Penerapan Teknik Akrostik Menggunakan Media Audiovisiual Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Bebas Bahasa Indonesia Siswa UPT SPF SD Inpres Pannampu II Kecamatan Tallo Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v2i1.1164Keywords:
Menulis Puisi Bebas, Teknik Akrostik, Media AudiovisualAbstract
Tujuan penelitian yaitu (1) untuk mendeskripsikan.kemampuan menulis puisi.Bebas Bahasa Indonesia sebelum diterapkan.teknik.akrostiek.menggunakan media audiovisual dalam pembelajaran menulis puisi bebas bahasa Indonesia siswa UPT SPF SD Inpres Pannampu II Kecamatan Tallo Kota Makassar (2) untuk.mendeskripsikan kemampuan menulis puisi Bebas Bahasa Indonesia setelah diterapkan teknik akrostiek menggunakan media.audiovisual dalam pembelajaran menulis puisi bebas bahasa Indonesia siswa UPT SPF SD Inpres Pannampu II Kecamatan Tallo Kota Makassar,dan (3) membuktikan adanya pengaruh penerapan teknik akrostiek menggunakan.media.audiovisual.dalam pembelajaran menulis puisi.bebas bahasa Indonesia siswa UPT SPF SD Inpres Pannampu 2 Kecamatan Tallo Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa UPT SPF SD Inpres Pannampu 2 Kecamatan tallo Kota Makassar yang berjumlah 25 siswa. Penarikan sampel dengan menggunakan.teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah SD sebanyak 25 siswa. Desain penelitian ini menggunakan Randomized Pretest-posttest Group Design. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial.
The objectives of this study were (1) to describe the ability to write free poetry in Indonesian language before the implementation of Akrostik Techniques using audiovisual media in learning to write free poetry in Indonesian language for the students of UPT SPF SD Inpres Pannampu II, Tallo District, Makassar City (2) to describe the ability to write Indonesian free poetry after the implementation of acrostic techniques using audiovisual media in learning to write Indonesian free poetry for the students of UPT SPF SD Inpres Pannampu II students, Tallo District, Makassar City, and (3) to prove the effect of applying acrostic techniques using audiovisual media in learning to write Indonesian free poetry for the students of UPT SPF SD Inpres Pannampu 2, Tallo District, Makassar City. This study is a quasi-experimental research. The population of this study were all students of UPT SPF SD Inpres Pannampu 2, Tallo District, Makassar City, with a total of 25 students. Withdrawal of samples used random sampling techniques. The samples of this research were 25 students. The research design used a randomized pretest-posttest group design. Data analysis used descriptive statistical analysis and inferential statistics.
Downloads
References
AR, Syamsuddin, & Damaianti, Vsmaia S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya
Damayanti. 2013. Buku Pintar sastra Indonesia. Jogjakarta: Penerbit Araska.
Hamsiah, Andi, Mas’ud Muhammadiah, Asdar. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Nilai Budaya: Jurnal Ecosystem, Volume 19, Nomor 1.
Kertamuda, F. 2008. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Psikologi, 21 (1), 25-38.
Leonhardt, Mary. 2004. 99 Cara Menjadikan Anak anda Bergairah Menulis. Bandung; Kaifa, Mizan Pustaka.
Magee, Wes. 2008. Asyiknya Menulis Puisi. Solo: Tiga Serangkai.
Mahmudah. 2012. Teorida Apresiasi Puisi Indonesia. Bebas: Penerbit UNM.
Mashun. 2007. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Moleong, 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhammadiah, Mas'ud, dkk. 2015. Using Bahasa in Newspaper Headline in Makassar: Journal of Language and Literature, Vol. 6, No. 1, 2015. p. 109-111.
Muhammadiah, Mas'ud, Muliadi, Hamsiah, Andi. 2020. A Semiotic Analysis of Political News Featured in Indonesian Newspapers. International Journal of Innovation, Creativity and Change. www.ijicc.net Volume 13, Issue 9, 2020.
Muin, Walidaeirmih. 2004. Efektifitas Penggunaan Media Audiovisual Lagu Bebas Laha Bete dalam Menulis Kreatif Puisi Siswa Kelas VI SMP Negeri I Kecamatan Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai. Tesis tidak diterbitkan. Bebas. PPs universitas Negeri Bebas.
Nurgiyantoro, Burhan, Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2013.
Rusman, dkk. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (Mengembangkan Profesional Guru). Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Salim, S. S., & Darmawan, F. A. (2021, May). Augmented reality-based student’s worksheets on algebra word problems. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1899, No. 1, p. 012158). IOP Publishing.
Semi, Atar. M. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Multi Grafis. Nusantara.
Syarif, Elina, dkk. 2009. Pembelajaran Menulis. Jakarta: PPPPTK. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfa beta.
Tarigan, Henry Guntur. 1993. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa. Tim Penyusun Kurikulum Bahasa dan Sastra Daerah. 2012. Rancangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Untuk SD/MI. Bebas: Universitas Negeri Bebas.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wahyuni, Sridan Abd. Syukur Ibrahim. 2012 Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: Refika Aditama.
Waluyo, Herman J. 1987. Teoridan Apresiasi Puisi. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Zainurrahman. 2011. Menulis Dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Marhani Marhani, Mas'ud Muhamadiyah, Andi Hamsiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.