KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI DAN POLA KONSUMSI PANGAN RUMAHTANGGA PETANI

(Studi Rumahtangga Petani Pada Tipe Agroekosistem Persawahan)

Authors

  • Ida Rosada Program studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muslim Indonesia
  • Nurliani - Program studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muslim Indonesia
  • Fatma A.Gobel Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia

Keywords:

Karakteristik, pola konsumsi, mutu konsumsi, agroekosistem persawahan

Abstract

Pangan merupakan hal penting yang harus dipenuhi oleh setiap manusia untuk keberlangsungan hidupnya. Tercukupinya asupan gizi yang terkandung dalam pangan dan diserap oleh tubuh dapat menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas. Oleh karena itu, Indonesia berkomitmen untuk mewujudkan ketahanan pangan dan hal tersebut dituangkan dalam Undang-undang No.7 tahun 1996 tentang pangan.
Tujuan penelitian adalah: 1) Mengidetifikasi katakteristik sosial ekonomi rumahtangga petani pada agroekosistem persawahan; 2) Menganalisis pola konsumsi pangan berdasarkan standar mutu konsumsi pangan yang dianjurkan. 
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif , teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi pada rumahtangga petani pada agroekosistem persawahan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian menemukan: 1) responden dominan memiliki tingkat pendidikan rendah (SD-SMP) sebanyak 60 %; pengetahuan tentang gizi dan pangan rendah  (72 %), pengalaman berusahatani kurang dari 17 thn (58 %);  jumlah anggota rumahtangga lebih besar atau sama dengan rumah tangga petani pada agroekosistem persawahan masih belum memenuhi standar mutu konsumsi yang dianjurkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2019-01-08