Analisis Tingkat Kerusakan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index

Studi Kasus Jalan Poros Latuppa-Bonglo

Authors

  • Muhammad Fikri Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Andi Djemma Palopo
  • Akbar Ardyansyah Sarira Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Andi Djemma Palopo

DOI:

https://doi.org/10.35965/eco.v23i2.2854

Keywords:

Jalan, Kerusakan, Pavement Condition Index

Abstract

Ruas jalan Latuppa-Bonglo merupakan salah satu jalur utama yang dilalui masyarakat untuk menuju ke Kecamatan Bastem, begitu pun sebaliknya masyarakat masyarakat Bastem yang ingin menuju ke Kota Palopo. Keberadaan ruas jalan ini sangat membantu pergerakan sektoral di wilayah kecamatan Bastem yang terletak di dataran tinggi. Kondisi ruas jalan Latuppa-Bonglo sebagian besar sudah bagus dan layak untuk dilalui, tetapi pada beberapa titik terdapat kerusakan yang disebabkan oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kerusakan dan jenis-jenis kerusakan yang terjadi pada ruas jalan poros Latuppa-Bonglo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data yang diperoleh dari lapangan, kemudian dianalisis dengan metode PCI yang digunakan untuk mengetahui tingkat kerusakan geometric jalan yang terjadi di ruas jalan Latuppa-BongloJenis kerusakan yang terjadi di sepanjang 3.000 meter yaitu amblas, retak pinggir perkerasan, lubang, pelepasan butir dan retak kulit buaya. Berdasarkan hasil perhitungan Pavement Condition Index (PCI), diketahui kondisi perkerasan jalan tiap segmen. Dari hasil perhitungan didapat nilai Pavement Condition Index (PCI untuk ruas jalan poros Latuppa-Bonglo sepanjang 3.000 meter yang menjadi lokasi pada penelitian ini adalah 70,87. Berdasarkan nilai nilai tersebut, maka ruas jalan ini termasuk dalam klasifikasi Sangat Baik (Very Good).

The Latuppa-Bonglo road section is one of the main routes for people to go to Bastem District, and vice versa for the people of Bastem who want to go to Palopo City. The existence of this road section is very helpful for sectoral movements in the Bastem sub-district which is located in the highlands. The condition of the Latuppa-Bonglo road section is mostly good and feasible to pass, but at some points there is damage caused by several factors. This study aims to determine the level of damage and types of damage that occurred on the Latuppa-Bonglo axis road. The type of research used in this research is quantitative research using descriptive methods. The data obtained from the field were then analyzed using the PCI method which was used to determine the level of road geometric damage that occurred on the Latuppa-Bonglo road section. Based on the results of Pavement Condition Index (PCI) calculations, it is known the condition of the road pavement for each segment. From the calculation results, the Pavement Condition Index (PCI) value for the 3,000-meter Latuppa-Bonglo axis road which is the location of this study is 70.87. Based on these values, this road segment is included in the Very Good classification

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusmaniza, R., & Fadilla, F. D. (2019). Analisa Tingkat Kerusakan Jalan Dengan Metode Bina Marga (Studi Kasus Jalan Ujung Beurasok STA 0+^ 000 S/D STA 0+^ 700). VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal, 1(1), 34-42.

Anas, M. A. (2021). Analisis Peningkatan Jalan Pada Ruas Jalan Maliran–Sumber. Journal of Science Nusantara, 1(1), 8-12.

Bakri, M. D. (2019). Evaluasi Kondisi dan Kerusakan Perkerasan Lentur Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI)(Studi Kasus: Jalan Gunung Selatan Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara). Borneo Engineering: Jurnal Teknik Sipil, 3(2), 81-96.

Erliana, H., Yusra, C. L., & Dwinta, A. (2022). Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan dengan Metode Bina Marga dan Pavement Condition Index pada Jalur Evakuasi di Kabupaten Aceh Barat. Bentang: Jurnal Teoritis Dan Terapan Bidang Rekayasa Sipil, 10(2), 187-200.

Kusuma, W. H. (2020). Valuasi Kerusakan Ruas Jalan Dengan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI)(Studi Kasus: Jalan Raya Karangdowo–Juwiring, Klaten, Jawa Tengah) (Doctoral dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta).

Mubarak, H. (2016). Analisa Tingkat Kerusakan Perkerasan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index (Pci) Studi Kasus: Jalan Soekarno Hatta Sta. 11+ 150 sd 12+ 150. Jurnal Saintis, 16(1), 94-109.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Silondae, S. (2016). Keterkaitan jalur transportasi dan interaksi ekonomi kabupaten konawe utara dengan kabupaten/kota sekitarnya (Doctoral dissertation, Haluoleo University).

Wirnanda, I., Anggraini, R., & Isya, M. (2018). Analisis Tingkat Kerusakan Jalan Dan Pengarunya Terhadap Kecepatan Kendaraan (Studi Kasus: Jalan Blang Bintang Lama Dan Jalan Teungku Hasan Dibakoi). Jurnal Teknik Sipil, 1(3), 617-626.

Yamali, F. R., Handayani, E., & Sirait, E. E. (2020). Penilaian Kondisi Jalan dengan Metode Pci (Pavement Condition Index). Jurnal Talenta Sipil, 3(1), 47-50.

Downloads

Published

2023-08-30