Penerapan Manajemen Mutu Pendidik Terhadap Minat Belajar Siswa Pada SD Negeri 228 Lagarong Kabupaten Luwu Timur

Authors

  • A. Diana Dimiyanti Sekolah Dasar Negeri 228 Lagarong Kabupaten Luwu Timur
  • Thamrin Abduh Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Seri Suriani Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v2i2.1482

Keywords:

Manajemen Mutu, Kualitas Pndidik, Minat Belajar

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan manajemen mutu pendidik pada SD Negeri 228 Lagaroang Kab. Luwu Timur dan adakah hubungan penerapan mutu pendidik terhadap minat belajar siswa SD Negeri 228 Lagaroang Kab. Luwu Timur. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui penerapan manajemen mutu pendidik pada SD Negeri 228 Lagaroang Kab. Luwu Timur dalam mengoptimalkan minat belajar siswa dan untuk mengetahui hubungan penerapan manejemen mutu pendidik terhadap minat belajar siswa pada SD Negeri 228 Lagaroang Kab. Luwu Timur. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di SD Negeri 228 Lagaroang Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen mutu yang dilakukan di SD Negeri 228 Lagaroang sebagai wujud dalam meningkatkan mutu pendidik dalam bidang kualifikasi pendidikan dan kapasitas pendidikan sangat penting sebagai wujud dalam meningkatkan mutu pendidik yang professional.

The formulation of the problem in this study is how to apply quality management of educators at SD Negeri 228 Lagaroang Kab. East Luwu and is there a relationship between the implementation of the quality of educators on students' interest in learning at SD Negeri 228 Lagaroang Kab. East Luwu. This study aims to determine the application of teacher quality management in optimizing student interest in learning and to find out the relationship between the application of teacher quality management towards students' interest in learning at SD Negeri 228 Lagaroang, East Luwu Regency.       This type of research was qualitative research. The research was located in SD Negeri 228 Lagaroang, Malili District, East Luwu Regency. Data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. The results of the study indicated that the quality management carried out at SD Negeri 228 Lagaroang as a form of improving the quality of teachers in the field of educational qualifications and educational capacity. It is essential as a form of improving the quality of professional teachers.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alam, H. V. 2010. Strategi Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Mendukung Program Agropolitan Di Provinsi Gorontalo. Jurnal Inovasi, 7(03).

Anwar, S. 2011. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Baharuddin dan Makin. M. 2010. Manajemen Pendidikan Islam. Malang: UIN-Maliki Press.

Chaplin, J. P. 2006. Kamus Lengkap Psikologi. (Kartono, Trans.) Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dacholfany, M. I. 2016. Peranan pengambilan keputusan dalam rangka menciptakan inovasi di bidang pendidikan. Jurnal Dewantara, 1(01), 16-28.

Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Narutomo, T. 2012. Manajemen Perubahan dalam Paradigma Pengembangan Sumber Daya Manusia Guna Mendukung Keunggulan Kompetitif Organisasi. Jurnal Bina Praja: Journal of Home Affairs Governance, 4(1), 29-34.

Notoatmodjo, S. 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, J. L. 2014. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syah, M. 1999. Psikologi Belajar. Ciputat: PT Logos Wacana Ilmu.

Usman, A. S. 2014. Meningkatan Mutu Pendidikan Melalui Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 15(1), 13-31.

Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. 2020. Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Adi Widya Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 61–68.

Yuniarsih, T., & Suwarno, M. S. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Aplikasi dan Isu Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. 2020. Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa covid 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Dimiyanti, A. D., Abduh, T., & Suriani, S. (2022). Penerapan Manajemen Mutu Pendidik Terhadap Minat Belajar Siswa Pada SD Negeri 228 Lagarong Kabupaten Luwu Timur. Bosowa Journal of Education, 2(2), 128–135. https://doi.org/10.35965/bje.v2i2.1482