Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di UPTD SDN 158 Barru

Authors

  • Astini Astini Sekolah Dasar Negeri 162 Barru
  • Muhammad Yunus Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Sundari Hamid Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v3i2.2631

Keywords:

Bahan Ajar Tematik, Kearifan Lokal, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V UPTD SDN 158 Barru. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Teknik analisis data menggunakan dua pendekatan, yakni analisis deskriptif dan analisis perbandingan (uji-t). Analisis deskrisptif dilakukan dengan mendeskripsikan semua pendapat, saran dan tanggapan validator. Analisis uji-t menggunakan Posttest-Only Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di UPTD SDN 158 Barru

This study aims to determine the feasibility of local wisdom-based thematic teaching materials to improve student learning outcomes of Class V UPTD SDN 158 Barru. This study uses the Research and Development (R&D) method using the 4-D development model. The data analysis technique used in this research is descriptive analysis and t-test analysis. Descriptive analysis was carried out by describing all opinions, suggestions and responses of the validator. T-test analysis using Posttest-Only Control Group Design. The results showed that the thematic teaching materials based on local wisdom could be used to improve the learning outcomes of fifth-grade students at UPTD SDN 158 Barru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, S dan Ahmadi, K.I. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gulo. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.

Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Khusna, Naela. 2018. Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Volume 1 nomor 1.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nadlir. 2014. Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Volume 2 nomor 2 November 2014.

Pannen, Paulina, dkk. 2001. Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Piaget, Jean. 2002. Tingkat Perkembangan Kognitif. Jakarta: Gramedia.

Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.

Thiagarajan, Sivasailam, et al. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washington. DC: National Center for Improvement Educational System.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Astini, A., Yunus, M., & Hamid, S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di UPTD SDN 158 Barru. Bosowa Journal of Education, 3(2), 106–110. https://doi.org/10.35965/bje.v3i2.2631

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>