia Siswa UPT SPF SD Inpres Pannampu II Kecamatan Tallo Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 2(1), 16–21. https://doi.org/10.35965/bje.v2i1.1164

Most read articles by the same author(s)