Efektivitas Model Pembelajaran Bamboo Dancing Terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa UPT SPF SD Inpres Layang III Kota Makassar

Authors

  • Musdalipa Musdalipa UPT SPF Sekolah Dasar Inpres Layang III, Kota Makassar
  • Andi Hamsiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Muhammad Bakri Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.5300

Keywords:

Model pembelajaran Bamboo Dancing, Hasil Belajar, Keterampilan Berbicara

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh penggunaan model pembelajaran Bamboo Dancing terhadap hasil belajar keterampilan berbicara pada siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Layang III Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pre-eksperimental design, spesifiknya One-Group pre-test post-test design. Metode ini dilakukan dengan adanya pre-test sebelum perlakuan dan post-test setelah melakukan perlakuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Bamboo Dancing terhadap hasil belajar keterampilan berbicara pada siswa. Teknik analisis data meliputi uji prasyarat (normalitas dan homogenitas) dan uji hipotesis t-test paired dengan menggunakan SPSS 26 for Windows. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara nilai pre-test dengan nilai post-test pada hasil belajar keterampilan berbicara pada siswa. Setelah menggunakan model pembelajaran bamboo dancing. hal ini dapat terlihat bahwa terdapat peningkatan rata-rata nilai dari pre-test ke post-test. Rata-rata nilai pre-test siswa adalah 64.0476, sedangkan rata-rata nilai post-test siswa meningkat menjadi 76.4286. Kesimpulannya, penggunaan model pembelajaran Bamboo Dancing berpengeruh positif terhadap hasil belajar keterampilan berbicara pada siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Layang III Kota Makassar. Dengan demikian, model pembelajaran Bamboo Dancing dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara siswa.

The purpose of this study was to examine the effect of using Bamboo Dancing learning model on the learning outcomes of speaking skills in grade 4 UPT SPF SD Inpres Layang Makassar City. This research is experimental research using pre-experimental design, the specification is one-group pre-test post-test design. This method is carried out with a pre-test before treatment and post-test after treatment to determine the effect of using the Bamboo Dancing learning model on the learning outcomes of speaking skills in students. Data analysis techniques include prerequisite tests (normality and homogeneity) and paired t-test hypothesis testing using SPSS 26 for windows. The results of the analysis showed a significant difference between the pre-test and post-test scores on the learning outcomes of students speaking skills. After using the Bamboo Dancing learning model. It can bee seen that the increase in the average score from pre-test to post-test. The average student pre-test score was 64,0476, while thw average student’s post-test score increased to 76.4286. in conclusion, the use of the Bamboo Dancing learning model has a positive effect on the learning outcomes of speaking skills in class 4 UPT SPF SD Inpres Layang III. Thus the Bamboo Dancing learning model can improve the learning outcomes of speaking skills in students. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asiah, -. (2016). Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Di Kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 2(1). https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i1.1319

Bu’ulolo, Y. (2021). Membangun Budaya Literasi Di Sekolah. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1). https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1536

Damayanti, A. D., Jannah, A. N., & Agustin, N. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smp Muhammadiyah 19 Sawangan. Prosiding Samasta.

Delvia, R., Taufina, T., Rahmi, U., & Zuleni, E. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa dengan Bercerita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.230

Hamid Darmadi. (2022). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi,. In (Animage Team: 2019).

Hartanto, E. B. (2020). Efektifitas Media Pembelajaran Pantomim Untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara (Maharah Kalam). Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2). https://doi.org/10.35316/lahjah.v1i2.821

Hartono, R., Suastra I, W., & Lasmawan I, W. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Melestarikan Budaya Nusantara. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2).

Indriani, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif Bamboo Dancing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Materi Pokok Besaran dan Satuan. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 1(1). https://doi.org/10.53299/diksi.v1i1.87

Khoirunisa, S., Marzuki, I., & Umam, N. K. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Bamboo Dancing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(10).

Larosa, A. S., & Iskandar, R. (2021). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Pantun di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1207

Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat kurikulum dalam pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6).

Madaniyah, J., Khoiruzzadi, M., & Prasetya, T. dkk. (2021). Perkembangan Kognitif Dan Implikasinya Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Madaniyah, 11.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1). https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi Pembelajaran Learning Communication. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2).

Mundiasari, K. (2022). Pola Hubungan Antar Manusia Sebagai Insan Pendidikan. Jurnal, Aktualita, 12(Desember).

Novitasari, R. D., Wijayanti, A., & Artharina, F. P. (2019). Analisis Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai Implementasi Kurikulum 2013. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2). https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19495

Nurkholis, N. (1970). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1). https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Rafiudin, H., Hamid, S., & Asdar, A. (2022). Improving Reading And Writing Skills Through Synthetic Structure Analysis (Sas) Method For Students Of Class 1 SD Negeri 2 Takimpo, District Of Buton, Southeast Sulawesi. Teaching English as a Foreign Language Overseas Journal, 10(3). https://doi.org/10.47178/teflo.v10i3.2016

Rinawati, A. (2015). Transformasi Pendidikan untuk Menghadapi Globalisasi. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1). https://doi.org/10.23887/ekuitas.v3i1.12783

Sarumaha, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Bamboo Dancing Terhadap Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1). https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i1.956

Suriyaningsih, D., & Sarjani, T. M. (2020). Perbandingan Model Pembelajaran Talking Stick Dan Bamboo Dancing Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Kelas Vii Smp Negeri 6 Langsa Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Jeumpa, 7(2). https://doi.org/10.33059/jj.v7i2.3039.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Musdalipa, M., Hamsiah, A., & Bakri, M. (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Bamboo Dancing Terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa UPT SPF SD Inpres Layang III Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 5(2), 197–203. https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.5300

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4