Penggunaan Media Aplikasi Tiktok Edukasi Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Puisi Siswa di UPT SPF SDN Bulurokeng

Authors

  • Jusrianti Aras UPT SPF Sekolah Dasar Negeri Bulurokeng, Kota Makassar
  • Andi Hamsiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Ifa Safira Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.5319

Keywords:

Media Aplikasi, Tiktok Edukasi, Keterampilan Membaca, Puisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan media aplikasi TikTok edukasi dalam pembelajaran keterampilan membaca puisi siswa di UPT SPF SDN Bulurokeng. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan sampel sebanyak 108 siswa kelas V yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran berbasis audio-visual mempermudah siswa dalam menulis dan mengembangkan puisi. Penggunaan TikTok membantu siswa untuk lebih mudah mengungkapkan ide, suasana hati, dan perasaan dalam bentuk puisi. Hasil uji t-test posttest menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai p < 0,05. Ini mengindikasikan bahwa penggunaan aplikasi TikTok edukasi dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa secara signifikan. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis terkait integrasi teknologi media sosial dalam pembelajaran bahasa, khususnya dalam meningkatkan kreativitas dan keterampilan literasi siswa.

This study aims to explore the use of the educational TikTok application in teaching poetry reading skills to students at UPT SPF SDN Bulurokeng. The research uses a quasi-experimental design with a sample of 108 fifth-grade students, divided into experimental and control groups. The results indicate that TikTok, as an audio-visual learning media, facilitates students in writing and developing poetry. TikTok helps students express their ideas, moods, and emotions more easily in poetry form. The posttest t-test results show a significant difference between the experimental and control groups with a p-value < 0.05, indicating that the use of the educational TikTok application significantly enhances students' poetry reading skills. This study contributes theoretically to the integration of social media technology in language learning, particularly in enhancing creativity and literacy skills.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Faizah, S. N. (2020). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2). https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85

Gani, T. A., Hikmah, N. U., & Wardah, M. W. (2021). Teknologi Informasi Dalam Transformasi dan Adaptasi Perpustakaan di Masa Pandemi. In Perspektif Perpustakaan Indonesia.

Manu Wedham, I. W. B., Ermiana, I., & Setiawan, H. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE SUKU KATA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS 1 SDN 1 JAGARAGA. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1). https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2843

McCashin, D., & Murphy, C. M. (2023). Using TikTok for public and youth mental health – A systematic review and content analysis. Clinical Child Psychology and Psychiatry, 28(1). https://doi.org/10.1177/13591045221106608

Meraz, S. (2011). The fight for “how to think”: Traditional media, social networks, and issue interpretation. Journalism, 12(1). https://doi.org/10.1177/1464884910385193

Montag, C., Yang, H., & Elhai, J. D. (2021). On the Psychology of TikTok Use: A First Glimpse From Empirical Findings. In Frontiers in Public Health (Vol. 9). https://doi.org/10.3389/fpubh.2021.641673

Mufidah, A., & Mufidah, R. (2021). Aplikasi Tik-Tok dan Instagram sebagai Salah Satu Alternatf dalam Media Pembelajaran IPA. Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 1(1).

Puspitasari, I. A. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Metode Think Talk Write Berbantuan Media Gambar Kejadian Alam pada Siswa SMP. UNY.

Ramadhan, R. (2020). Aplikasi TikTok sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Baru di Zaman Digital. Prosiding Multaqa Nasional Bahasa Arab III, 3.

Rasyid, M. H. (2020). Pembelajaran Puisi Secara Daring Dengan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi (Tik Tok) Kelas X Sma Negeri 3 Pati. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS).

S.Nasution, Nurbaiti, A. (2021). Teks Laporan hasil Observasi Untuk Tingkat SMP kelas VII. In Guepedia.

Sumarni, S., Asdar, A., & Hamid, S. (2020). Efektivitas Penerapan Teknik Clustering Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Bebas Siswa Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 1(1). https://doi.org/10.35965/bje.v1i1.464

Susilowati. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Personal Branding Di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @bowo_allpennliebe). Jurnal Komunikasi, 9(2).

Tedy, T., Stevani, R., Tamara, R., & Yuliani, Y. (2023). Teknik Pembacaan Media Puzzle Huruf di Sekolah Dasar Kalimantan Tengah. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2). https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v2i2.1891

Tridiastita, R., Syamsuyurnita, S., Sari, S. P., & ... (2023). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas II Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia. Jurnal Pendidikan. 7.

Walliman, N. (2010). Research Methods: The Basics. In Research Methods: The Basics. https://doi.org/10.4324/9780203836071

Warini, N. L., Dewi, N. P. E. S., Susanto, P. C., & Dewi, P. C. (2021). DAYA TARIK TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ONLINE. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 3. https://doi.org/10.36002/snts.v0i0.1230

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Aras, J., Hamsiah, A., & Safira, I. (2025). Penggunaan Media Aplikasi Tiktok Edukasi Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Puisi Siswa di UPT SPF SDN Bulurokeng. Bosowa Journal of Education, 5(2), 181–187. https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.5319

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>