Pengembangan Bahan Ajar Menemukan Ide Pokok Bahasa Indonesia Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Tallo Kota Makassar

Authors

  • Nurdin Nurdin Sekolah Dasar Galangan Kapal Kota Makassar
  • Mas'ud Muhamadiyah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Asdar Asdar Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v2i1.1169

Keywords:

Bahan Ajar, Discovery Learning, Kelayakan, Keefektifan, Kepraktisan

Abstract

 Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar yang dapat digunakan di sekolah dasar, yang memenuhi kriteria seperti; kelayakan, keefektifan, kepraktisan bahan ajar menemukan ide pokok berbasis model pembelajaran discovery learning bagi siswa siswa SD Galangan Kapal 2 Kota Makassar.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R & D), meliputi; (1) tahap analisis masalah dan penentuan solusi, sebagai acuan merumuskan solusi; (2) tahap analisis kebutuhan, yakni perumusan hal-hal yang digunakan terkait pengembangan bahan ajar; (3) tahap perancangan, yakni penyusunan draf untuk menghasilkan bahan ajar; (4) tahap pengembangan, yakni mencipta bahan ajar kemudian dilakukan uji validasi oleh tim validator; dan (5) tahap implementasi, yakni penggunaan bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran yang sesungguhnya, kemudian dilakukan evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa bahan ajar bahasa Indonesia Menemukan Ide Pokok Berbasis Model Pembelajaran discovery learning yang dikembangkan peneliti, dinyatakan layak, efektif, dan praktis digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya aspek keterampilan membaca pada siswa kelas V SD Inpres Galangan Kapal 2 kota Makassar.

This research aims to develop teaching materials that can be used in elementary schools, which fulfilled the criteria such as; feasibility, effectiveness, practicality of teaching materials to find out the main idea based on discovery learning model for students of SD Inpres Galangan Kapal II Makassar City. This research and development (R & D) includes:  (1) the stage of problem analysis and the solution determination, as a reference for formulating solution; (2) the need analysis stage, as the formulation of things needed related to the development of teaching materials; (3) the design stage, as the preparation of a draft to produce teaching materials; (4) the development stage, as creating teaching materials, then conducting a validation test by the validator team; and (5) the implementation stage, as the use of teaching materials in actual learning activities, then an evaluation was carried out. Based on the results of this research, it can be concluded that the teaching materials about finding the main idea based on the discovery learning model developed by the researchers were declared feasible, effective, and practical to be used in Indonesian language learning, especially the aspect of reading skill for the fifth-grade students of SD Inpres Galangan Kapal 2, Makassar City.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhir, Muhammad. 2016. Pengembangan Materi Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Karakter. Disertasi. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Akker, J. Van den. 1999. Principles and Method of Development Research. London. Dlm.

Anggiya, Yuni. 2015. “Pengembangan Bahan Ajar: Praktikalisasi, Validitas, dan Realibilitas Bahan Ajar Cetak”. Makalah. [daring] diakses pada 25 Maret 2017 di www.http://dokumen.tips

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi. Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2006. Instrumen Penilaian Tahap I BukuTeks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Dhieni, Nurbiana dkk. 2017. Metode Pengembangan Bahasa. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Dick, Carey & Carey. 2001. The Systematic Design Of Instruction. Library of Congress Cataloging in Publication Data. Addison–Welswey Educational Publisher Inc.

Ghozali, Imam, Hengky Latan. 2015. Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP Undip. SemarangHarnanto. 2017. Akuntansi Biaya: Sistem Biaya Historis. Yogyakarta: BPFE.

Hamalik, Omar. 2009. Pendekatan Baru Strategi Belajar-Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Hamsiah, Andi, Mas'ud Muhammadiah, Asdar. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Nilai Budaya: Jurnal Ecosystem, Volume 19, Nomor 1.

Mujtahid, Pengembangan Profesi Guru, Malang: UIN Maliki Press, 2011.

Muhammadiah, Mas'ud, dkk. 2015. Using Bahasa in Newspaper Headline in Makassar: Journal of Language and Literature, Vol. 6, No. 1, 2015. p. 109-111. ISSN: 2078-0303, Baku, Azerbaijan.

Muhammadiah, Mas'ud, Muliadi, Hamsiah, Andi. 2020. A Semiotic Analysis of Political News Featured in Indonesian Newspapers. International Journal of Innovation, Creativity and Change. www.ijicc.net Volume 13, Issue 9, 2020.

Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tukan, Kristina Ina Tuto, Mas'ud Muhammadiah, Asdar. 2020. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013 di Kabupaten Flores Timur. Prosiding Seminar Nasional Merdeka Belajar. Perkumpulan Ahli dan Dosen Republik Indonesia DPD Gorontalo, 02 Maret 2020.

Widianto, Eko dan Subyantoro. 2015. Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Klasifikasi Menggunakan Metode SQ3R dengan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, JPBSI 4 (1) (2015).

Widoyoko, Eko. (2019). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

www.tripen.com. Model Pembelajaran Discovery Learning: Pengertian dan Langkah (diakses 2 Juli 2020).

Yazid, A. 2011. Kevalidan, Kepraktisan, dan Efek Potensial Suatu Bahan Ajar.Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya.

Downloads

Published

2021-12-24

How to Cite

Nurdin, N., Muhamadiyah, M., & Asdar, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menemukan Ide Pokok Bahasa Indonesia Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Tallo Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 2(1), 51–58. https://doi.org/10.35965/bje.v2i1.1169

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3