Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Pada Peserta Didik Kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare

Authors

  • Sulaiha Lapi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare
  • Andi Hamsiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Rahmaniah Rahmaniah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3835

Keywords:

Keterampilan membaca Pemahaman, Hasil Belajaar , Model Pembelajaran, CIRC

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Rading And Compotin (CIRC) dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare pemahaman peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare dan  penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Rading And Compotin (CIRC) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare sebanyak 25 orang peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi. tes dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu pendekatan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis, maka diperoleh nilai rata-rata keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V pada siklus I sebesar 71,36, sedangkan pada siklus II diperoleh nilai 85,76. Untuk ketuntasan belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai tuntas sebesar 60% dan tidak tuntas sebesar 40%, sedangakn pada siklus II diperoleh nilai tunttas sebesar 96% dan tidak tuntas 4%., artinya penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

The aims of the study are to find out: (1) the effect of the application of the Cooperative Integrated Rading and Compotin (CIRC) learning model in improving the reading comprehension skills of class V students at UPTD SD Negeri 73 Parepare, (2) to determine whether the application of the Cooperative Integrated Rading and Compotin (CIRC) learning model can improve the reading comprehension skills of class V students at UPTD SD Negeri 73 Parepare. This type of research is Class Action Research (PTK). The number of samples in this research was 25 students in class V UPTD SD Negeri 73 Parepare. The data collection method used is observation. tests and documentation, while the data analysis technique used is a descriptive statistical approach. Based on the results of the analysis, the average score for reading comprehension skills for class V students in cycle I was 71.36, while in cycle II the score was 85.76. For student learning completeness in cycle I, the score was 60% complete and 40% incomplete, while in cycle II the score was 96% complete and 4% incomplete, it means that the application of the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) learning model in learning reading comprehension skills for class V students at UPTD SD Negeri 73 Parepare has a significant impact on improving student learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Tabany, T. I. B. 2017. Mendesain Model Pembelajaran: Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013 (Kurikulkum Tematik Integratif/KTI). Jakarta: Prenadamedia Grup.

Anggia, V., Ariawan, N., Utami, N. T. 2018. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Model CIRC Berbantuan Media Cetak. Jurnal Of Primary Education. Volume 1 Nomor 2.

Boliti, S. 2009. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 1 Lumbi-Lumbia Melalui Metode Latihan Terbimbing. Jurnal Kreatif Tadulako. Volume 2 Nomor 2.

Hopkins, D. 1993. A Teacher’s Guide to Classroom Research (2nd ed.). Buckingham: Open University Press.

Karim, M. F., & Fathoni, A. 2022. Pembelajaran CIRC dalam Menumbuhkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Volume 6 Nomor 4.

Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. 1998. The Action Research Planner (3rd ed.). Victoria: Deakin University Press.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. 2020. Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 4 Nomor 1.

Kholiq, A., & Luthfiyati, D. 2020. Tingkat Membaca Pemahaman Siswa SMA Kabupaten Lamongan. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra. Volume 4 Nomor 1.

Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Kusumawardani, S., Diyanti, R., & Santoso, G. 2020. Peningkatan Kemampuan Memahami Isi Bacaan dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Siswa Kelas VB di SDN Pondok Pinang 10. Seminar Nasional Penelitian. LPPM UMJ. 1(23).

Letasado, M. R., & Muhsam, J. 2020. Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar dan Berinovasi 4C terhadap Percaya Diri dan Kemampuan Membaca Pemahaman. Musamus Journal of Primary Education. Volume 2 Nomor 2.

Madjid, Syahriah, dkk. 2017. Improving Academic Writing Skills through Contextual Teaching Learning for Students of Bosowa University Makassar. Journal of Education, Teaching and Learning, 2 (2): 268-272.

Mardiyanti, L., Maula, L. H., Amalia, A. R., Heryadi, D., & Ramdani, I. 2022. Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Media Big Book Sukuraga di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Volume 6 Nomor 4.

Maspupah, M., Hidayat, A., & Rosiana, L. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading And Composition (CIRC) Dengan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Bojongsoang Pada Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi. Volume 8 Nomor 1.

Maulida, N. 2020. Penerapan Metode Generating Interaction Between Schemata and Text Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. FKIP UNMA.

Mirdad, J. 2020. Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Jurnal Sakinah. Volume 2 Nomor 1.

Musnar Indra Daulay & Nurmnalina. 2021. Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 41 Pekanbaru. Jurnal Onoma. Volume 7 Nomor 1.

Nurhidayah, I., Mulyasari, E., & Robandi, B. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 2 Nomor 4.

Prawitaningrum, A., & Endarini, E. 2019. Efektivitas Model CIRC dan GGE Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika. International Journal of Elementary Education. Volume 3 Nomor 3.

Rahmadhani, P., Surya, Y. F., & Nurhaswinda, N. (2022). Penerapan Metode CIRC untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan. Vol. 6 No. 1.

Rahmi, Y., & Marnola, I. 2020. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (Circ). Jurnal Basicedu. Volume 4 Nomor 3.

Ratumanan, T. G. (2015). Inovasi Pembelajaran: Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik Secara Optimal. Yogyakarta: Ombak.

Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Lapi, S., Hamsiah, A., & Rahmaniah, R. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Pada Peserta Didik Kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare. Bosowa Journal of Education, 4(1), 122–131. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3835

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>