Implementasi Bauran Pemasaran, Kualitas Pelayanan, Komitmen Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Android di Kota Makassar

Authors

  • Arnas Hasanuddin Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Wira Bhakti
  • Achmad Anzhari Program Studi Ekonomi Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lasharan Jaya
  • Auditya Amelia Irwan Program Studi Ekonomi Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lasharan Jaya
  • Hasanuddin Remmang Program Studi Manajemen Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/eco.v23i2.2746

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi bauran pemasaran dan kualitasĀ  komitmen konsumen terhadap keputusan pembelian handphone android. Metode penelitian ini yaitu deskriftif. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner (primer) dengan wawancara beberapa koresponden. Hasil penelitian ini ditemukan permasalahan sehubungan dengan keputusan konsumen untuk melakukan pembelian handphone. Fluktuasi omzet terhadap beberapa counter handphone di Kota Makassar ditemukan beberapa strategi untuk menarikan konsumen baik sebagai langganan maupun pelanggan baru yakni melakukan bauran pemasaran terhadap unsur kualitas, harga dan pelayanan. Dengan adanya strategi tersebut, maka tingkat capain volume penjualan meningkat walaupun persentase kenaikan mengalami naik turun. Komitmen konsumen untuk memutuskan membeli handphone type android terdapat beberapa perilaku yang ditentukan oleh kriteria sehingga pihak penjual di beberapa lokasi dalam wilayah Kota Makassar mempunyai strategi pemasaran/menjual barang yang berbeda, namun tetap menerapkan baouran pemasaran.

This study aims to analyze the implementation of the marketing mix and the quality of consumer commitment to purchasing decisions for android mobile phones. This research method is descriptive. The research data were obtained from a questionnaire (primary) by interviewing several correspondents. The results of this study found problems related to consumer decisions to purchase mobile phones. Fluctuations in turnover for several cellphone counters in Makassar City found several strategies to attract consumers both as new customers and subscribers, namely conducting a marketing mix on quality, price and service elements. With this strategy, the achievement level of sales volume increases even though the percentage increase has fluctuated. There are several behaviors determined by the criteria for consumer commitment to decide to buy an Android type cellphone so that sellers in several locations within the Makassar City area have different marketing/selling strategies, but still apply the marketing mix.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryati, Fiera. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Studi Pada Ina Cookies Bandung. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, No. 1, Hal : 1-16.

Assauri (2011:98). Unsur-unsur marketing Mix Dan Aplikasinya. Jurnal Ekonomi Business, No 117,

Machfoedz, 2013. Bauran pemasaran pengaruhnya terhadap keputusan pembelian mobil daihatsu pada pt. Astra internasional manado. Jurnal Ekonomi Bisnis. Vol. 1 No. 4. Hal. 1134-1144

Debby Ayu Permata Sari. 2018. Pengaruh bauran pemasaran dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi variabel kepuasan (studi pada pelanggan indihome pt. Telekomunikasi indonesia regional bogor). Tesis Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Malang.

Indrawijaya, Sigit. Pengaruh Kualitas Produk dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Roti Manis pada Industri Kecil di Kabupaten Sarolanguin. Jurnal Mankeu, Vol.1, No.3, Hal: 1-16.

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi 13, Jilid 2. Jakarta: Erlangga. Kurniawan, Danny. 2017. Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Produk

Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sari Roti di Kota Semarang.

Jurnal Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro.

Made Caesar Surya Dwi Putra dan Ni Wayan Ekawat. 2017. Pengaruh inovasi produk, harga, citra merek dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan sepeda motor vespa. Jurnal Manajemen Unud. Vol. 6, No. 3. Hal. 1674-1700

Putu Yudhistira Budhi Setiawan dkk. 2016. Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan dan Loyalitas pelanggan produk. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi. Vol. 6 No. 2. Hal. 155-124

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna. 2016. Penelitian Akuntansi dengan SPSS. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset.Yogyakarta.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta

Downloads

Published

2023-08-30

Most read articles by the same author(s)