Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa SD Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo

Authors

  • Rahyuni Rahyuni Dinas pendidikan kabupaten Wajo
  • Muhammad Yunus Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Sundari Hamid Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v1i2.657

Keywords:

Game Online, Motivasi, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat, dikarenakan perkembangan era globalisasi dan perkembangan teknologi yang semakin canggih dan bisa berdampak pada siswa,membuat orang tua semakin resah atas perkembangan teknologi terutama pada permainan game online. Penulis tertarik untuk meneliti siswa yang kecanduan bermain game online, tujuan peniltian ini untuk mengetahui pengaruh game online terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa SD Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo.Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo yang terdiri dari 39 sekolah. Penentuan sampel menggunakan metode multistage random sampling sehingga diperoleh SDN 101 Tadangpalie, SDN 104 Abbanuangnge, SDN 99 Lampulung, dan SDN 244 Pammana yang menjadi sampel. Data yang diperoleh dengan menggunakan angket yang dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game onlinedapat mempengaruhi motivasi belajar siswa SD Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) berdasarkan nilai rata-rata yaitu 91,21 menunjkkan intensitas siswa kelas V dalam menggunakan game online berada dalam kategori tinggi atau sangat berpengaruh terhadap miotivasi belajar siswaSD Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo, (2) berdasarkan nilai rata-rata 83,44 menunjukkan prestasi belajar siswa berada dalam kategori tinggi atau berpengaruh pada prestasi belajar siswa SD Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo, (3) tidak ada pengaruh positif game online terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa SD Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo.

This research is motivated by the increasingly rapid development of technology, due to the development in the era of globalization and technologicy that are increasingly sophisticated and can have an impact on students, making parents increasingly restless about technological developments, especially in online game play. The author is interested in researching students who are addicted to play online games. The purpose of this study is to determine the effect of online games on learning motivation and student achievement in SD Pammana District, Wajo Regency. The type of research used is ex post facto. The population in this study were all students of SD Pammana District, Wajo Regency, which consisted of 39 schools. The samples were determined using the multistage random sampling method so that SDN 101 Tadangpalie, SDN 104 Abbanuangnge, SDN 99 Lampulung, and SDN 244 Pammana were sampled. The data obtained by using a questionnaire were analyzed using descriptive and inferential statistics. The results showed that online games can affect student motivation in SD Pammana District, Wajo Regency. Based on the results of the study, it can be concluded that (1) based on the average value of 91.21 showing that the intensity of class V students in using online games is in the high category or it highly influences the learning motivation of SD students in Pammana District, Wajo Regency, (2) based on the average value of 83.44 indicating that student achievement is in the high category or it has an effect on student achievement of SD Pammana District, Wajo Regency, (3) there is no positive effect of online games on learning motivation and student achievement of SD Pammana District, Wajo District.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adams, E. & Rollings, A. 2007. Fundamentals of Game Design. Prentice Hall. http://www.designersnotebook.com/Books/Fundamentals_of_Game _Design/fundamentals_ch21.pdf

Ali Fauzi, Rafsadie, dan Nursahid, dkk 2019. Melawan Hasutan Kebencian. Jakarta. Mafindo

Alif. 2010. Respons Masyarakat Terhadap Iklan Televisi Teh Botol Sosro. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Azies, RN. 2011. Hubungan Kecanduan Bermain Game Online dengan Self Esteem Remaja Gamers di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. http://lib.uin-malang.ac.id/thesis Diakses pada tanggal 17 Maret 2020.

Dipalaya, T. (2020). Field Experience Practices Based Lesson Study (Ls) To Improve Students Communication Skills And Collaboration. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 2(1), 48–62.

Hurlock B, Elizabeth, 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga

Jainuddin, J. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Latihan Menyelesaikan Soal Secara Sistematis Pada Siswa Kelas XI. IPA1 Sma Negeri 2 Sungguminasa. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 1(3), 44-52.

Jainuddin, J., & Sirajuddin, S. (2020). Pengaruh Minat dan Kedisiplinan Siswa dengan Gaya Kognitif Field Indefendent terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Farmasi Yamasi Makassar. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2).

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Revandhika. 2012. Sejarah dan Perkembangan Game Online. Tersedia: http://revendhika95.wordpress.com (Online, 24 April 2020).

Wibowo, 2015. Hubungan Permainan Game Online Dengan Penurunan Motivasi Belajar Pada Siswa Di SDN 1 Sumber Gede. Lampung Timur: http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/28842947cd65ea26bf68db682fd910b2 (Online, 22 April 2020)

Downloads

Published

2021-06-09

How to Cite

Rahyuni, R., Yunus, M., & Hamid, S. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa SD Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Bosowa Journal of Education, 1(2), 65–70. https://doi.org/10.35965/bje.v1i2.657

Most read articles by the same author(s)