Pengaruh Status Sosial Dan Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Di Kecamatan Rappocini Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v3i1.1883Keywords:
Status Sosial, Ekonomi Orang Tua, Hasil Belajar, IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran status sosial ekonomi orang tua siswa sekolah dasar di Kecamatan Rappocini Kota Makassar, mengetahui gambaran hasil belajar IPS siswa kelas IV sekolah dasar di Kecamatan Rappocini Kota Makassar, dan mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa sekolah dasar di Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 51 siswa. Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel yaitu purposive sampling. Data penelitian yang diperoleh melalui pengisian kuesioner pada sampel penelitian, kemudian ditentukan kriteria dengan menggunakan skala Likert. Hasil penelitian diperoleh bahwa status sosial dan ekonomi orang tua berada pada kategori sangat tinggi. Melalui uji t diketahui bahwa status sosial ekonomi orang tua berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa di Kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Rappocini. Dengan demikian terdapat pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
This study aims to (1) describe the socioeconomic status of parents of elementary school students in Rappocini District, Makassar City, (2) find out the description of social studies learning outcomes for fourth-grade elementary school students in Rappocini District, Makassar City, (3) determine the effect of socioeconomic status parents on social studies learning outcomes for elementary school students in Rappocini District, Makassar City. This research is quantitative correlational research. The subjects in this study were 51 students. The technique used in sampling is purposive sampling. Research data was obtained by filling out questionnaires on the research sample, then determined the criteria using a Likert scale. The results of the study showed that the social and economic status of parents was in the very high category. Through the t-test, it is known that the socioeconomic status of parents has a positive and significant effect on student learning outcomes in Class IV Elementary Schools in Rappocini District. Thus there is an influence of parents' socioeconomic status on social studies learning outcomes for elementary school students in Rappocini District, Makassar City.
Downloads
References
Abdulsyani. 2012. Sosiologi Sistematika, Teori, dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.
Aminuddin. 2013. Sosiologi. Jakarta: Erlangga.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Atya Rizkiana Nurhaini. 2014. Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, motivasi belajar, disiplin belajar terhadap prestasi belajar pada siswa SMK Barunawati Surabaya.
Ernawati, L. (2017). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua dan Hasil Belajar Ekonomi Terhadap Literasi Ekonomi di SMP Negeri 43 Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(2), 230-245.
Giantara, M. S., & Santoso, J. (2014). Pengaruh Budaya, Sub Budaya, Kelas Sosial, Dan Persepsi Kualitas Terhadap Perilaku Keputusan Pembelian Kue Tradisional Oleh Mahasiswa Di Surabaya. Jurnal Hospitality dan manajemen jasa, 2(1), 111-126.
Kusuma, U. P. (2017). Pengaruh Status Orangtua Dan Lingkungan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Depok Sleman. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 14(2).
La Ode Suhufi Ibrahim (2012). Hubungan yang positif antara status ekonomi keluarga dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.
Lilis Nur Chotimah, Hety Mustika Ani dan Joko Widodo. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017). Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial. ISSN 1907-9990 | e-ISSN 2548-7175 | Volume 11 Nomor 1 (2017)
Muri, Yusuf. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian. Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Oualeng, H., & Hamid, S. (2021). Peran Orang Tua Dan Wali Kelas Dalam Pembentukan Afektif Siswa Di Sd Negeri Nusa Harapan Permai Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 1(2), 76-80.
Rahayu, W. P. (2012). Analisis intensitas pendidikan oleh orang tua dalam kegiatan belajar anak, status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 18(1), 65-71.
Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: RinekaCipta.
Sugihartono, dkk. 2015. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Emma Wulandari Wahyuni, Muhammad Yunus, Andi Hamsiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.