Pengaruh Desain Kelas Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SD Di UPT SPF SD Inpres Lae-Lae 2 Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v3i1.1881Keywords:
Desain Kelas, Motivasi, Hasil Belajar, Lae-LaeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh desain kelas terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SD di UPT SPF SD Inpres Lae-Lae 2. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest with nonequivalent groups. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas IV di UPT SPF SD Inpres Lae-Lae 2 Makassar sebanyak 40 orang yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas experimen sebanyak 20 orang dan kelas kontrol sebanyak 20 orang. Berdasarkan hasil Uji t penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh desain kelas terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di UPT SPF SD Inpres Lae-Lae 2. Hal ini bisa saja disebabkan karena siswa sudah terbiasa dengan desain kelas sebelum dilakukan pengujian sehingga desain kelas yang dilakukan tidak memberikan dampak yang signifikant dalam pemberian motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil uji paired sample test diperoleh Nilai signifikansi (2-tailed) dari hasil penelitian untuk kelas eksperimen ini adalah 0.000 (p < 0.05). Sehingga hasil test awal dan test akhir mengalami perubahan yang signifikan. Berdasarkan statistik deskriptif tes awal dan tes akhir terbukti test akhir lebih tinggi. Dapat disimpulkan bahwa desain kelas dapat meningkatkan hasil belajar untuk kelas eksperimen.
This study aims to determine the effect of classroom design on students’ motivation and learning outcomes at UPT SPF SD Inpres Lae-Lae 2. This research is a descriptive analysis using a quantitative approach, an experimental method with a pretest-posttest research design with nonequivalent groups. The sample in this study was Class IV at UPT SPF SD Inpres Lae-Lae 2 Makassar. The total sample is 40 students divided into 2 classes, namely the experimental class consisting of 20 students and the control class consisting of 20 students. Based on the results of the t-test of this study showed that there was no effect of class design on students' motivation and learning outcomes at UPT SPF SD Inpres Lae-Lae 2. This could be due to the fact that students are already familiar with the class design before testing, so the class design that is carried out has little impact on providing learning motivation and student learning outcomes. Based on the results of the paired sample test, the significance value (2-tailed) of the research results for this experimental class was 0.000 (p < 0.05). So the results of the initial and final tests experienced a significant change. Based on descriptive statistics, the pre-and post-tests proved to be higher in the final test. It can be concluded that the class design can improve learning outcomes for the experimental class
Downloads
References
A.M, Sardiman. (2012). Interaksi Dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Penerbit Rajawali Pers.
Amelia, Clara. Arwin Ahmad. Dkk. (2017). Efektivitas Formasi Tempat Duduk Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII. Bandar Lampung: Penerbit Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lampung.
Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta
Hamalik, Oemar, 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Safaruddin, Ainul Mardiyah. Dkk. (2020). “Pengaruh Penataan Posisi Tempat Duduk Terhadap Ketahanan Duduk Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran” dalam EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Volume 12 (Hal 125-130). Padang: Penerbit Universitas Negeri Padang.
Sari, N. L., Yunus, M., & Hamid, S. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Damdas Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Tematik Melalui Metode Course Review Horay Di Kecamatan Tallo Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 2(1), 82-87.
Syamsuddin, A. ., Babo, R. ., Sulfasyah, Bakri, H. ., & Jainuddin. (2022). An investigation of students’ mathematical concept understanding and motivation through the implementation of aptitude treatment interaction learning model. Kasetsart Journal of Social Sciences, 43(4), 891–902.
SD Latihan YBBSU Balikpapan. (2020). “Model Tempat Duduk Kelas Kreatif Agar Kegiatan Belajar Mengajar Tidak Membosankan”, https://sdlybbsu.sch.id/model-tempat-duduk-meja-kursi-kelas-kreatif-agar-kegiatan-belajar-mengajar-tidak-membosankan/, diakses pada 08 Juli 2021 Pukul 06.13
Setiadi, Bayu Rahmat Dan Sulaeman Deni Ramdani. (2016). “Perbedaan Pengaturan Tempat Duduk Siswa Pada Pembelajaran Saintifik Di SMK”. Dalam Vanos: Journal Of Mechanical Engineering Education Volume 1 No.1 (Hal 28-41). Banten: Penerbit Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Agung Tirtayasa
Sudjana, Nana. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Penerbit PT Ramaja Rosda Karya.
Sudjana, Nana. 1990. Teori-teori Belajar Untuk Pengajaran. Bandung: Fakultas Ekonomi UI.
Winkel, W.S. (2014). Psikologi Pengajaran. Jakarta:Grasindo
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Juminah Juminah, Mas'ud Muhammadiah, Sundari Hamid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.