Kinerja Guru Kelas Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada UPTD SD Negeri 6 Batalaiworu Di Kabupaten Muna

Authors

  • Wa Ode Darnian UPTD Sekolah Dasar Negeri 13 Loghia Kabupaten Muna
  • Muhammad Yunus Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Asdar Asdar Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.5328

Keywords:

Kinerja Guru, Implementasi Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran komprehensif tentang kinerja guru kelas dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada UPTD SD Negeri 6 Batalaiworu di Kabupaten Muna, dengan fokus pada dimensi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus kolektif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kinerja guru dalam perencanaan pembelajaran menunjukkan pemahaman yang baik tentang prinsip Kurikulum Merdeka, menghasilkan rencana pembelajaran berbasis kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan siswa. (2) Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru mampu menciptakan lingkungan belajar yang inovatif, menggunakan berbagai media untuk meningkatkan minat siswa. (3) Pada dimensi penilaian, guru telah mengintegrasikan asesmen dalam proses pembelajaran untuk memberikan umpan balik yang holistik. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan Kurikulum Merdeka di tingkat nasional, dengan menawarkan wawasan tentang tantangan dan praktik terbaik dalam implementasi kurikulum di tingkat sekolah dasar.

This study aims to provide a comprehensive overview of the performance of elementary school teachers in implementing the Merdeka Curriculum at UPTD SD Negeri 6 Batalaiworu in Muna Regency, focusing on the dimensions of lesson planning, lesson implementation, and assessment. Using a qualitative method with a collective case study approach, the research gathered data through in-depth interviews, participant observation, and document analysis. The findings reveal that: (1) Teachers demonstrate a strong understanding of the Merdeka Curriculum principles in lesson planning, developing competency-based plans aligned with student needs. (2) In lesson implementation, teachers create an innovative learning environment and use various media to enhance student engagement. (3) In assessment, teachers integrate evaluation into the learning process to provide holistic feedback. This study contributes significantly to the national development of the Merdeka Curriculum by offering insights into the challenges and best practices for curriculum implementation at the elementary school level.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa Alfath, Fara Nur Azizah, & Dede Indra Setiabudi. (2022). PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYONGSONG KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73

Desyandri, & Lestari, E. E. (2023). Filsafat Idealisme Dan Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar Di SDN 216/III Sungai Langkap. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01).

Hutabarat, H., Elindra, R., & Harahap, M. S. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sma Negeri Sekota Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3).

Ineu Sumarsih, Teni Marliyani, Yadi Hadiyansah, Asep Herry Hernawan, & Prihantini. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5).

Prasetia, F. (2016). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jkpm, 01(02).

Ratsyari, S. D., & Anik Ghufron. (2021). KESIAPAN SEKOLAH PADA IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR. Journal of Business Theory and Practice, 10(2).

Restiana, S., Agustina, R., Rahman, J., Ananda, R., & Witarsa, R. (2022). Standar Proses Pendidikan Nasional: Implementasi dan Analisis terhadap Komponen Guru Matematika di SD Muhammadiyah 027 Batubelah. MASALIQ, 2(4). https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i4.444

Satria, R., Adiprima, P., Sekar, W. K., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Jakarta.

Setiyawan, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5874

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Suwandi, S. (2020). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 2001.

Warsidah, W., Satyahadewi, N., Amir, A., Linda, R., & Mulya Ashari, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka pada Peserta Didik Kelas 4 Sekolah Dasar Negeri No 16 Pontianak Utara. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2). https://doi.org/10.29240/jpd.v6i2.5519

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Darnian, W. O., Yunus, M., & Asdar, A. (2025). Kinerja Guru Kelas Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada UPTD SD Negeri 6 Batalaiworu Di Kabupaten Muna. Bosowa Journal of Education, 5(2), 311–319. https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.5328

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 > >>