Implementasi Metode Debat Bahasa Kei Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa SD Naskat Maluku Tenggara

Authors

  • Kristiang Rumangun Sekolah Dasar Naskat Maluku Tenggara
  • Mas'ud Muhammadiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Andi Hamsiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3843

Keywords:

Metode Debat, Bahasa Kei, Motivasi , Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode debat dalam bahasa Kei terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa. Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Naskat Mathias 3 Langgur B Kecamatan  Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara Semester  Genap Tahun Pelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas V. Teknik pengambilan sampel dalam penelitan ini menggunakan teknik simple random sampling.  Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 31 siswa, kemudian siswa dibagi menjadi dua kelas. Pada kelas eksperimen adalah yang berjumlah 15 siswa dan kelas kontrol berjumlah 16 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, angket, tes belajar, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif hasil belajar bahasa Kei kelas V SD Naskat Mathias 3 Langgur B Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara pada kelompok eksperimen dengan menggunakan metode debat lebih baik dari pada kelompok kontrol tanpa menggunakan metode debat. Hasil penelitian secara inferensial, yaitu: 1) Ada pengaruh metode debat dalam bahasa kei terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Naskat Mathias 3 Langgur B Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara, 2) ada pengaruh metode debat dalam bahasa Kei terhadap prestasi siswa kelas V SD Naskat Matias 3 Langgur B Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara.

This study aims to determine the effect of debate method in Kei language on students' motivation and learning achievement. The design used was posttest only control group design. This research was conducted in the fifth grade of SD Naskat Mathias 3 Langgur B, Kei Kecil District, Southeast Maluku Regency, even semester of the 2022/2023 academic year. The population in this study were all students in class V. The sampling technique in this research used simple random sampling technique.  The sample in this study were all fifth grade students with a total of 31 students, then the students were divided into two classes. The experimental class was 15 students and the control class was 16 students. The research instruments used were observation sheets, questionnaires, learning tests, interviews and documentation. This research uses quantitative research with experimental type. Data analysis techniques using descriptive statistics and inferential statistics. The results of the study descriptively learned Kei language learning results grade V SD Naskat Mathias 3 Langgur B, Kei Kecil District, Southeast Maluku Regency in the experimental group using the debate method was better than the control group without using the debate method. Inferential research results include: 1) There is an influence of the debate method in Kei language on the learning motivation of fifth grade students of SD Naskat Mathias 3 Langgur B Kei Kecil District, Southeast Maluku Regency, 2) there is an influence of the debate method in Kei language on the achievement of fifth grade students of SD Naskat Mathias 3 Langgur B Kei Kecil District, Southeast Maluku Regency.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi., dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asih, Mutia Retna. Perbedaan Metode Pembelajaran Debat Aktif Dan Metode Pembelajaran Stratagem Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas Viii Di Smp Negeri 2 Bungkal. Diss. Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2018.

Darmawati, Joenita. "Pengaruh motivasi belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA negeri di kota Tuban." Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan 1.1 (2013): 79-90.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (DPK). 2007. Profile Wisata Kabupaten Maluku Tenggara, Tual: Maluku Tenggara

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwi Nugroho. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas V. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.

Hamruni. 2009. Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Hamzah, Uno. (2006). Teori Motivasi dan Pengukuran.Jakarta: Bumi Aksara.

Hisyam Zaini, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani, 2007. Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: CTSD.

Kristanto, Vigih Hery. "Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penerapan Lesson Plan Berbasis Multiple Intelligence." Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 8.1 (2017): 25-34.

Muhammadiah, Mas’ud. Muliadi, Hamsiah, A., & Fitriani, F. (2022). The Students’ Ethics, Trust and Information Seeking Pattern During COVID-19 Pandemic. The New Educational Review, 67, 68-79.

Muhammadiah, dkk. 2022. Model Pembelajaran (Konsep dan Penerapannya) Jilid I. Bogor: Azkiyah Publising

Muhibbin Syah. (2002). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Nasution, S. (1987). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara

Poerwanto, Ngalim. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.

Renjaan, Meiksyana Raynold. Leksikon bahasa kei dalam lingkungan kelautan: Kajian ekolinguistik. 2014. PhD Thesis. Udayana University.

Rosdikarya. Suprihatin Saputro. (2000). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Rizcha Verdiana. (2016). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Atas SD Negeri 01 Suruh Tahun Ajaran 2015/2016.

Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafin-do Persada

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Saripudin. (1989). Konsep dan Masalah Pengajaran Ilmu Sosial di Sekolah Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Setyaningsih, Sri, Rusijono Rusijono, and Ari Wahyudi. "Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia." Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan 20.2 (2020).

Silberman, L, Melvin. 1996. Aktive Learning. Bandung: Nuansa.

Silberman, L, Melvin.2009.Active Learning. Bandung: Nusamedia.

Sinambela, dkk. 2022. Teori Belajar dan Aliran-aliran Pendidiakan. Banten: Sada Kurnia Pustaka

Sudjana. (2005) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja

Sunadi, Lukman. "Pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya." Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) 1.3 (2013).

Surjadi, A. 1989. Membuat Siswa Aktif Belajar. Bandung: Mandar Maju.

Team Yayasan Haster.1994. Himpunan materi-materi penting Bahasa Indonesia. Bandung: CV PIONIR JAYA.

Wahyuni, Ia Ketut Sri, Nyoman Dantes, And AAI Ngurah Marhaeni. "Pengaruh Implementasi Metode Debat Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Ditinjau Dari Minat Belajar Kelas Xi Ipa Sma Negeri 2 Amlapura." Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia 4.1 (2013).

Winkel WS. (1997). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Yuniastuti, Euis. "Peningkatan keterampilan proses, motivasi, dan hasil belajar biologi dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas VII SMP Kartika V-1 Balikpapan." Jurnal penelitian pendidikan 13.1 (2013).

Yuwanto, Listyo. 2019. Metode Penelitian Eksperimen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Rumangun, K., Muhammadiah, M., & Hamsiah, A. (2023). Implementasi Metode Debat Bahasa Kei Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa SD Naskat Maluku Tenggara. Bosowa Journal of Education, 4(1), 85–91. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3843

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4