Pengaruh Metode Storytelling Berbantuan LCD Proyektor Terhadap Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Peserta Didik SDN 64 Malaka Kabupaten Maros

Authors

  • Hastuti Hastuti Magister Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Muhammad Yunus Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Asdar Asdar Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v1i2.660

Keywords:

Keterampilan Menyimak, Keterampilan Berbicara, Metode Storytelling, LCD Proyektor

Abstract

Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui: (1) pengaruh penerapan metode story telling berbantuan LCD proyektor terhadap keterampilan menyimak peserta didik SDN 64 Malaka Kabupaten Maros, (2) pengaruh penerapan metode story telling berbantuan LCD proyektor terhadap keterampilan berbicara peserta didik SDN 64 Malaka Maros, dan (3) pengaruh penerapan metode storytelling berbantuan LCD proyektor terhadap keterampilan menyimak, dan keterampilan berbicara secara terpadu peserta didik SDN 64 Malaka Kabupaten Maros. Subjek penelitian ini, adalah peserta didik kelas V SDN 64 Malaka semester I tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah peserta didik 19 orang yang terdiri atas 11 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,  metode story telling berbantuan proyektor dapat berpengaruh terhadap keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, dan keterampilan menyimak dan berbicara secara terpadu. Hal ini dibuktikan,  dengan adanya nilai pos test pada peserta didik, nilai ketuntasan belajar nilai postest keterampilan menyimak 72,11% yang sebelumnya pada pelaksanaan pretest (tes awal) hanya sebesar 66,63%, nilai ketuntasan belajar nilai postest keterampilan berbicara 73,53% yang sebelumnya pada pelaksanaan pretest (tes awal) hanya sebesar 64,11%, nilai ketuntasan belajar nilai postest keterampilan menyimak dan berbicara secara terpadu 75,95% yang sebelumnya pada pelaksanaan pretest (tes awal) hanya sebesar 68,42%. Dengan demikian, metode story telling berbantuan LCD proyektor dapat berpengaruh terhadap nilai keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, dan keterampilan menyimak, dan keterampilan berbicara secara terpadu.

This study aims to determine:(1) the effect of the implementation of storytelling method assisted with LCD projectors on the listening skill of students in SDN 64 Malacca, Maros Regency, (2) the effect of the implementation of storytelling method assisted with LCD projectors on the speaking skill of students in SDN 64 Malacca, Maros Regency, and ( 3) the effect of the implementation of storytelling method assisted with LCD projectors on listening and speaking skills of students simultanously in SDN 64 Malaka, Maros Regency. The subjects of this studying were students in grade V SDN 64 Malacca in the first semester of 2020/2021 school year with 19 students consisting of 11 boys, and 8 girls. The results showed that the projector-assisted storytelling method can affect listening skill, speaking skill, and listening and speaking skills in an integrated manner. This is evidenced by the presence of post-test scores of students. Post-test score for listening skill was 72.11% while previously in the pre-test it was only 66.63%. Post-test score for speaking skill was 73.53% while previously in the pre-test it was only 64.11%. The posttest value of listening and speaking skills in an integrated manner was 75.95% while previously in the pretest it was only 68.42%. Thus, the LCD projector-assisted story telling method can affect the scores of listening skill, speaking skill, listening and speaking skills in an integrated manner.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina,susanti. 2008. Meendongeng sebagai Energi Bagi Anak. Jakarta: Rumah Ilmu Indonesia.

Arianto. 2018. Model Pembeelajaran Terpadu untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak dan Berbicara. Kendari.

Azies &Alwa silah. 2000. Pengajaran Bahasa Koomunikatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Dipalaya, T. (2020). Field Experience Practices Based Lesson Study (Ls) To Improve Students Communication Skills And Collaboration. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 2(1), 48–62.

Jainuddin, J. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Latihan Menyelesaikan Soal Secara Sistematis Pada Siswa Kelas XI. IPA1 SMA Negeri 2 Sungguminasa. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 1(3), 44-52.

Jainuddin, J., & Sirajuddin, S. (2020). Pengaruh Minat dan Kedisiplinan Siswa dengan Gaya Kognitif Field Indefendent terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Farmasi Yamasi Makassar. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2).

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putri, Delia & Elvina. 2019. Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar Melalui Metode Game’s. Penerbit Qiara Media.

Rahayu, Aprianti Yofita. 2013. Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: PT Indeks.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2021-06-09

How to Cite

Hastuti, H., Yunus, M., & Asdar, A. (2021). Pengaruh Metode Storytelling Berbantuan LCD Proyektor Terhadap Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Peserta Didik SDN 64 Malaka Kabupaten Maros. Bosowa Journal of Education, 1(2), 51–57. https://doi.org/10.35965/bje.v1i2.660

Most read articles by the same author(s)