Alternatif Perhitungan Struktur Atas Rangka Baja Tipe Camelback Truss Pada Jembatan Tawaeli, Palu Sulawesi Tengah

Authors

  • Ronaldi Ronaldi Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Bosowa
  • Syahrul Sariman Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Bosowa
  • Arman Setiawan Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jptsk.v3i2.4771

Keywords:

Struktur Atas, Camelback Truss, Steel, Rangka Baja, Jembatan

Abstract

As the demand for bridge infrastructure grows, efficient and effective alternatives for bridge design and analysis are essential. One such case is the Tawaeli I Bridge in Palu, Central Sulawesi, which requires careful design due to the city’s location in a high-seismic zone. The Camelback Truss steel bridge is ideal for this area because of its ability to withstand extreme conditions and provide structural stability during earthquakes. The design analysis for this type of bridge was performed using the Struktur FEM software, which evaluates bending, compression, and tension members. This analysis was validated through manual calculations. The section capacities obtained are: stringers (main longitudinal girders) IWF 500.200.11.17; cross girders (transverse girders) IWF 800.400.18.34; bottom chords (side longitudinal girders) IWF 650.650.18.34; top chords (upper members) IWF 650.650.18.34; diagonal chords (diagonal members) IWF 650.350.14.24; vertical chords (vertical members) IWF 600.200.11.17; transverse bracing IWF 250.250.9.14; diagonal bracing (wind bracing) angle 250.25.25. The mid-span deflection is 75.704 mm, within the allowable deflection of 87.5 mm. The accuracy between the Struktur FEM analysis and manual calculations is 99.9%.

References

Asiyanto, 2008, Metode Konstruksi Bangunan Pelabuhan, Universitas Indonesia: Jakarta.

Andri Fauzi Hasibuan. (2021). Analisa Perkiraan Fondasi Dengan Bentang 80 Meter Tipe Camel Back Truss Atas Jembatan Rangka Baja.

Badan Standarisasi Nasional. (2005). RSNI T-03-2005 Perencanaan Struktur Baja Untuk Jembatan.

Dion Falerio Lilu. (2020). Alternatif Perencanaan Struktur Atas Jembatan Rangka Baja Tipe Camel Back Truss Dengan Menggunakan Metode Lrfd Di Weutu Kota Atambua, Kab. Belu. Provinsi Ntt. Perencanaan Jembatan Rangka Baja.

Badan Standardisasi Nasional. (2016). SNI 2833:2016 Perencanaan Jembatan Terhadap Beban Gempa. Www.Bsn.Go.Id

Badan Standarisasi Nasional. SNI 1725:2016 Pembebanan Untuk Jembatan. www.bsn.go.id

Badan Standardisasi Nasional . (2020). SNI 1729:2020 Spesifikasi Untuk Bangunan Gedung Baja Struktural.

Budiarto, Bagas. "Perencanaan Balok T Konvensional pada Superstruktur Jembatan." Jurnal Aplikasi Teknik dan Sains 2.1 (2020).

Gunawan Ari Anoto, & Eka Faisal Nurhidayatullah. (2020). Pengaruh Kemiringan Sudut Terhadap Respons Struktur Jembatan Rangka Baja Type Camelback Truss.

Eva Arifi & Desy setyowulans. (2021). Perencanaan Struktur Baja (Berdasarkan SNI 1729:2020).

Direktorat Bina Marga.(2021). NO. 02 / M / BM / 2021Panduan Praktis Perencanaan Teknis Jembatan.

H. J. Struyk (1984). Jembatan, Pradnya Paramita, Jakarta

Imam Subekti Nugro Pangestu, & Algazt Aryad Masagala, S. T. , M. Eng. (2022). Perencanaan Ulang Jembatan Kereta Api Dengan Menggunakan Rangka Baja Tipe Camel Back Truss Bentang 67 M (Studi Kasus Putusnya Jembatan Kereta Api Di Brebes).

Jatoeb, M. A., M, H., & Mutoha, A. (2019). Perencanaan Bangunan Atas Jembatan Rangka Tipe Parker Dengan Kontruksi Baja Bentang 60 Meter Desa Bram Itam Raya Kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Jurnal Civronlit Unbari, 4(2), 69. Https://Doi.Org/10.33087/Civronlit.V4i2.53

Nurjanah, & Febryanti, R. (2023). Evaluasi Jembatan Rangka Baja Soekarno Hatta Ditinjau Dari Gelagar Induk, Diafragma, Lantai Jembatan Menggunakan Aplikasi Staad Pro. Jurnal Qua Teknika, 13(1), 26–33. Https://Doi.Org/10.35457/Quateknika.V13i1.2711

Perletakan Elastomer Berdasarkan Pedoman Perancangan Bantalan Elastomer Untuk Perletakan Jembatan Tahun, P., Sumantri Program Studi Teknik Perancangan Jalan Dan Jembatan, A., Teknik Sipil Politeknik Negeri Medan, J., & Kunci, K. (2021). Design Of Elastomeric Bearings Based On Design Guidelines For Elastomeric Bearings For Bridge Laying In 2015. JCEBT, 5(2). Http://Ojs.Uma.Ac.Id/Index.Php/Jcebt

Ridwan, M., & Umroniah, L. (2023). Perencanaan Jembatan Rangka Baja Tipe Parker Bentang 78 Meter Menggunakan SNI 1725-2016 Dan SNI 1729-2020. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 4(5), 570–578. Https://Doi.Org/10.59141/Jist.V4i5.617

Standar, R., & Indonesia, N. (N.D.). RSNI T-03-2005 Perencanaan Struktur Baja Untuk Jembatan Badan Standardisasi Nasional ICS.

Yatnikasari, S., Asnan, M. N., & Liana, U. W. M. (2021). Alternatif Perencanaan Jembatan Rangka Baja Dengan Menggunakan Metode Lrfd Di Jembatan Gelatik Kota Samarinda. Rang Teknik Journal, 4(2), 282–294. Https://Doi.Org/10.31869/Rtj.V4i2.2518

Downloads

Published

2025-05-30