Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Literasi Minat Membaca Dan Menulis Siswa SDN 2 Kota Makassar

Authors

  • Maharani Rauf Sekolah Dasar Negeri Maradekaya 2 Makassar
  • Andi Hamsiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Mas'ud Muhammadiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v3i2.2635

Keywords:

Gadget, Literasi Minat Membaca, Literasi Minat Menulis, Analisis Regresi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penggunaan gadget terhadap minat membaca siswa dan pengaruh penggunaan gadget terhadap minat menulis siswa. Penelitian ini dilakukan dengan studi kasus pada Siswa SDN Maradekaya 2 Kota Makassar dengan metode observasi dan pembagian kuisioner berupa pertanyaan kepada subjek penelitian (Siswa kelas IV SDN Maradekaya 2. Hasil peneltian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan gadget secara signifikan terhadap minat membaca dan pengaruh penggunaan gadget juga secara signifikan terhadap minat menulis. Hal tersebut diperkuat dengan hasil kuisioner/angket yang diolah dengan metode regresi linier. Melalui analisis regresi linier diperoleh nilai sig < 0.05 (alpha) untuk pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan literasi membaca dan menulis siswa SDN Maradekaya 2 Kota Makassar

This study aims to determine the effect of using gadgets on students' reading literacy skills and the impact of using gadgets on students' writing literacy skills. This research was conducted using a case study on students of SDN Maradekaya 2 Makassar City using the observation method and distributing questionnaires in the form of questions to the research subjects (grade IV students at SDN Maradekaya 2). Also significantly on writing literacy skills. This was reinforced by the results of questionnaires/anke, which were processed using the linear regression method. A sig value <0.05 (alpha) was obtained through linear regression analysis for the effect of using gadgets on the literacy skills of reading and writing students of SDN Maradekaya 2 Makassar City

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayat, Arif Rifan; Junianto, Erfian. (2020). Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Siswa SMK Yayasan Islam Tasikmalaya dengan Metode TAM. Jurnal Informatika, 4.

Isnawati. (2014). Aspek-aspek dan Faktor-faktor yang Dapat Meningkatkan Peserta Didik dalam Menulis. Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kakiet, Dwi Fitrah Insana. (2018). Gadget dan Budaya Literasi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Khairunnisa. (2021). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Baca Siswa MAN Model Medan. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Khasanah, Rofiqul. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi Membaca Siswa Kelas IV B SD Negeri Ngoto Sewon Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Kurniawati, Dian. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Prestasi Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Lestari, Indah. (2019). Pengaruh Gadget pada Interaksi Sosial dala Keluarga. Prosiding KS: Riset & PKM, 2.

Lestari, M. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 84-90.

Nizar Rabbi Radliya dkk. (2017). Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Vol. 1, No.1.

Rahim, Farida. (2011). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rohmah, Umi. (2018). Gadget dan Perkembangan anak Usia Dini. Bogor: Al Hikmah Proceedingson Islamic Early Childhood Education I.

Rostiyanti, Hastri. (2018). Penggunaan Gadget Sebagai Sumber Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Kuliah Matematika Dasar. Fibonacci, 26.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.

Suyono. (2018). Analisis Regresi untuk Penelitian. Yogyakarta: deepublish.

Syafrrofatuddini. (2020). Pengaruh Gadget dan Baca Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di SD Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Dukhuwaru Kabupaten Tegal. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Syah, M. (2017). Psikologi Belajar. Depok: Rajawali Pers.

Tarigan, Henry Guntur. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yuhani, Elsa. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Baca Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Kota Jambi. Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Rauf, M., Hamsiah, A. ., & Muhammadiah, M. (2023). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Literasi Minat Membaca Dan Menulis Siswa SDN 2 Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 3(2), 118–121. https://doi.org/10.35965/bje.v3i2.2635

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4