Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di SD Inpres Paropo Kota Makassar
Keywords:
Peduli Lingkungan, Pendidikan Karakter, MakassarAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di Sekolah Dasar Inpres Paropo Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, satu guru kelas rendah dan satu guru kelas tinggi, dua siswa kelas rendah dan dua siswa kelas tinggi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implemnetasi pendidikan karakter peduli lingkungan di Sekolah Dasar Inpres Paropo diterapkan melalui pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari seperti, kegiatan rutin, spontan, keteladanan, pengkondisian, budaya sekolah dan diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran. Namun, masih terdapat faktor penghambat, yakni karakter peserta didik yang beragam dan lokasi sekolah yang belum memiliki pembatas dengan rumah masyarakat setempat. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa penerapan pendidikan karakter peduli lingkungan di Sekolah Dasar Inpres Paropo sudah diupayakan namun belum maksimal karena masih terdapat sejumlah faktor penghambat dalam pelaksanaannya.
References
Hadian, V. A., Maulida, D. A., & Faiz, A. (2022). Peran Lingkungan Keluarga dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Education and development, 10(1), 240-246.
Haul, S., Narut, Y. F., & Nardi, M. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(1), 47-58.
Harianti, N. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Negeri Nomor 99/I benteng Rendah Kecamatan Mersam Kabupaten Batanghari. Jurnal Pendidikan Universitas Jambi.
Karso, K. (2019). Keteladanan Guru dalam Proses Pendidikan di Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Kusnoto, Y. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Satua Pendidikan. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), 247-256.
Latifah, S. (2018). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal ilmiah pendidikan fisika AL-Biruni, 3(2), 24-40.
Muharam, A., Mustikaati, W., Rosafina, M., Septiani, N., & rofatannuroh, R. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Kelas V di SDN Sindangkassih 01. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 4.6 (2022): 10417-10426.
Permana, B. I., & Ulfatin, N. (2018). Budaya sekolah berwawasan lingkungan pada sekolah adiwiyata mandiri. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(1), 11-21.
Retnaningtyas, W & Zulkarnaen. (2023). Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak Usia Dini di Lingkungan Sekolah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 374-383.
Ronaldo, M. D. (2019). Rutinitas Perawatan Alat Bongkar Muat di MT. Raka Surya II Guna Memperlancar Kegatan Bongkar Muat. Karya Tulis.
Saputri, R. A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Siswa SD Bakalan Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Basic Education, 8(15), 1-424.
Wiyani, N. A. (2020). Manajemen Program Pembiasaan Untuk Membentuk Karakter Mandiri Pada Anak di Paud Banyu Belik Purwokerto. Jurnal Thufula, 8(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Milkana Takko, Mas’ud Muhammadiah, Nurwidyayanti Nurwidyayanti
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.