Mutu Pelayanan Publik Melalui Peningkatan Sumber Daya Manusia Di Kecamatan Mandai Kabupaten Maros
DOI:
https://doi.org/10.35965/eco.v23i2.2849Keywords:
Peningkatan Kualitas Layanan, Sumber Daya Manusia, MarosAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan publik melalui peningkatan SDM di Kecamatan Mandai Kabupaten Maros dan mengetahui kendala apa saja yang dihadapi masyarakat dalam hal pelayanan di Mandai, Kabupaten Maros. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif untuk menganalisis prioritas penelitian yaitu kualitas layanan dalam peningkatan sumber daya manusia dengan menggambarkan dan melakukan peninjauan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada responden. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik selain itu peningkatan sumber daya manusia belum dilaksanakan secara optimal
The aims of this study were to find out the quality of public services through improving human resources in Mandai District, Maros Regency and to find out what obstacles the community faces in terms of service in Mandai, Maros Regency. The research method used is a qualitative method to analyze research priorities, namely service quality in improving human resources by describing and conducting reviews. This study uses data collection techniques through interviews and observation by asking several questions to respondents. The results of the evaluation show that the quality of public services besides improving human resources has not been implemented optimally
Downloads
References
Alexander Gunawan. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Rineke Cipta. Jakarta
Astomo, P. (2014). Penerapan Prinsip-Prinsip Pemerintahan yang baik dalam penyelenggaraan pemerintahan. Kanun Jurnal Ilmu Hukum, 16(3), 401-420.
Dimas, Prabu, and Daslan Simanjuntak. (2017).Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Pada Kantor Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara. ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) 4.2, 64-76.
Gronsross. 2017. Pelayanan Publik dalam Perpektif Administratif. Gunung Mas:hal 15 Edisi ke-4
Hamsina. 2016. Kinerja Pelayanan PDAM Air Berish Kota Makassar. Disertasi. Malang
Haryanto, dkk. 2017. Akuntabilitas Sektor Publik, Edisi Pertama Semarang:Universitas Dipenegoro.
Islami. 2020. Kualitas Pelayanan Publik dan Manajemen Pelayanan Publik Daerah, Manajemen Otonomi Daerah. Semarang: CLOGAPPS Universitas Diponegoro. Hal: 34.
Mirsel, R. (2017). Pembonceng Gratis Gerakan Reformasi Di Indonesia. Jurnal Ledalero, 13(2), 239-262.
Mulyono, A. (2015). Pengembangan Kapasitas Aparatur Sipil Negara di Daerah. JKMP (Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik), 3(1), 17-34.
Rantika, F. T., Astuti, I. F., Cs, M., Kridalaksana, A. H., & Kom, M. (2015, December). Clustering Data PNS Status Tugas Belajar Dan Ijin Belajar Menggunakan Metode Fuzzy C-Means (Studi Kasus: PNS Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur). In Prosiding Seminar Sains dan Teknologi FMIPA Unmul (Vol. 1, No. 2).
Sobirin. 2019. Administrasi Pembangunan. CV Eksismedia Grafisindo (Eksisgraf): Makassar
Sore, Uddin B. dan Sobirin. 2017. Kebijakan Publik. CV Sah Media: Makassar.
Sulfianna dan Sobirin. Implementasi Good Governance Terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Desa Ko`Mara Kecamatan Polombangkeng Utara, Jurnal Ilmiah Ecosystem Volume 22 Nomor 3, 2022, 599.
Sulistiani, D. (2017). Good Government Governance Menuju Pemerintah yang Bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN). EL MUHASABA: Jurnal Akuntansi (e-Journal), 8(1), 1-15.
Sutarjo, J. (2017). Manajemen Sumber Daya Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Di SMK Negeri 2 Kota Tasikmalaya. Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 5(1), 7-16.
Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 Tentang Otonomi Daerah
Yudiarso, A. W., & Yusuf, M. M. (2021). Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Kerja terhadap Kualitas Pelayanan Perawat pada RSM Ahmad Dahlan Kediri. Jurnal Al-Hikmah, 9(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sulfianna Sulfianna, Sobirin Sobirin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.