FAKTOR PENGHAMBAT DAN FAKTOR PENDORONG PEREMPUAN BERPERAN GANDA

(Studi Perempuan Pekerja Informal di Kecamatan Mandalle, Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan)

Authors

  • Ida Rosada Dosen Fakultas Pertanian Program studi Agribisnis Universitas Muslim Indonesia
  • Nurliani - Dosen Fakultas Pertanian Program studi Agribisnis Universitas Muslim Indonesia
  • Farizah D.Amran Dosen Fakultas Pertanian Program studi Agribisnis Universitas Muslim Indonesia

Keywords:

Peran ganda, sektor informal, faktor pendorong dan penghambat

Abstract

Kondisi perekonomian yang terjadi pasca krisis, mengakibatkan kebutuhan rumah tangga yang begitu besar dan mendesak membuat suami dan isteri harus bekerja untuk bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Kenyataan ini terutama sangat dirasakan oleh para perempuan yang berasal dari keluarga miskin dengan tingkat pendidikan yang rendah terpaksa harus memilih bekerja di sektor informal demi menghidupi perekonomian rumah tangga/keluarganya.
Tujuan penelitian adalah 1) Menemukenali faktor pendorong internal dan eksternal perempuan berperan ganda dan 2) menemukenali faktor  penghambat internal dan eksternal perempuan berperan ganda di luar rumahtangga.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi pada rumahtangga petani. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. 
Hasil penelitian menemukan: 1) Faktor penghambat internal perempuan berperan ganda pada sektor informal, yaitu:  Skill/Keterampilan rendah; Keterbatasan modal; dan Pendidikan rendah. Faktor penghambat eksternal yaitu: Ketersediaan Tenaga Kerja; Pesaing usaha; dan kurangnya promosi. 2) Faktor Pendorong Internal Perempuan Berperan Ganda pada Sektor Informal yaitu: Dukungan Keluarga; Kebutuhan keluarga yg semakin banyak; Pendapatan rumahtangga yg rendah; Memanfaatkan waktu luang dan Aktualisasi diri. Faktor pendorong eksternal perempuan berperan ganda pada sektor informal yaitu: Kebijakan pemerintah, Pengembangan produk lokal, dan Akses pasar; Faktor penghambat eksternal yaitu : Ketersediaan Tenaga Kerja, Pesaing usaha dan Kurangnya promosi.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2017-12-15