Strategi Guru Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar Inpres Paccerakkang Kota Makassar
Keywords:
Strategi Guru, Karakter, DisiplinAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam menanamkan karakter disiplin pada siswa SD Inpres Paccerakkang Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Guru wali kelas Vc, kepala sekolah dan siswa kelas Vc dengan jumlah partisipan dalam penelitian ini adalah 7 orang di SD Inpres Paccerakkang yang menjadi subjek dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah menggunakan wawancara pada subjek penelitian dan melakukan observasi pembelajaran di kelas yang diampunya serta dengan melakukan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wali kelas guru Vc ini telah menggunakan beberapa strategi dalam menanamkan karakter disiplin kepada peserta didik. Strategi tersebut seperti menerapkan didiplin positif, membuat kesepakatan kelas dan restitusi, melakukan pembiasan kepada peserta didik, mempusatkan perhatian peserta didik ketika ingin memulai pembelajaran, melakukan pendekatan diri pada peserta didik, memberikan motivasi dan contoh langsung atau keteladanan kepada peserta didik.
References
A. S. Saputra (2023). Mengembangkan Pengendalian Diri dengan Disiplin Kompensasi Positif. Didaktik: Jurnal Ilmiah Subang, STKIP PGSD, 9(2), 5666–5682.
Ain, S.Q., dan Shinta, M. 2021. Sekolah dasar menggunakan strategi sekolah untuk membentuk karakter siswanya. Jurnal Basicedu. 5(5), 4045–4052.
Burhan, B., Irwandi, I., Rizal, A.R., & Nurwidyayanti, N. (2023). Pendidikan kewarganegaraan digunakan untuk membantu siswa mengembangkan prinsip-prinsip moral. 6(1), 9–16 dalam Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (JOEAI).
Elva, SW (2022). Di SMP Negeri 02 Capkala, mata pelajaran matematika kelas VIII menggunakan icebreaker untuk meningkatkan perhatian siswa terhadap proses pembelajaran. Disertasi PhD, Universitas Pgri Pontianak.
F.Annisa. 2019. Mengajarkan Prinsip Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Perspektif tentang pendidikan dan guru. 10(1), 69-74.
Fathoni, A., dan Putra, AF (2022). Penerapan karakter kedisiplinan pada siswa sekolah dasar dengan cara pembiasaan. Jurnal Basicedu, 6(4), 6307–6312.
H. Gunawan (2022). Konsep dan penerapan pendidikan karakter. CV dicetak edisi kelima. Alfabet. Bandung
Pada tahun 2019, Jayanti, A. dan Widyaninggar, A. A. Penelitian ini mengkaji pengaruh kemandirian belajar dan motivasi terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan dengan Matematika, 5(1).
Rozi, F., Yusrohlana, S., dan Munif, M. 2021. Teknik Instruktur dalam Mengembangkan Nilai Kejujuran dalam Pengembangan Karakter Siswa. 5(2), 163-179, Fondatia.
Tahun 2019, Nurmalasari, N. Metode Pengorganisasian Kelas. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 2 (1).
Amelia, N., dan Dafit, F. Strategi Guru Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Pada Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ilmiah, 7(1).
Uge, S., Hikmawati, H., dan Arisanti, W. O. L. 2022. Upaya Guru Sekolah Dasar Menanamkan Karakter Disiplin Pada Siswanya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah, ELSE (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 461-463.
WR Utami (2023). Pendekatan Guru Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Siswa SD Negeri #4 Bengkulu Tengah. Kesimpulan. disertasi doktor, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurhikma Nurhikma, Burhan Burhan, Nurwidyayanti Nurwidyayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.