Keefektifan Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerita Fiksi Siswa Kelas IV SDN Pagandongan
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v5i1.5254Keywords:
Model Pembelajaran SAVI, Media Audiovisual, Keterampilan MenulisAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran antara kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran konvensional dengan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran SAVI berbantuan media audiovisual dalam pembelajaran keterampilan menulis siswa kelas IV dan mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran SAVI berbantuan media audiovisual dalam pembelajaran keterampilan menulis cerita fiksi pada siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian posttest control group design atau disebut dengan true experimental design (eksperimen murni). Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 374 orang, yang terdiri dari 12 rombel, yang menjadi sampel adalah kelas IVa dengan jumlah siswa 32 orang sebagai kelas eksperimen, dan Kelas IVb jumlah siswa 29 orang sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar untuk mengukur keterampilan menulis, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu pendekatan statistik deskriptif dan analisis inferensial, dan uji hipotesis. Berdasarkan uji Paired sampel test menunjukkan adanya perbedaan nilai rata-rata yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah diberikan perlakukan. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran SAVI efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis cerita fiksi siswa kelas IV.
The objectives of the study were to determine 1) describe the learning outcomes between the control class using conventional learning media and the experimental class using SAVI learning model assisted by audiovisual media in learning writing skills of grade IV students; 2) describe the effectiveness of SAVI learning model assisted by audiovisual media in learning fiction story writing skills in grade IV students. This type of research is a posttest control group design or called true experimental design (pure experiment). The number of samples in this study was 374 people, consisting of 12 rombel, the samples were class IVa with 32 students as the experimental class, and Class IVb with 29 students as the control class. The data collection methods used were learning outcome tests to measure writing skills, and documentation. Data analysis techniques used were descriptive statistical approach and inferential analysis, and hypothesis testing. Based on the Paired sample test, there was a significant difference in mean scores between the control class and the experimental class after the treatment. So it can be concluded that the use of SAVI learning model is effective in learning fiction story writing skills of grade IV students.
Downloads
References
Adam, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Contemporary Issue in Elementary Education (JCIEE), 1(1), 29–37.
Adawiyah, R., Asbari, M., & Damayanti, M. S. (2023). Tiga Level Proses Belajar Efektif: Fundamental, Insightful Knowledge, Specific Skill. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 01(02), 339–342.
Agustin, R. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis peserta didik Sekolah Dasar. Education Journal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 4(1), 1–10.
Agustina, N., Purnamasari, I., & Mushafanah, Q. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Pemanfaatan Media Lingkungan dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Anak Pada Komunitas Harapan Kota Semarang. 1(4), 334–339.
Amalia, A. K., & Fadhilasari, I. (2019). Apa Itu Sastra; Jenis-Jenis Karya Sastra dan Bagaimanakah Cara Menulis dan Mengapresiasi Sastra. In CV Budi Utama.
Arico Ayani Suparto, Dyan Yuliana, Siti Seituni, N. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Flash Cs3 untuk Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X Multimedia Semester Genap di SMK Negeri 1 Cerme Bondowoso Tahun Pelajaran 2022-2023. JURNAL IKA: IKATAN ALUMNI PGSD UNARS, 13(1), 221–227.
Arsyad, A. (2018). Media Pembelajaran. PT. Ragrafindo Persada.
Asari, S. (2021). Paikem. Journal of Community Service, 3(2008), 1139–1148.
Atmojo, E. R. D. (2020). Pengembangan Keterampilan Menulis Cerita Fiksi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Abdidas, 1(3), 172–182. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i3.39
Bahasa, P. (2008). Kamus besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. PT. Gramedia Pustaka.
Creswell. (2017). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. UNY Perss.
Febriyanto, B. F., Rahman, Yuliawati, Anggraeni, S. W., & Yonanda, D. A. (2023). Hubungan Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1519–1528. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.5647
Hairuddin, D., & Radmila, K. D. (2018). Hakikat Prosa dan Unsur-unsur Cerita Fiksi. Jurnal Bahasa, 1(1), 1–6.
HAMIDAH, N. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Persuasif Melalui Metode Diskusi Berbantuan Media Audiovisual. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 3(1), 19–22. https://doi.org/10.51878/strategi.v3i1.1955
Hamsiah, A., Asdar, A., & Batau, S. H. (2023). The Impact of SAVI Learning Model on Students’ Speaking Skills for Elementary Levels. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(3), 2985–2995. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i3.3045
Hanafiah, dan C. S. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. PT Refika Aditama.
Hastuti, A., & Budianti, Y. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas II SDN Bantargebang II Kota Bekasi. Pedagogik (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(2), 33-38.
Hoerudin, C. W. (2023). Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Experiential Learning Dalam Menulis Karangan. Jurnal Tahsinia, 4(2), 105–117.
Husnaeny, F. A., & Koeswanti, H. D. (2023). Metode resitasi perbantuan media puztaman untuk meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas IV. Jurnal Genre, 5(2), 71–81.
Indonesia, T. P. K. B. B. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Irene, D. (2016). Buku Penilaian Bupena. Erlangga.
Jamilah. (2022). Pendampingan Penyusunan Modul Ajar dan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 63–71. http://dx.doi.org/10.24967/psn
Khatimah, H. (2023). Perbandingan Model SAVI (somatic audiotory visualization Intellectual) dan Model Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV Gugus 1 Kecamatan Gilireng. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(September), 2548–6950.
Kusuma, T. S. W., & Mustari, M. (2023). Model Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Pada Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 2(1), 46–55. https://doi.org/10.56916/jipi.v2i1.319
Leo, J., Siallagan, B., Parmonangan, O., & Purba, N. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema 4 Berbagai Pekerjaan di SD Negeri 095141 Siopat Suhu Siantar. Pande Nami Jurnal, 1(2), 203–208.
Lestari, I. D., Halimatusha’diah, H., & Puji Lestari, F. A. (2018). Penggunaan Media Audio, Visual, Audiovisual, dalam Meningkatkan Pembelajaran kepada Guru-guru. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 55. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2361
Lestari, In. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. PT. Penamuda Media.
Limbong Datu, Y., Nyoto Nyoto, Diplan Diplan, & FX Manesa. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Dengan Menggunakan Metode Tanya Jawab Berbantuan Media Gambar Berseri Pada Peserta Didik Kelas IV-A Di SDN 8 Menteng Palangka Raya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(1), 31–41. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i1.219
Maheswari, G., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Animaker terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2523–2530. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.872
Meier, D. (2002). The Accelerted Learning Handbook. Kaifa.
Mulfajril, R., Hadiyanto, H., & Sofyan, H. (2023). Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 8(1), 40–55. https://doi.org/10.22437/jptd.v8i1.25196
Nabila Mustafafi, Sri Utaminingsih, & Fitriyah Amaliyah. (2023). Analisis Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Unggulan Muslimat Nu Kudus. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 632–644. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1593
Nurgiantoro, B. (2016). Sastra Anak. Gajah Mada University Press.
Nuriyah, D., Sutarto, & Prihatin, J. (2020). The development of environmental change textbook based on STEM-Cp to improve problem-solving skills in high school biology learning (Suratno (Ed.); Vol. 1563, Issue 1). Institute of Physics Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1563/1/012054
Paramarta, I. K. (2023). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bali Modern Dengan Media Lagu Pop Bali “ Bungan Sandat .” Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 10(1), 59–68. https://doi.org/10.23887/jpbb.v10i2.59438
Pratiwi, N., Sulfasyah, S., & Azis, S. A. (2023). Analisis Pembelajaran Keterampilan Menulis Karangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2851–2861. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.4476
Putri Trismia, D., & Liansari, V. (2023). Pengaruh Model Savi Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 5009.
Qonita, A. (2019). Kamus Bahasa Indonesia. PT Indahjaya Adipratama.
Rahmani, R. A., Nugroho, A. A., & Islami, R. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Narasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Kelas IV. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 325–338.
Rahmayanti, R., Andajani, K., & Anggraini, A. E. (2023). Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1588–1594. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5203
Rivai, S. (2013). Media Pengajaran(Penggunaan dan Pembuatannya). Sinar Baru Algensindo.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Bandung.
Saputra, D., Said, E., & Maipauw, N. J. (2020). Peran Pendidikan di Era Milenial. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 2(1), 18–22. https://doi.org/10.33506/pjcs.v2i1.808
Sari, Dewi Paramita, D. (2018). Super Mudah Pahami Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, untuk SD/MI Kelas 4. Kompas Gramedia.
Sembiring, R. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Ispring Suite Terhadap Keterampilan Menulis Teks Ulasan Siswa. JLPD, 4(2), 36–44.
Setyo Utaminingsih, E., Ayu Puspita, M., Sumartiningsih, S., Fajar Habibi, A., & Mulyaningtiyas, T. (2023). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Di Sekolah Dasar. Research and Development Journal Of Education, 9(2), 860–870. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.16197
Sohim, B., Saputra, A., Agustian, R., Setiawan, I., & Aji Kurniawan, T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Somatic, Auditory, Visualization and Intellectualy Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mapel Paibp Di Smk Nurul Huda Sagalaherang. ISEDU: Islamic Education Journal, 1(1), 81–90. https://doi.org/10.59966/isedu.v1i1.609
Soliantini, S., Wardiah, D., & Rukiyah, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Persuasif melalui Metode Mind Mapping. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 6(2), 327–335. https://doi.org/10.31539/kibasp.v6i2.4883
Sudarmin, Abdul Azis Muslimin, R. B. (2020). Analisis Implementasi Program Sekolah Model dalam Penguatan Nilai Sosial pada Siswa di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, Vol. 4, No.
Sudarmin, Salmia, A. A. (2023). Professional Competency Mastering in 21st Century Teacher Performance Effectiveness in Elementary Schools. JED, 8(4), 550–559. https://doi.org/10.26618/jed.v8i4.10917
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suhendra. (2017). Konsep Kepribadaian Siswa. Balai Pustaka.
Supit, D., Melianti, M., Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(3), 6994–7003. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1487
Syaudah, L. (2022). Media Komik Dalam Pembelajaran Cerita Fabel Di SMP/MTS. Prosiding Bina Basa V, 98–103. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/PBB/article/view/7405%0Ahttp://jurnal.ugj.ac.id/index.php/PBB/article/download/7405/2961
Triastuti, S., Hilaliyah, T., & Astridewi, S. (2023). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran SAVI Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 267–275. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.3984
Trismanto. (2017). Keterampilan Menulis dan Permasalahannya. Bangun Rekaprima, Vol.03/1.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.).
Vinata, M., Serly, N., Helvina, M., Maria, D., & Puang, E. (2023). JOTE Volume 5 Nomor 2 Tahun 2023 Halaman 291-299 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran Berbasis Lesson Study. 5(2021), 291–299.
Wicaksono, A. (2017). Peran Media Audio dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Apresiasi Cerita Pendek. SHAHIH: Journal of Islamicate Multidisciplinary, 2(1), 67–78. https://doi.org/10.22515/shahih.v2i1.670
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Evya Evya, Asdar Asdar, Muhammad Bakri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.