Model Audiotory, Intellectually, and Repetition Berbasis Audio Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Lembang Pitung Penanian Kabupaten Toraja Utara
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v4i2.4524Keywords:
AIR Model, Audio Visual Media, Learning Motivation, Learning OutcomesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran AIR berbantuan media audio visual terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik serta mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran AIR berbantuan media audio dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa Lembang Pitung Penanian Kabupaten Toraja Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif desain eksperimen rancangan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 1 Rantebua dan SDN 9 Rantebua yang berjumlah 36 orang. Berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada siswa dan tes hasil belajar siswa yang diperoleh, membuktikan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, ini disebabkan oleh kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran AIR berbantuan media audio visual. Uji manova pada pengujian hipotesis menunjukkan output uji hipotesis pada sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran AIR berbantuan media audio visual terhadap motivasi dan hasil belajar siswa Lembang Pitung Penanian Kabupaten Toraja Utara. Penelitian ini diharapkan agar model AIR dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
This research aims to determine the effect of implementing the AIR learning model assisted by audio-visual media on student motivation and learning outcomes in thematic learning and to determine the influence of implementing the AIR learning model assisted by audio media and learning motivation together on student learning outcomes in Lembang Pitung Penanian North Toraja Regency. The type of research used in this research is quantitative experimental design, nonequivalent control group design. The data collection techniques used are tests, questionnaires, observation and documentation. The sample used in this research was 36 class III students at SDN 1 Rantebua and SDN 9 Rantebua. Based on the results of questionnaires given to students and tests on student learning outcomes obtained, it is proven that the motivation and learning outcomes of students in the experimental class are higher than those in the control class, this is because the experimental class was given treatment using the AIR learning model assisted by audio-visual media. The Manova test on hypothesis testing shows that the hypothesis test output has a sig (2-tailed) of 0.000 < 0.05, so it can be concluded that there is an influence of the AIR learning model assisted by audio visual media on the motivation and learning outcomes of Lembang Pitung Penanian students, North Toraja Regency. This research hopes that the AIR model can be used as an alternative learning model in schools to increase student motivation and learning outcomes.
Downloads
References
Agustiana, Elma. 2018. Pengaruh Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan Pendekatan Lesson Study terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Matematika 1(1): 1-6.
Amelia, Nurul Chandra. 2021. Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran POE Berbantuan Game Edukasi Berbasis Aplikasi Educandy di SMPN 25 Pekanbaru. Journal for Physics Education and Applied Physics 3(2).
Astuti, Wiwik Wiji. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Model Audiotory Intellectually Repetition (AIR) dan model Think Talk Write (TTW). Jurnal Pendidikan Biologi 4(1).
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dewi, Ni Ketut Ayu Kartika dan Rati, Ni Wayan. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran (AIR) Berorientasi Tri Pramana Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha 8(1): 100-110. Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Elisa L., Hadiyanto, & Fitria, Y. 2019. Application of Learning Model Auditory, Intellectually, Repetition (Air) to Increase Student Activity and Learning Outcomes in 2013 Curriculum Integrated Thematic Learning in Class IV SDN 06 Hand of Padang. International Journal of Educational Dynamics, 1(2): 156–162.
Erlisnawati. 2015. Masalah Motivasi Belajar Siswa SD Pada IPS. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd) 1(2): 1-10. Hendra, Komang, dkk. 2020. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha 8 (2): 1-16.
Hidayati, Nur Alfi dan Darmuki, Agus. 2021. Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA 7(1): 252-259. Hilmi, M. Z. 2017. Implementasi Pendidikan IPS Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mandala Education 3(2): 164-172.
Kunandar. 2017. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Press.
Kurniawan, Hana dan Andian Ari Istiningrum. 2012. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Kompetensi dasar Menghitung Mutasi Dana Kas Kecil Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 10(1): 114-134.
Luthfiana, M., dan Wahyuni, R. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (Air) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education) 2(1): 50-57.
Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munir. 2020. Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. In Antimicrobial agents and chemotherapy (58).
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Saharuddin, dkk. 2022. Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually and Repetition) Berbantuan Media Interaktif dalam Pembelajaran Online Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Kelas IV. Gema Wiralodra 13(2): 439-454.
Sarniah, Siti, dkk. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang 3(1): 87-96.
Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudjana, N. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Suprihatin, Siti. 2015. Upaya Guru Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro 3(1): 73-82.
Syachtiyani, Wulan Rahayu dan Novi trisnawati. 2021. Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Prima Magistra 2(1): 90-101. Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, Hamzah B. 2017. Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.
Wati, F., & Sutarman. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (Air) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Kelas V SD. Skripsi 5(2): 87-92.
Werang, Basilius Redang. 2012. Hubungan Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, dan Moral Kerja Guru dengan Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Merauke. Jurnal Aplikasi Manajemen 10(3): 595-605.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hetti Herawati, Muhammad Yunus, Sundari Hamid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.