Implementasi Kurikulum Merdeka Dan Dampaknya Terhadap Minat Belajar Siswa UPT SPF SD Kalukuang IV Kota Makassar
Keywords:
Kurikulum Merdeka, Minat Belajar, Siswa, MakassarAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui dampak kurikulum merdeka terhadap minat belajar siswa di UPT SPF SD Negeri Kalukuang IV Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Siswa kelas IV B di UPT SPF SD Negeri Kalukuang IV menjadi subjek dalam penelitian ini, dengan jumlah partisipan dalam penelitian ini berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kepada subjek penelitian dan melakukan observasi pembelajaran dikelas serta dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum merdeka berdampak positif terhadap minat belajar siswa di UPT SPF SD Negeri Kalukuang IV. Minat belajar siswa dalam penerapan kurikulum merdeka dapat dilihat melalui beberapa indikator kurikulum merdeka dan minat belajar itu sendiri. Hal tersebut dibuktikan dari hasil observasi dan wawancara dengan banyaknya ungkapan yang mendukung terhadap implementasi kurikulum merdeka
References
Almarisi, A. (2023). Kelebihan dan kekurangan kurikulum merdeka pada pembelajaran sejarah dalam perspektif historis. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 7(1), 111-117.
Chaniago, S., Yeni, D. F., & Setiawati, M. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Geografi di MAN I Koto Baru. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 2(3), 184-191.
Hasim, E. (2020). Penerapan kurikulum merdeka belajar perguruan tinggi di masa pandemi covid-19. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.
Jatira, Y., & Neviyarni, S. (2021). Fenomena Stress dan Pembiasaan Belajar Daring Dimasa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 35-43.
Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis kurikulum mandiri dalam mengatasi learning loss pada masa pandemi Covid-19 (analisis studi kasus kebijakan pendidikan). Pendidikan: Jurnal Pendidikan, 4 (4), 5150-5161.
Kebudayaan, R., & Kebudayaan, R. (2021). Buku saku tanya jawab merdeka belajar.
Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Model proses inovasi kurikulum merdeka implikasinya bagi siswa dan guru abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408-423.
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80-86.
Pangkey, R. D., & Merentek, R. M. (2023). Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Terhadap Minat Belajar PPKn Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 968-978.
Reski, N. (2021). Tingkat minat belajar siswa kelas IX SMPN 11 kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2485-2490.
Rohmat, S., & Sodiki, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa di MA. Mambaul Ulum Bata-bata. Journal Creativity, 1(2), 96-102.
Saraswati, D. A., Sandrian, D. N., Nazulfah, I., Abida, N. T., Azmina, N., Indriyani, R., ... & Lestari, I. D. (2022). Analisis kegiatan p5 di sma negeri 4 kota tangerang sebagai penerapan pembelajaran terdiferensiasi pada kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 185-191.
Solikhah, N., & Wahyuni, A. (2023). Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4625-4640.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Cahyani Ayu Lestari, Sundari Hamid, Nurwidyayanti Nurwidyayanti
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.