Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Radec Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VI UPTD SD Negeri 93 Barru

Authors

  • Resky Dewi Nengsih Sekolah Dasar Negri 93 Riso Enrekang
  • Andi Hamsiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Mas'ud Muhammadiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v3i2.2637

Keywords:

Model Pembelajaran RADEC, Penguasaan Konsep, Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat penguasaan konsep dan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VI UPTD SD Negeri 93 Barru sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran RADEC serta perbedaan penguasaan konsep dan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VI UPTD SD Negeri 93 Barru dengan penggunaan model pembelajaran RADEC. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi-experimental design dengan desain penelitian non-equivalent pretest posttest control grup design pendekatan kuantitatif.  Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VI UPTD SD Negeri 93 Barru, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru dengan jumlah siswa 22 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 9 orang perempuan.  Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model pembelajaran RADEC berpengaruh terhadap penguasaan konsep dan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa. Berdasarkan tabel multivariate test dalam uji manova diperoleh nilai Sig. 0,000 < 0,05 maka H0 di tolak dan Ha diterima. sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan konsep dan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VI UPTD SD Negeri 93 Barru dengan penggunaan model pembelajaran RADEC.

This study aims to describe the level of mastery of concepts and the ability to write explanatory texts for class VI students of UPTD SD Negeri 93 Barru before and after using the RADEC learning model and the effectiveness of using the RADEC learning as well as the difference in concept mastery and ability to write explanatory texts for class VI UPTD SD Negeri 93 Barru using the RADEC learning model. The type of research used is a quasi-experimental design with a non-equivalent pretest-posttest control group design with a quantitative approach. At the same time, the sample of this study was students of class VI UPTD SD Negeri 93 Barru, Tanete Riaja District, Barru Regency, with a total of 22 students consisting of 13 boys and nine girls. The results showed that using the RADEC learning model affected students’ mastery of concepts and the ability to write explanatory texts. Based on the multivariate test table in the manova test, the value of Sig. 0.000 < 0,05, then H0 is rejected, and Ha is accepted. So it can be concluded the mastery of concepts and the ability to write explanatory texts of class VI UPTD SD Negeri 93 Barru using the RADEC learning model.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Bakry, M. S., & Alsamadani, H. A. 2015. Improving the Persuasive Essay Writing of Students of Arabic as a Foreign Language (AFL): Effects of Self-Regulated Strategy Development. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 182, 89-97.

Emilia, E. (2012). Pendekatan Genre-Based dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Petunjuk untuk Guru. Bandung: Riqi Press.

Indihadi, Dian. (2018). Teknik “Brain Strorming” dalam Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar. Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan, 4 (1), 17- 22. Diakses pada tanggal 14 Februari 2021, Pukul 19.18 wita.

Khair, Ummul. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar, 2 (1), 82-98. Diakses pada tanggal 14 Februari 2021, Pukul 21.12 wita.

Kosasih E, Kurniawan Endang. 2018. Jenis-jenis teks. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Priyatni, E.T. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sopandi, W. (2017, September). The quality improvement of learning processes and achievements through the read-answer-discussexplain-and create learning model implementation. In Proceeding 8th Pedagogy International Seminar 2017: Enhancement of Pedagogy in Cultural Diversity Toward Excellence in Education (Vol. 8, No. 229, pp. 132-139). Diakses pada tanggal 10 Maret 2022, pukul 19.45 wita.

Suparno. dan Yunus, M. 2009. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Nengsih, R. D., Hamsiah, A., & Muhammadiah, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Radec Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VI UPTD SD Negeri 93 Barru. Bosowa Journal of Education, 3(2), 146–149. https://doi.org/10.35965/bje.v3i2.2637

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>