Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada TK Negeri Pembina Di Kecamatan Malili

Authors

  • Harjuliani Harjuliani Program Studi Magister Manajemen Pasca Sarjana Universitas Bosowa
  • Haeruddin Saleh Program Studi Magister Manajemen Pasca Sarjana Universitas Bosowa
  • Firman Manne Program Studi Magister Manajemen Pasca Sarjana Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v2i2.1484

Keywords:

Fungsi Perencanaan, Performa Guru, Perencanaan, Organisasi, Kepemimpinan, Pengawasan

Abstract

Upaya dalam menunjang pelaksanaan pendidikan adalah melakukan pengembangan program pendidikan, oleh karena itu untuk menunjang kelancaran program pendidikan maka perlu adanya pengelolaan manajemen pendidikan yang lebih baik. Sebab dengan adanya pengelolaan manajemen pendidikan maka akan berpengaruh secara signifikan terhadap proses belajar mengajar di sekolah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan fungsi-fungsi manajemen terkait dengan fungsi perencanaan, fungsi pengorganisasian, fungsi kepemimpinan dan fungsi pengawasan. Penelitian dilaksanakan selama 2 bulan pada TK Negeri Pembina Kecamatan Malili dengan pendekatan metode Kualitatif Deskriptif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa 1. fungsi perencanaan memiliki peran yang sangat penting. Karena fungsi perencanaan sangat menentukan arah dan tujuan sekolah dalam meningkatkan kinerja pendidik dalam pembelajaran 2. Fungsi pengorganisasian sangat menentukan kinerja guru di TK Negeri Pembina, Kecamatan Malili. Karena pengorganisasian berperan dalam kegiatan pembelajaran khususnya dalam menyusun skema tahapan kegiatan (alur kegiatan pembelajaran). 3. Fungsi kepemimpinan memiliki peran yang sangat penting. Sebab, Guru merupakan pemimpin ketika ia sedang melaksanakan pembelajaran di kelasnya. dan 4. Fungsi pengawasan berperan penting dalam meningkatkan kinerja guru. Sebab, Pengawasan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk mengukur keberhasilan pembelajaran, melalui penilaian proses belajar, penilaian hasil belajar dan program tindak lanjut.

The effort to support the implementation of education is to develop educational programs. Therefore, to support the smooth running of educational programs, it is necessary to have better management of education. The solid implementation of education management will have a significant effect on the teaching and learning process in schools. The purpose of the study is to determine the application of management functions related to planning, organizing, leadership, and supervisory. The research was carried out for two months at the Pembina State Kindergarten in Malili District using a descriptive qualitative approach. The results of the study explained that 1) the planning function had a very important role as it determined the direction and goals of the school in improving the performance of teacher in learning, 2) the organizing function greatly determined teachers’ performance at the Pembina State Kindergarten, Malili District because organizing plays a role in learning activities, especially in compiling a scheme of activity stages (flow of learning activities), 3) the leadership function had a essential role as the teachers is a leader in learning acitivities began in the class, and 4) the supervisory function played an important role in improving teacher performance as supervision is an activity carried out by teachers to measure learning success, through assessment of learning process, assessment of learning outcomes, and follow-up programs.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Cet. XIII; Jakarta: Rineka Cipta.

Baharuddin, B. 2006. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Era Otonomi Pendidikan. El Harakah, 8(1), 19.

Handoko, T. H. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta PT. Raja Grafindo Persada.

Ifni, O. 2017. Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2).

Manizar, E. 2015. Peran guru sebagai motivator dalam belajar. Tadrib, 1(2), 204-222.

Margono. 2003. Metodologi Penelitian. Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta.

Shabir, M. 2015. Kedudukan Guru Sebagai Pendidik (Tugas dan Tanggung Jawab, Hak dan Kkewajiban, dan Kompetensi Guru). AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 221-232.

Shaleh, A. R dan Nisa, Y. F. 2006. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: UIN Jakarta Press.

Subandi, S. 2011. Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode dalam Penelitian Pertunjukan. Harmonia Journal of Arts Research and Education, 11(2), 62082.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Suprihana, S., Halim, A., & Subkhan, M. 2015. Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru SD/MI, UPT TK dan SD Kecamatan Playen Tahun 2014 (Doctoral dissertation, STIE Widya Wiwaha).

Uno, H. B. 2021. Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.

Wahyosumidjo. (2007) Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wahyudi. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Harjuliani, H., Saleh, H., & Manne, F. (2022). Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada TK Negeri Pembina Di Kecamatan Malili. Bosowa Journal of Education, 2(2), 142–151. https://doi.org/10.35965/bje.v2i2.1484