Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di UPTD SDN 158 Barru
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v3i2.2631Keywords:
Bahan Ajar Tematik, Kearifan Lokal, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V UPTD SDN 158 Barru. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Teknik analisis data menggunakan dua pendekatan, yakni analisis deskriptif dan analisis perbandingan (uji-t). Analisis deskrisptif dilakukan dengan mendeskripsikan semua pendapat, saran dan tanggapan validator. Analisis uji-t menggunakan Posttest-Only Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di UPTD SDN 158 Barru
This study aims to determine the feasibility of local wisdom-based thematic teaching materials to improve student learning outcomes of Class V UPTD SDN 158 Barru. This study uses the Research and Development (R&D) method using the 4-D development model. The data analysis technique used in this research is descriptive analysis and t-test analysis. Descriptive analysis was carried out by describing all opinions, suggestions and responses of the validator. T-test analysis using Posttest-Only Control Group Design. The results showed that the thematic teaching materials based on local wisdom could be used to improve the learning outcomes of fifth-grade students at UPTD SDN 158 Barru.
Downloads
References
Amri, S dan Ahmadi, K.I. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.
Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gulo. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.
Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Khusna, Naela. 2018. Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Volume 1 nomor 1.
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nadlir. 2014. Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Volume 2 nomor 2 November 2014.
Pannen, Paulina, dkk. 2001. Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Piaget, Jean. 2002. Tingkat Perkembangan Kognitif. Jakarta: Gramedia.
Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.
Thiagarajan, Sivasailam, et al. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washington. DC: National Center for Improvement Educational System.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Astini Astini, Muhammad Yunus, Sundari Hamid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.