DINAMIKA PROSES PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN PKN
DYNAMICS OF CHARACTER EDUCATION PROCESSES IN PKN LESSONS
Keywords:
Urgensi, Pendidikan Karakter, Mata Pelajaran PKNAbstract
Masa globalisasi saat ini kita sering menemui sejumlah tindakan menjauh dari nilai-nilai luhur implementasi tujuan pendidikan. Misalnya pertengkaran antar siswa, kemabukan bahwa sebagian besar pelaku siswa, penyalahgunaan obat-obatan terlarang, dan lainnya, bahkan lebih buruk, tidak hanya siswa SMP dan SMA yang menjadi biang keladinya, tetapi juga siswa sekolah dasar yang melakukan ini. Itu karena pendidikan masih menjadi rutinitas isian materi kepada siswa atau alih pengetahuan. Karena itu penting untuk menerapkan konsep pendidikan baru, konsep pendidikan swasta yang menekankan keseimbangan siswa dengan kognitif, psikomotor, dan afektif. Konsep ini kemudian banyak disebut sebagai konsep pendidikan karakter. Pendidikan karakter harus diberikan kepada anak pribadi sedini mungkin, terutama ketika anak-anak berada dalam lingkaran keluarga. Peran orang tua sangat besar dalam membentuk moral dan sikap siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penyusunan rancangan pembelajaran guru PKn dalam silabus belum aplikabel. (2) Implementasi pembelajaran nilai-nilai pendidikan karakter belum optimal karena metode yang digunakan kurang sesuai dengan karakteristik siswa, juga masih ada siswa yang tidak mengerjakan tugas, dan pengelolaan kelas kurang berhasil; (3) Dinamika pendidikan karakter terhadap siswa belum efektif.