Evaluasi Faktor Kinerja Pegawai Terhadap Pelayanan Administrasi Mahasiswa

Authors

  • Sulfianna Sulfianna Program Studi Administrasi Publik, Universitas Sawerigading Makassar
  • Sobirin Sobirin Program Studi Administrasi Publik, Universitas Sawerigading Makassar
  • Abd. Rahman Yus Program Studi Administrasi Publik, Universitas Sawerigading Makassar
  • Serlitha Lagaligo Program Studi Administrasi Publik, Universitas Sawerigading Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35965/eco.v25i2.7047

Keywords:

Kinerja Pegawai, Pelayanan Mahasiswa, Kualitas Pelayanan, Biro Akademik Kampus

Abstract

Studi ini mengeksplorasi faktor yang memengaruhi kinerja pegawai terhadap pelayanan administrasi Mahasiswa pada Biro Akademik dan Keuangan Universitas Sawerigading Makassar. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini menganalisis data yang dikumpulkan dari wawancara dan dokumentasi untuk mengevaluasi faktor-faktor individual, psikologis dan organisasi yang memengaruhi efektivitas pegawai. Dalam temuan menunjukkan bahwa meskipun beberapa aspek kinerja pegawai memadai, permasalahan sistemik seperti motivasi yang terbatas, kesenjangan keterampilan dan sistem penghargaan kurang diterapkan berkontribusi terhadap ketidakpuasan mahasiswa. Studi ini merekomendasikan intervensi yang terarah oleh Pimpinan Universitas untuk mengatasi permasalahan ini dan dapat meningkatkan pemberian layanan.

This study explores the factors influencing employee performance in student administrative services at the Academic and Finance Bureau of Sawerigading University, Makassar. Using a qualitative approach, this study analyzed data collected from interviews and documentation to evaluate individual, psychological, and organizational factors that influence employee effectiveness. The findings indicate that while some aspects of employee performance are adequate, systemic issues such as limited motivation, skills gaps, and poorly implemented reward systems contribute to student dissatisfaction. This study recommends targeted interventions by university leadership to address these issues and improve service delivery.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, A., Hakim, A., & Arifin, Z. (2025). Analisis produktivitas pegawai administrasi akademik Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Universitas Brawijaya Repository. https://repository.ub.ac.id/id/eprint/243481

Anwar, R. A., & Widhi Kurniawan, I. (2023). The influence of HR competencies on employee performance in educational institutions. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 14(2), 112–125. https://doi.org/10.22225/jmsdm.14.2.2023.112-125

Bana, I. W., & Adnyani, N. L. P. S. (2023). Pengaruh kompetensi terhadap kinerja pegawai di lingkungan perguruan tinggi swasta. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 11(1), 45–57.

Chaacha, G. (2024). Core competencies for academic staff in higher education: A framework for quality services. International Journal of Educational Development, 99, 102755.

Daga, R., Hamu, M. A., & Nugrawan, S. (2021). Pengaruh motivasi, disiplin kerja, kepuasan kerja dan kepemimpinan terhadap kinerja pegawai pada masa pandemi COVID-19. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(2), 510–512.

Damayanti, A., Rohman, A., & Prihatin, E. (2023). Pengaruh sistem informasi akademik terhadap efektivitas pelayanan administrasi di perguruan tinggi. Jurnal Manajerial, 22(2), 101–112. https://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial/article/view/25095

Gumilar, T., & Prihatin, E. (2022). Pengaruh kepemimpinan transformasional, pelatihan, dan motivasi terhadap kinerja pegawai dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan administrasi akademik di STIE se-Kota Bandung. Jurnal Administrasi Pendidikan, 29(1), 45–56.

Gunawan, L. S. (2024). Pengaruh motivasi kerja terhadap kepuasan kerja pegawai di Inspektorat Daerah Provinsi Jawa Barat (S1 thesis). Universitas Pendidikan Indonesia.

Han, C., & Mhunpiew, N. (2024). Leadership competency model for university administrative staff: Enhancing individual performance. Higher Education Studies, 14(3), 23–35. https://doi.org/10.5539/hes.v14n3p23

Khristian, R., Munir, A., Daud, A., & Fauzan, R. (2025). The impact of individual competence and training on administrative performance in higher education. Journal of Educational Administration Research, 5(1), 88–102. https://doi.org/10.5897/jear2025.0511

Liaran, J. L., Tuhumena, R., & Liswandi, A. (2024). Knowledge, skills, and experience as determinants of administrative staff performance. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 6(2), 133–145. https://doi.org/10.31004/jamp.2024.621

Mistiani, W. (2019). Pengaruh motivasi dan kepuasan kerja pegawai terhadap kualitas layanan administrasi akademik di FTIK IAIN Palu. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 7(2), 173–189.

Musytari, N., Nurlaila, S., & Hartati, R. (2024). Pengaruh sistem informasi administrasi pendidikan terhadap kepuasan mahasiswa. Musytari Neraca: Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 9(1), 55–64.

Nurdin, B., Hidayat, M., & Astinawati, A. (2022). Pengaruh motivasi kerja dan kompensasi terhadap kinerja melalui kepuasan kerja pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bantaeng. Jurnal Pusaran Manajemen (JPM).

Sari, H. F., Ekawarna, E., & Sulistiyo, U. (2021). Pengaruh stres kerja, motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Sevima. (2025, Januari 15). Peran sistem informasi manajemen perguruan tinggi terhadap efisiensi anggaran. SEVIMA. https://sevima.com/peran-sistem-informasi-manajemen-perguruan-tinggi-terhadap-efisiensi-anggaran/

Tim Pengembang Universitas PGRI Silampari. (2025). Perancangan sistem informasi akademik (SIAKAD) berbasis website untuk meningkatkan efisiensi administrasi kampus. J-Ensitec: Jurnal Teknik Informatika, 10(1), 22–34.

Downloads

Published

2025-08-31