Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah SDN 238 Mallaulu Kabupaten Luwu Timur

Authors

  • Betsi Masseleng Panggalo Program Studi Manajemen Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Hasanuddin Remmang Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Firman Manne Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v2i2.1478

Keywords:

Strategi Kepemimpinan, Administrator, Supervisor

Abstract

Guna mencapai tujuan yang menjadi target dalam meningkatkan mutu pendidikan, di sinilah pentingnya strategi kepemimpinan kepala Sekolah untuk terus mengupayakan perbaikan, pengembangan, dan meningkatkan kualitas kinerja pendidik dalam pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran dan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pendidik. Lokasi penelitian pada SDN 238 MALLAULU Desa Puncak Indah, Kec. Malili, Kab. Luwu Timur, yang dilaksanakan selama 2 bulan dengan menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan Peran dan strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru (pendidik) di SDN 238 Mallaulu memiliki peran yang sangat penting. Karena peran kepala sekolah sangat menentukan dalam meningkatkan kinerja pendidik dalam pembelajaran. Pentingnya peran tersebut terlihat pada fungsi dan tugasnya sebagai pemimpin, sebagai administrator dan supervisor.

To achieve the targeted goals of improving the quality of education, this is where the importance of the principal's leadership strategy is to continue to strive for improvement, development, and improving the quality of educators' performance in learning. The purpose of the study was to determine the role and strategy of the principal in improving the performance of educators. The research location was at SDN 238 Mallaulu Puncak Indah Village, Kec. Malili, Kab. East Luwu, carried out for 2 months using a descriptive qualitative approach. The results showed that the role and strategy of the principal's leadership in improving the performance of teachers (educators) at SDN 238 Mallaulu were a very important. The role of the principal is very decisive in improving the performance of educators in learning. The importance of this role is seen in the functions and duties as a leader, as an administrator, and a supervisor

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian Cet. IV; Jakarta: Rineka Cipta, 1998.

Danim, Sudarwan. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru Cet. I; Bandung: CV. ALFABETA, 2010.

Departemen Pendidikan Nasional RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Djenaan, A.B., Kapita Selekta Administrasi dan Supervisi Pendidikan (Manado: AP FIP, 1989).

Desler, Gary. Manajemen Personalia, Jakarta: Erlangga, 19955.

Getteng, Abd. Rahman. Menuju Guru Profesional dan Ber-etika, Cet. VI; Yogyakarta: Graha Pendidik, 2011.

Hataur, Gunawan. Manajemen, Cet. III; Jakarta: Erlangga, 1996.

Hamidy, Zainuddin, et al., eds I. Terjemahan Hadis Shahih Bukhari. Jakarta: Widjaya, 1992.

James, L. Gibson. Organizations Texas, Business Publication, 1985.

Jhon, W. Santrock. Life Span Development, Texas: Brown & Benchmark, 1977.

Kartono, Kartini. Pemimpin dan Kepemimpinan (Cet. VIII; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1998).

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan (Bandung: Remaja Rosdakrya, 2001), h. 67.

Mulyasa, E. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi (Cet. XII; Remaja Rosda Karya, 2009),

Moleong, J. Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet. ke 29; Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Mappanganro, Pemilikan Kompetensi Guru, Cet. I; Makssar: Alauddi Press Makassar, 2010.

Martinis, Yamin. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP Cet. ke-IV., Jakarta: Gaung Persada Press, 2007.

Maslow, H. Abraham. Motivation and Personality, terj. Nurul Imam, Motivasi dan Kepribadian, “Teori Motivasi dengan Pendekatan Hierarki Kebutuhan Manusia”, Jakarta: PT Midas Surya Grafindo, 1993.

Muhajir, Metode Penelitian Kualitatif (Cet. VIII; Yogyakarta: Rake Sarasin, 1996). Ngalim Purwanto, M. Administrasi dan Supervisi Pendidikan (Cet. XVII, Bandung: 2007).

Salika Yusuf, Wali Kelas Ia SDN 238 MALLAULU, “wawancara”, 29 November 2021

Pasolong, Harbani. Teori Administrasi Publik (Cet. II; Bandung: Alfabeta, 2010). PEGG, Mike. Kepemimpinan Positif. Cet. I; Jakarta: Pustak Binaman Presssindo, 1994.

Pidarta, Made. Supervisi Pendidikan Kontekstual (Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 2009).

Rahmany, Hasan. Kepemimpinan dan Kinerja (Cet. 1., Jakarta: Yapensi, 2006).

Ralph, Stogdill. Handbook of Leadership (New York: The Dree Press A Division of Mac-Millan Publishing, 1984).

Departemen Pendidikan Nasional RI, Undang-Undang Guru dan Dosen (UU RI No. 14 Th. 2005), Jakarta: Sinar Grafika. Cet. III; 2010.

Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Cet. VII; Bandung: ALFABETA, 2010.

Rika Dwi Ayu Parmitasari, Struktur Organisasi dan Kepuasan Kerja Karyawan (Cet.I., Makassar: Alauddin University Press, 2011).

Rusman, Model-Model Pembelajaran “Mengembangkan Profesionalisme Guru”,Jakrta: Rajawali Pers, 2011

Syah,Muhibin. Psikologi Belajar (Edisi Revisi; Jakarta: Rajawali Pers, 2009).

Sagala, Syaiful Administrasi Pendidikan Kontemporer (Cet. V; Bandung: Alfabeta, 2009).

Sahertin, Piet. A. Konsep Dasar Tehnik Supervisi Pendidikan (Cet. I; Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002).

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cet. VI; Bandung: CV. ALVABETA, 2008.

Simnjuntak, Payman. Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bina Aksara, 1994.

Soetopo, Hidayat dalam Wasty Soemanto. Kpemimpinan dan Supervisi Pendidikan (Cet. II; Jakarta: Bina Aksara, 1988).

Timpe, A. Dale. Seri Manajemen Sumber Daya Manusia “Kinerja” Cet. V; Jakarta: PT Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia Anggota IKAPI, 2002.

(Cet. III; 2002).

Wasito, Hermawan. Pengantar metodologi Penelitian, Buku Panduan Maha Peserta Didik (Cet. I; Jakarta: PT. Gramedia Utama, 1997), h, 1o. Lihat juga: Noeng Wexley, N. Knneth dan Gary A. Yukl, Organizational behavior and Personal Psychology, Illionis: Richard D. Irwin, Inc., 1977.

Wahab,Abdul Azis. Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan (Bandung: Alfabeta 2008).

Wahyu, Pedoman Penelitian Pendidikan Bandung: Tarsito, 1996.

Yaumi, Muhammad. dalam D. Stolovith, Harold. The Development and Evolution of Human Performance Improvement, dalam Dempsey, John V. And Reiser, Robert A. Trends and Issues in Instrctional Design and Technology, Second Edition (New Jersey: Pearson Merril Prentice Hall, 2007).

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Panggalo, B. M., Remmang, H. ., & Manne, F. (2022). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah SDN 238 Mallaulu Kabupaten Luwu Timur. Bosowa Journal of Education, 2(2), 98–107. https://doi.org/10.35965/bje.v2i2.1478