Pengaruh Media Scrapbook Terhadap Keterampilan Menulis Dan Berbicara Peserta Didik Kelas IV UPT SPF SD Inpres Pannampu 2 Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v3i1.1886Keywords:
Media, Scrapbook, Menulis, BerbicaraAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh media scrapbook terhadap keterampilan menulis peserta didik kelas IV UPT SPF SD Inpres Pannampu 2 Kota Makassar dan pengaruh media scrapbook terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas IV UPT SPF SD Inpres Pannampu 2 Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan dengan metode penelitian eksperimen semu, bentuk desain yang digunakan adalah non-equivalent control group. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV UPT SPF SD Inpres Pannampu 2 yang berjumlah 42 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh media scrapbook terhadap keterampilan menulis peserta didik dimana nilai mean kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai mean kelas kontrol pada hasil posttest, kemudian hasil penelitian juga menunjukkan adanya pengaruh media scrapbook terhadap keterampilan berbicara peserta didik dimana nilai mean kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai mean kelas kontrol pada hasil posttest.
This research was conducted to know: (1) the effect of scrapbook media on the writing skills of fourth-grade students of UPT SPF SD Inpres Pannampu 2 Makassar City, (2) the effect of scrapbook media on the speaking skills of fourth-grade students of UPT SPF SD Inpres Pannampu 2 City Macassar. This study uses quantitative research with quasi-experimental research methods, and the design form used is a non-equivalent control group. The subjects of this study were students of class IV UPT SPF SD Inpres Pannampu 2, totaling 42 students. The results showed an effect of scrapbook media on students' writing skills, where the mean value of the experimental group was higher than the mean value of the control class on the post-test results. The results of the study also showed that there was an effect of scrapbook media on students' speaking skills where the mean value of the experimental class was higher compared with the mean value of the control class on the post-test results
Downloads
References
Arsyad, Ashar. 2020. Media Pembelajaran. Depok: PT Grafindo Persada.
Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Depok: Fajar Interpratama Mandiri.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran (Perannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran). Yogyakarta: Gava Media.
Farid, Ahmadi. Et al. 2017. Pengembangan Media Edukasi “Multimedia Indonesian Culture” (MIC) Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Universitas Negeri Semarang. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP/article/view/12368. Diakses pada tanggal 21 Agustus 2021.
Hamdani, M.A. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Kertamuda, F. 2008. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Psikologi, 21 (1), 25-38.
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama.
Sumarni, S., Asdar, A., & Hamid, S. (2020). Efektivitas Penerapan Teknik Clustering Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Bebas Siswa Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 1(1), 5-8.
Tarigan. Henry. Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Tarigan. Henry. Guntur. 2021. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Utaminingsih, et al. 2019. Pengembangan Media Scrap Book Tema 4 Berbagai Pekerjaan Sub tema 3 Pekerjaan Orang Tuaku. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Jurnal. Semarang: PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/viewFile/17378/10449. Diakses pada tanggal 18 Januari 2022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Andi Ferawati, Muhammad Yunus, Asdar Asdar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.