Pembelajaran Daring Berbasis Bichronous Pada SD Swasta Di Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v3i2.2633Keywords:
Pembelajaran Daring, Bichronous Online Learning, Model Evaluasi CIPPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran daring berbasis bichronous pada SD Swasta di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, and Product) untuk mengevaluasi pembelajaran daring berbasis bichronous yang telah berlangsung. Data di dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Analisis deskriptif tersebut meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memberikan beberapa rekomendasi terkait pelaksanaan pembelajaran daring, yang dapat digunakan oleh SD Pundarika dan SD Zion GKKA-UP Makassar untuk pertumbuhan di dunia pendidikan
This study aims to evaluate the implementation of bichronous-based online learning at private elementary schools in Makassar City. This study uses the CIPP (Context, Input, Process, and Product) model to evaluate bichronous-based online learning. The data in this study was collected through interviews, questionnaires, and documentation. The data analysis technique used in this study is descriptive analysis. The descriptive analysis includes data reduction, data presentation, and conclusion. The survey results provide several recommendations related to the implementation of online learning, which can be used by SD Pundarika and SD Zion GKKA-UP Makassar for their educational growth
Downloads
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Damaledo, Y. D. (2021, March 2). 2 Maret 2020 Kasus Corona Pertama di Indonesia Diumumkan Tahun Lalu. Retrieved from Tirto.id: https://tirto.id/2-maret-2020-kasus-corona-pertama-di-indonesia-diumumkan-tahun-lalu-gaKw
Kemdikbud. (2022, December 31). SE Mendikbud: Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covid-19 (17 Maret 2020). Retrieved from Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19
Kemdikbud. (2023, January 2). Kemendikbud Terbitkan Kurikulum Darurat pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus (7 Agustus 2020). Retrieved from Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus
Kemdikbud. (2023, January 3). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Retrieved from Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah (29 Mei 2020): https://www.kemdikbud.go.id/
main/index.php/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah
Miles, M., Huberman, A., & Saldana, J. (1992). Qualitalive Data Analysis: A Sourcebook of New Method. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).
Stufflebeam, D. L. (1971). Evaluation as enlightment for decisión making. Columbus, Ohio: Ohio State University.
Stufflebeam, D.L., Coryn, Chris L. S. (2014). Evaluation: Theory, Models, & Application (Second Edition). San Fransisco: Jossey-Bass.
Tim Dapodikbud. (2023, January 2). (40307188) SD Pundarika. Retrieved from Sekolah Kita: https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/40D0EFC4-0D26-E111-82E2-E5A3F473E5CB
Tim Dapodikbud. (2023, January 2). (40310184) SD Zion GKKA-UP Makassar. Retrieved from Sekolah Kita: https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/Chome/profil/A02F22C5-0D26-E111-9F0F-130E752CCFF6
Tucker, C. (2020, December 20). The Why, How, and What of Blended Learning. Retrieved from Dr. Caitlin Tucker: https://catlintucker.com/2020/12/why-how-and-what-of-blended-learning.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anastasia Yohana Sundah, Muhammad Yunus, Asdar Asdar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.