Kinerja Pengawas Sekolah Dasar Dalam Pelaksanaan Supervisi Manajerial Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Sidenreng Rappang

Authors

  • Rini Aden Kartika Bachri Magister Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Muhammad Yunus Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Asdar Asdar Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v3i1.1880

Keywords:

Pengawas Sekolah, Supervisi, Pandemi, Covid-19, Manajerial

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui  pelaksanaan supervisi manajerial pengawas sekolah dasar pada masa pandemi COVID-19 di Kabupaten Sidenreng Rappang, kinerja pengawas sekolah dasar pada masa pandemi COVID-19 di Kabupaten Sidenreng Rappang, dan  faktor-faktor yang menghambat efektivitas pengawas sekolah dasar dalam supervisi manajerial pada masa pandemi COVID-19 di Kabupaten Sidenreng Rappang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan supervisi manajerial pengawas sekolah dasar di masa pandemi COVID-19 yaitu: (1) Langkah perencanaan, proses bimbingan dan pelatihan melalui kelompok kerja guru (kkg), pengawas sekolah memantau langsung di sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan, (2) Langkah pelaksanaan, pengawas sekolah mendampingi kepala sekolah dan guru pada pelaksanaan supervisi manajerial dengan cara tatap muka di sekolah, (3) Langkah evaluasi, pengawas sekolah memberikan solusi dari ta yang dihadapi guru, kepala sekolah, dan tenaga kependidikan di masa pandemi COVID-19 mengenai administrasi sekolah. Faktor-faktor yang menghambat efektivitas supervisi manajerial pada masa pandemi COVID-19 di Kabupaten Sidenreng Rappang yaitu, pengawas sekolah belum menguasai pelaksanaan supervisi manajerial secara online begitu juga dengan kepala sekolah dan guru

This research was conducted with the aim of knowing: (1) the implementation of managerial supervision of elementary school supervisors during the COVID-19 pandemic in Sidenreng Rappang Regency, (2) the performance of elementary school supervisors during the COVID-19 pandemic in Sidenreng Rappang Regency, (3) factors -Factors hindering the effectiveness of elementary school supervisors in managerial supervision during the COVID-19 pandemic in Sidenreng Rappang District. This study uses qualitative research with a case study method. The data in this study were collected by interview, observation and documentation techniques. The results obtained from implementing the managerial supervision of elementary school supervisors during the COVID-19 pandemic were: (1) Planning steps, guidance and training process through the teacher working group (kkg), school supervisors directly monitoring at school by implementing health protocols, (2) In the implementation step, the school supervisor accompanies the school principal and teachers in the implementation of face-to-face managerial supervision at school, (3) Evaluation step, the school supervisor provides solutions to the challenges faced by teachers, school principals and education staff during the COVID-19 pandemic regarding school administration. Factors hindering the effectiveness of managerial supervision during the COVID-19 pandemic in Sidenreng Rappang Regency, namely, school supervisors have not mastered the implementation of online managerial supervision as well as school principals and teachers.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto. 2013. Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Gava Media.

Fathurrohman dan Hindama Ruhyani. 2015. Sukses Menjadi Pengawas Sekolah. Yogyakarta: AR Ruzz Media.

Huseno, Tun. 2016. Kinerja Pegawai Tinjauan dari Dimensi Kepemimpinan, Misi Organisasi, Budaya Organisasi, dan Kepuasan Kerja. Malang: Media Nusa Creative.

Imaniah, A. N. A., & Hamid, S. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Di Masa Pandemi Covid 19 Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Lanraki I Kota Makassar. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 3(2), 11-20.

Pianda, Didi. 2018. Kinerja Guru Kompetensi Guru Motivasi Guru Kepemimpinan Kepala Sekolah. Sukabumi: CV Jejak.

Puspita, A., Rezki, R., Hamid, S., & Hamsiah, A. (2021). Teacher Professionalism And Learning Services To Improve Students’ Learning Outcomes In Pai Elementary School. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 24(1), 106-113.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Gafindo Persada.

Selamet, Mochmad. 2014. Pengaruh Kompetensi Supervisi Manajerial dan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan. Vol. 2, No. 1, Hlm. 74.

Sudjana, Nana. 2006. Standar Mutu Pengawas. Jakarta: Depdikdas.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sulhan, N. 2016. Guru yang Berhati Guru. Jakarta: Zikrul Hakim.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Bachri, R. A. K., Yunus, M., & Asdar, A. (2022). Kinerja Pengawas Sekolah Dasar Dalam Pelaksanaan Supervisi Manajerial Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Sidenreng Rappang. Bosowa Journal of Education, 3(1), 17–22. https://doi.org/10.35965/bje.v3i1.1880

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>