Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Kemampuan Berbicara Berbasis Dialog Cerita Anak Sekolah Dasar Negeri Maradekaya 2 Makassar

Authors

  • Hasriyani Hasriyani Sekola Dasar Negeri Maradekaya 2 Makassar
  • Mas'ud Muhammadiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Andi Hamsiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v3i1.1878

Keywords:

Metode Sosiodrama, Kemampuan Berbicara, Dialog Cerita Anak

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode sosiodrama terhadap kemampuan berbicara berbasis dialog cerita anak di UPT SPF SD Negeri Maradekaya 2 pada siswa Kelas IV. Jenis penelitiannya adalah eksperimen dengan bentuk desain pre- exsperimental designs one group pretest-postest Design. Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa-siswa Kelas IV Di UPT SPF SD Negeri Maradekaya 2 Kota Makassar sebanyak 36 siswa dan teknik pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berbicara berpengaruh terhadap dialog cerita anak. Berdasarkan hasil analisis data independent sampel test sig (2. Tailed), diperoleh nilai sebesar 0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikasi 0,05 yang berarti bahwa ada pengaruh kemampuan berbicara maka H0 di tolak dan H1 diterima. simpulannya yaitu terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berbicara berbasis dialog cerita anak Di UPT SPF SD Negeri Maradekaya 2 Kota Makassar pada siswa Kelas IV

This research aimed to determine the effect of the sociodrama method toward speaking ability based on children's story dialogue at UPT SPF SD Negeri Maradekaya 2 in Grade IV. This type of research is experimental with pre-experimental designs one group pretest-posttest design. While the sample of this research was students of Class IV at UPT SPF SD Negeri Maradekaya 2 Makassar. 36 students as the sample of this research, and the sampling technique was purposive sampling. The results showed that speaking ability had an effect on students' story dialogue. Based on the results of the independent sample data analysis of the sig test (2. Tailed), a value of 0.000 was obtained, which is smaller than the 0.05 significance level, which means that there is an influence on speaking ability, so H0 is rejected, and H1 is accepted. The conclusion is that there is a significant effect on speaking skills based on children's story dialogues at UPT SPF SD Negeri Maradekaya 2 Makassar City in Grade IV students

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas Dirjen Pedidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Ahamad 2005 pembelajaran metode sosiodrama https://alhafizh84.wordpress.com/ 2010/01/16/metode-sosiodrama-dan-bermain-peran-role-playing-method/diakses 28 maret 2019).

Ahmadi. 2005. Fakto-faktor yang mempengaruhi interaksi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Ahmadi.2005.Fakto-faktor yang mempengaruhi interaksi belajar mengajar.Bandung:Pustaka Setia.

Amaliyah, N., & Wahab, I. (2019). Edukasi Guru Sd Dalam Penulisan Buku Cerita Berbasis Budaya Bugis Makassar. Monsu’ani Tano: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Luwuk, 2(2), 56-61.

Hamsiah, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Nilai Budaya Sebagai Strategi Pelestarian Budaya. Ecosystem, 19(1), 10-18.

Kellerman, Peter Felix. 2007. Sociodrama And Collective Trauma. Terjemahan oleh Sri Murni. 2011. Jakarta: PT. Grasido

Muhammadiah, Mas’ud, dkk (2022:68). The Students Ethics, Trust and Information Seeking Pattern During Covid-19 Pandemic. The New Educational Review, 67, 68-79

Muhammadiah, Mas’ud, Muliadi, & Hamsiah, A. (2020). A Semiotic Analysis of Political News Featured in Indonesia Newspapers. International Journal of Innovation, Creativity, and Change, 1627-1640.

Muhammadiah, Mas'ud, dkk. 2015. Using Bahasa in Newspaper Headline in Makassar: Journal of Language and Literature, Vol. 6, No. 1, p. 109-111. ISSN: 2078-0303, Baku, Azerbaijan.

Muthoharoh, Hafiz. 1 2010. Metode Sosiodrama dan bermain peran role playingmmethod. (onlie).

Nurbiana, Dhieni, dkk. 2008. Metode pengembangan bahasa. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana

Sanjaya. (2007). Metode pembelajaran. Jakarta : Kencana

Sari, Hesti Ratna. 2013. Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Sosiodrama Siswa Kelas VB SD Negeri Keputran I Yogyakarta. Lambung Mangkurat.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensinda.

Sufanti, Main. 2012. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syafruddin. 2014. Kelebihan dan kekurangan metode sosia drama Interaksi Belajar Mengajar. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Winkel, W. S. 2004. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Hasriyani, H., Muhammadiah, M., & Hamsiah, A. (2022). Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Kemampuan Berbicara Berbasis Dialog Cerita Anak Sekolah Dasar Negeri Maradekaya 2 Makassar. Bosowa Journal of Education, 3(1), 08–12. https://doi.org/10.35965/bje.v3i1.1878

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4