Analisis Kinerja Ruas Jalan Akibat Putar Balik Pada KM 23 Depan Grand Mall Sampai Dengan Simpang Tiga Pasar Batangase Kabupaten Maros

Authors

  • Musdalifah B Musdalifah Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Bosowa
  • Abd. Rahim Nurdin Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Bosowa
  • Tamrin Mallawangeng Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jptsk.v2i1.3291

Keywords:

Analysis, Road Segment Performance, U-turn, Grand Mall, 3-Way Junction, Batangase Market, Maros

Abstract

This study aims to determine the performance of roads along the Makassar Maros axis road at KM 23 in front of the Grand Mall to the Batangase market junction due to a u-turn from the results of calculating the large volume of traffic, capacity and level of road service. The focus of this research is located on Jalan Poros Makassar Maros KM 23 starting from the front round of Graha Cemerlang Housing to the front round of Zazil Bakery. The data needed is primary data consisting of geometric road sections, vehicle volume, and vehicle speed and secondary data, namely the 1997 Road Transportation Guidebook and the Indonesian Road Capacity Manual (MKJI). The results of the analysis are obtained from the calculations at point 1 and point 2 level road services are included in service level D, so the performance of roads along the Makassar - Maros Axis KM 23 (Front of the Grand Mall to the Batangase market junction) due to U-turns is low speed and varies with delays from both the same direction and the opposite opposite direction or traffic conditions are starting to become unstable.

References

Basir, Muawanah. 2018. Pengaruh Gerak Putar Balik Pada Bukaan Median Terhadap Kemacetan Arus Lalu Lintas Studi Kasus Jl. Perintis Kemerdekaan Mulai Pintu 1 UNHAS KM 12 Sampai Pintu Gerbang BTP KM 14. Makassar : Jurusan Teknik Sipil Universitas Bosowa.

Departemen Permukiman Dan Prasarana Wilayah. 2004. Pedoman Konstruksi dan Bangunan Perencanaan Median Jalan. Departemen Permukiman Dan Prasarana Wilayah.

Departemen Pekerjaan Umum Drektorat Jenderal Bina Marga. 2005. Pedoman Perencanaan Putar Balik (U-Turn). Departemen Pekerjaan Umum Drektorat Jenderal Bina Marga.

Dharmawan, Weka Indra, Oktarina, Devi. 2013. Kajian Putar Balik (U-turn) Terhadap Kemacetan Ruas Jalan Di Perkotaan. Surakarta : Universitas Sebelas Maret (UNS).

Kementerian Pekerjaan Umum. 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI’14) Lingkup Kapasitas Jalan Perkotaan. Kementerian Pekerjaan Umum.

Mardinata, Lalu, Aditiya. 2014. Pengaruh U-Turn (Putar Balik Arah) Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintas Ruas Jalan Raden Eddy Martadinata Kota Samarinda. Samarnda : Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.

Nugraha, Mochamad, Ichsan. 2016. Analisis Kinerja Pelayanan Putaran Balik Arah (U-Turn) Terhadap Pengadaan Shelter Trans Jogja Di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Yokyakarta : Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Nur, Nadia, N. 2018. Pengaruh Grand Mall Batangase Terhadap Lalu Lintas Pada Jalan Arteri (Studi Kasus Koridor Jalan Poros Makassar-Maros). Makassar : Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota Fakultas Sains Dan Teknologi Uin Alauddin Makassar.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 88 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Pulau Sulawesi. Jakarta, Peraturan Presiden Republik Indonesia.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 96 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen Dan Rekayasa Lalu Lintas. Jakarta, Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 96 Tahun 2015

Republik Indonesia Direktorat Jenderal Bina Marga Direktorat Bina Kota (BINKOT). 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). SWEROAD bekerja sama dengan P.T BINA KARYA (PERSERO).

Setiawan, Andy. 2017. Analisis Kinerja Lalu Lintas Di Jalan Sekitar Terminal Cappa Bungaya Gowa. Gowa : Jurusan Sipil Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin Gowa.

Downloads

Published

2024-01-30