Preferensi Pengguna Angkutan Umum Penumpang di Kota Makassar

Authors

  • Aslam Jumain Magister Perencanaan Wilayah dan Kota Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Murshal Manaf Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Qadriathi Dg. Bau Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35965/ursj.v3i2.244

Keywords:

Karakteristik Pengguna, Angkutan Perkotaan, Preferensi Pengguna, Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengakaji, menganalisis dan menginterpertasi; karakteristik penggunaan angkutan umum di Kota Makassar berdasarkan preferensi masyarakat dalam menggunakan angkutan umum dan pengaruh tingkat pelayanan angkutan umum terhadap preferensi menggunakan angkutan umum di Kota Makassar.. Penelitian ini merupakan bersifat deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh dari hasil kuisioner menggunakan skala likert dan kuisioner karakteristik penggunaan angkutan umum. Variabel yang digunakan adalah karakteristik sosial ekonomi, karakteristik spasial, ciri pergerakan, ciri fasilitas moda, kualitas pelayanan dan kinerja angkutan umum. Analisa yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Hasil analisis menunjukkan perbedaan penggunaan antara angkutan kota dan angkutan berbasis online. Masyarakat cenderung menggunakan angkutan kota karena waktu terjadinya perjalanan dan biaya transportasi, sedangkan masyarakat cenderung menggunakan angkutan online karena waktu perjalanan dan aksesibilitas

This study aims to assess, analyze and interpret; The characteristics of the use of public transportation in Makassar City based on people's preferences in using public transportation and the influence of the level of public transport services on preferences for using public transportation in Makassar City. This research is a descriptive analysis using a quantitative approach. Data obtained from questionnaires using a Likert scale and questionnaires on the characteristics of the use of public transportation. The variables used are socio-economic characteristics, spatial characteristics, movement characteristics, mode facilities characteristics, service quality and public transport performance. The analysis used is descriptive statistical analysis. The analysis results show the difference in use between city transportation and online-based transportation. People tend to use city transportation because of travel time and transportation costs, while people tend to use online transportation because of travel time and accessibility.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonymous, 2017, Dinas Perhubungan Kota Makassar. Data – data Trayek dan Rute Angkutan Umum di Kota Makassar.

Badan Pusat Statistik Kota Makassar. 2020. Kota Makassar dalam Angka 2020 : Badan Pusat Statistik Kota Makassar. Makassar.

Borhan, M. N., Syamsunur, D., Akhir, N. M., Yazid, M. R., Ismail, A., & Rahmat, R. A. (2014). Predicting the Use of Public Transportation: A Case Study from Putrajaya, Malaysia. The Scientific World Journal, 1-9.

Darmawan, D. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Diab, E., Lierop, D. V., & Geneidy, A. E. (2017). Recommending Transit Disentangling users’ willingness to recommend transit and their intended continued use for publication. Travel Behaviour and Society, 1-27.

Harish, A. G., & Wardhana, A. 2016. Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Preferensi Konsumen Go-Jek di Kota Jakarta. e-Proceeding of Management, 2060.

Hardyanti Putri Harsono, N., Syafri, S., & Jufriadi, J. (2020). Pengaruh Pembangunan Makassar New Port Terhadap Sosial Ekonomi Ditinjau Dari Persepsi Masyarakat. Journal of Urban Planning Studies, 1(1), 042-049.

Ismail, R., Hafezi, M. H., Nor, R. M., & Ambak, K. (2012). Passengers Preference and Satisfaction of Public Transport in Malaysia. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 410-416.

Narwis, Bachtiar Rezkiawan. 2017. Analisis Permintaan TaksiKonvensional di Tengah Beroperasinya Taksi Online di Kota Makassar. Program Magister Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan. Tesis: Universitas Hasanuddin.

RTRW Kota Makassar tahun 2015-2034. Pengarang, : Pemerintah Kota Makassar. Penerbit,: Pemerintah Kota Makassar.

St Maryam H. (2020). Analisis Penyebab Penurunan Minat Pengguna Angkutan Umum Mikrolet Di Kota Makassar. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/2CFQM.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilowati, Wicaksono, A., & Suharso, T. W. (2011). Kajian Kinerja Angkutan Umum Dengan Metode Quality Function Deployemnt (QFD) pada Kawasan Industri Marmer di Kabupaten Tulungagung. Jurnal Rekayasa Sipil.

Tamin, O.Z. 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Edisi Kedua. Penerbit Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Trynopoulos, Y., & Antoniou, C. (2008). Public transit user satisfaction: Variability and policy implications. Transport Policy, 260-272.

Downloads

Published

2021-06-20

How to Cite

Jumain, A., Manaf, M., & Bau, Q. D. (2021). Preferensi Pengguna Angkutan Umum Penumpang di Kota Makassar. Urban and Regional Studies Journal, 3(2), 83–94. https://doi.org/10.35965/ursj.v3i2.244

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>