Pengaruh Kecerdasan Linguistik Dan Minat Baca Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Siswa Kelas IV UPT SPF SDN Cambaya Kota Makassar

Authors

  • Megawati Bahar UPT SPF Sekolah Dasar Inpres Baraya Kota Makassar
  • Asdar Asdar Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Muhammad Bakri Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v5i1.5302

Keywords:

Kecerdasan Linguistik, Minat Baca, Keterampilan Menulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan linguistik dan minat baca terhadap keterampilan menulis cerita siswa kelas IV UPT SPF SDN Cambaya Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksplanasi ex post facto. Variabel penelitian mencakup kecerdasan linguistik (X1), minat baca (X2), dan keterampilan menulis cerita (Y). Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif untuk uji normalitas dan homogenitas, serta statistik inferensial dengan uji T, uji F, dan koefisien determinasi (R²). Hasil analisis menunjukkan bahwa kecerdasan linguistik dan minat baca memiliki pengaruh signifikan terhadap keterampilan menulis cerita, dengan koefisien masing-masing sebesar 0,595 dan 0,547. Model regresi yang digunakan terbukti valid dan signifikan (R² = 0,718), yang mengindikasikan bahwa 71,8% variasi keterampilan menulis cerita dapat dijelaskan oleh kedua variabel tersebut. Kesimpulannya, kecerdasan linguistik dan minat baca berpengaruh positif terhadap keterampilan menulis cerita siswa, yang menunjukkan pentingnya pengembangan kedua aspek tersebut dalam proses pembelajaran menulis.

This study aims to analyze the effect of linguistic intelligence and reading interest on the narrative writing skills of fourth-grade students at UPT SPF SDN Cambaya, Makassar City. This quantitative research adopts an ex post facto explanatory design. The research variables include linguistic intelligence (X1), reading interest (X2), and narrative writing skills (Y). Data analysis was conducted using descriptive statistics for normality and homogeneity tests, and inferential statistics with T-test, F-test, and coefficient of determination (R²). The results showed that both linguistic intelligence and reading interest had a significant effect on narrative writing skills, with coefficients of 0.595 and 0.547, respectively. The regression model was found to be valid and significant (R² = 0.718), indicating that 71.8% of the variance in writing skills could be explained by the two variables. In conclusion, linguistic intelligence and reading interest significantly influence narrative writing skills, highlighting the importance of developing both aspects in the writing learning process.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia, R., Permana, R., & Pratiwi, A. S. (2022). KORELASI KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN KETERAMPILAN BERBAHASA DI KELAS TINGGI SD NEGERI 1 KUJANG. Jurnal PGSD, 8(1). https://doi.org/10.32534/jps.v8i1.2938

Dewi Ayu Wisnu Wardani. (2023). Problem Based Learning: Membuka Peluang Kolaborasi Dan Pengembangan Skill Siswa. Jurnal Penelitian Dan Penjaminan Mutu, 4(1).

Dwijayanthi, A. A. A. (2022). Systematic Literature Review: Pengembangan Pembelajaran Berbasis ICT (Information Communication Technology) Sebagai Upaya Realisasi Kemerdekaan Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2).

Fadlillah, M. (2023). Analisis Teori Kecerdasan Majemuk dan Implementasinya dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Attractive: Innovative Education Journal, 5(1).

Feby Inggriyani, N. F. (2017). Literasi Bahasa dalam Menulis Narasi di Sekolah Dasar. Literasi Bahasa Dalam Menulis ….

Musrizal, Walidin, W., & Mahmud, S. (2022). Peran Kecerdasan Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Modern. InDonesian Journal of Islamic Studies, 1.

Rahman, A., Sudiana, N., & Lasmawan, W. (2017). PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF TIPE RALLY COACH BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN PENGENDALIAN KECERDASAN LINGUISTIK PADA SISWA KELAS V GUGUS XIII KECAMATAN BULELENG. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.23887/jpdi.v1i1.2679

Rukayah, Thaba, A., & Mahmut, A. K. (2021). Hubungan Minat Baca dan Penguasaan Kosa Kata terhadap Kemampuan Menulis Eksposisi Siswa Kelas VI SDN 24 Macanang. Jurnal Pendidkan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2).

Setyowati, M. D., & Hinduan, A. A. (2009). Penerapan Kecerdasan Majemuk Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik di SMAN 2 Magelang, Jawa Tengah. Berkala Fisika Indonesia, 1(2).

Suarca, K., Soetjiningsih, S., & Ardjana, IGA. E. (2016). Kecerdasan Majemuk pada Anak. Sari Pediatri, 7(2). https://doi.org/10.14238/sp7.2.2005.85-92

Syarifudin, F. (2022). Pengaruh Minat Baca dan Membaca Pemahaman Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Margaasih Kabupaten Bandung. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(2). https://doi.org/10.23969/wistara.v3i2.3735

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Bahar, M., Asdar, A., & Bakri, M. (2024). Pengaruh Kecerdasan Linguistik Dan Minat Baca Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Siswa Kelas IV UPT SPF SDN Cambaya Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 5(1), 144–147. https://doi.org/10.35965/bje.v5i1.5302

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>